it’s about all word’s

Hashim Djojohadikusumo: Silence war

Posted on: February 1, 2008

Perjuangan senyap filantropi budaya

Lama tak terdengar usai krisis moneter menerpa industri dalam negeri, sosok pengusaha Hashim Djojohadikusumo yang sejak 1999 menetap di London sontak mencuat dalam kasus raibnya artefak budaya Museum Radya Pustaka, Solo.

Putra kedua dari begawan ekonomi Indonesia, Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Sigar itu dituding di balik hilangnya benda bersejarah itu. Tak banyak orang tahu sudah 13 tahun terakhir ini dia mendedikasikan hidupnya untuk melestarikan budaya dan sejarah Indonesia.

“Patung pertama yang saya beli itu tahun 1996 di Balai Lelang Christie, London. Itu dari Singosari abad X harganya sekitar US$6.000. Bagus sekali tapi sempat berhenti karena harus memenuhi kewajiban sebagai debitur BPPN,” papar pria kelahiran Jakarta, 5 Juni 1954 itu.

Selain berburu artefak secara pribadi, Hashim dan istrinya, Anie mulai menyerahkan pengelolaan Yayasan Keluarga Hashim Djojohadikusumo kepada pihak yang lebih berpengalaman.

Melalui yayasan yang bergerak diam-diam itu, Hashim merambah bidang pendidikan, peningkatan kesejahteraan guru, peningkatan kesehatan dan gizi anak serta kegiatan membantu upaya pelestarian budaya.

Khusus untuk bidang pendidikan tinggi ada lima bidang yang diberi perhatian khusus a.l. bidang sejarah, sastra Jawa, sastra Indonesia, antropologi dan paleoantropologi.

Untuk Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM selain memberi beasiswa S2 dan S3 dilakukan penelitian kebudayaan Jawa, ekskavasi arkeologi, peningkatan sarana prasarana di empat jurusan.

Sementara untuk laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi FK UGM dilakukan renovasi gedung dan pemeliharaan, sistem pelestarian fosil, penelitian dan ekskavasi termasuk perpusatakaan dan sarana penunjang.

Lalu untuk Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI, Hashim membangun Taman Simulasi Arkeologi dan digitalisasi naskah kuno untuk mendukung pemberian beasiswa S2 dan S3 dan beberapa penelitian jangka panjang.

Selain itu, yayasan ini ikut aktif membantu upaya penyelamatan orangutan, gajah Sumatra dan beruang madu di Kalimantan. Sembari mendukung yayasannya bergerak, perburuan artefak kembali berlanjut sejak 2004-2005.

Maklum keluarga besar Soemitro Djojohadikusumo sedang menyiapkan sebuah museum, bekerja sama dengan UI. Di museum itu nantinya akan ditempatkan koleksi benda-benda kuno dan bernilai seni tinggi milik keluarga besar Djojohadikusumo.

Prasasti Minto

Salah satu puncak gerakan filantropi itu adalah penyelenggaraan seminar internasional paleoantropologi se-Asia Tenggara, Juli 2007. Topik bahasannya cukup gawat perihal temuan fosil manusia kate Flores yang diklaim temuan ilmuwan Australia.

Sayang isu fosil yang membuat teori evolusi yang selama ini diyakini geger, jauh kalah seksi dibandingkan klaim Malaysia atas batik, reog hingga lagu ‘Rasa Sayange’ yang ditanggapi gegap gempita rakyat kecil hingga politisi.

Begitu pula proses pemugaran Makam Raja-raja Kasultanan Yogyakarta di Pajimatan Imogiri, Bantul yang selesai akhir tahun lalu. Proses restorasi yang tak mudah karena harus menjaga keaslian tiga kedaton komplek pemakaman yang berisi Besiaran, Pakubuan dan Saptorenggo yang makam Sri Sultan HB IX.

Sayang, justru kasus Museum Radya Pustaka yang mencuat. Padahal saat itu Hashim sedang bersiap memberikan bantuan pengadaan AC, komputer, dan scanner di ruang perpustakaan museum.

“Saya tak tahu [dalam kasus Radya Pustaka] saya beli secara resmi dari informasi Hugo Kreijger yang saya kenal sejak di Balai Lelang Christie. Dia mengatakan sayang kalau benda-benda itu jatuh ke tangan orang asing,” ujar ayah dari Aryo Setiaki, Rahayu Saraswati dan Sitie Indrawati itu.

Dari Hugo dia beli artefak yang kemudian bermasalah ketika Hashim berada di New York. Belakangan muncul nama Heru Suryanto yang mengaku membeli arca-arca itu dari Kepala Museum Radya Pustaka, KRH Darmo Dipuro alias Mbah Hadi lalu menjualnya kepada Hugo Kreijger.

“Sebelumnya Heru pernah menghubungi saya untuk menjual gamelan [Kyai Sido Mukti] juga dari keraton Solo. Saat itu saya minta tolong kepada Prof. Timbul Haryono dari UGM untuk melakukan verifikasi benda dari jaman Pakubuwono X itu tapi batal saya beli,” papar dia.

Toh kasus Radya Pustaka tak membuat Dirjen Sejarah dan Purbakala untuk memfasilitasi pengembalian Prasasti Minto atau Prasasti Sangguran. Benda ini diambil Stamford Raffles pada 1814 dan dibawa ke India sebagai upeti untuk Lord Minto.

Oleh Lord Minto prasasti dibawa ke Skotlandia. Saat ini Hashim bersama Dubes Indonesia di London sedang dalam tahap negoisasi dengan ahli waris Lord Minto, Viscount Timothy Melgund di Hawick, kabupaten Roxburghshire.

Dalam kasus Prasasti Minto kedua belah pihak masih saling menunggu. Maklum tak ada harga pasti dari benda bersejarah yang jarang diperdagangkan secara resmi di balai lelang.

“Masih banyak artefak bersejarah Indonesia yang ada di luar negeri. Kalau milik pribadi proses negosiasi bisa dilakukan dengan lebih cepat, tapi kalau artefak itu dimiliki negara bisa lama, butuh negosiasi antar negara!” papar Hashim.

55 Responses to "Hashim Djojohadikusumo: Silence war"

informatif dan inspiratif Goth, jadi tau lebih banyak soal sosok satu itu..silence bener deh kiprahnya..dahsyat !

salam kenal dan salam sejahtera pak hasyim…sebelumnya saya minta maaf..apa boleh saya menawrkan 6 arca peninggalan dari kerajaan mataram kuno,arca tersebut terbuat dari perunggu..dan kalau berminat dan mau tau profil tentang arca tersebut tolong bales ke email saya..sesudah dan sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih…salam kebnal dari eko..

wah saya ga minat mas dengan arca mas…kalo beras rojolele ada ga?

Saat ini saya ikut berpartisipasi untuk menyebarluaskan program beasiswa dari YKHD thn. ajaran 2008 untuk jenjang S1 khususnya di kecamatan Nglipar Wonosari Gunung Kidul, baik melalui lembaga pemerintahan maupun melalui masyarakat setempat. Saya sangat tertarik dengan program tsb. dan kalau anda tidak keberatan saya memberanikan diri untuk melamar di yayasan ini untuk melaksanakan program2 beasiswa yang ada guna peningkatan pendidikan masyarakat khususnya untuk orang2 yang tidak mampu secara finansial.
Saat ini saya masih bekerja di sebuah International NGO (Caritas Switzerland) sebagai Project Officer dan punya kemampuan yang cukup baik dibidang Communiy Development. Adapun kegiatan lainnya dimana saya ikut ambil bagian adalah dibidang rekonstruksi, water project serta livelihood. Terima kasih.

saya seorang guru di SD Kristen Banyumas yang sedang melaksanakan kuliah di PGSD UT.saya sudah menyelesaikan S1 Biologi Unsoed tahun 2006,tp karena jurusan saya tidak sesuai dengan pekerjaan yang saya geluti,saya harus kuliah lagi. selama saya kuliah S1 Biologi Unsoed,saya selalu mendapatkan beasiswa.dan saat ini saya membutuhkan beasiswa untuk melanjutkan di S1 PGSD UT. kira2,bisakah saya mengajukan permohonan bantuan beasiswa? bagaimana kira2 prosedurnya? karena saya sangat mengharapkan bantuan beasiswa,mohon ditanggapi.trimakasih.

yth pak heryoga…

pesan Anda akan saya teruskan pada pak hasyim

salam

Yth. Bpk Algooth Putranto……..
tolong sampaikan kpd Pak Hashim, saya mempunyai ” CERTIFICATE GOLD ” Thn.1934 JP MORGAN BOSTON ILIONIS dan JP MORGAN WASHINGTON DC dgn nominal @ US $100000. warna BOX kuning emas. saya sudah menghubungi pihak JP MORGAN JAKARTA di plaza CHASE, utk menanyakan dokumen ini. saya disuruh mendatangi pihak kedutaan Amerika dan JP MORGAN sangat kaget,kenapa dokumen ini bisa berada di publik. Sy tdk punya Email,tp bila Bpk berminat bs hub hp sy di no. 085719930405.

Kpd Bpk Algooth, saya tunggu respon dr Bpk Hashim utk yg ke-2. silahkan kirim e-mail atau hub. sy di no.hp. 0857.1993.0405.

salam. apakah boleh tahu e-mail atau alamat yayasan keluarga pak Hasyim?

Salam Pak Algoth. Dapatkah saya mengetahui lebih jauh prosedur untuk bekerjasama dengan yayasan pak Hasyim? atau mengetahui alamat yayasan, website atau e-mail yayasan tersebut. mengingat kami juga sedang mengembangkan sebuah program yang mengarah pada program pemberdayaan holistik untuk warga yang ber-ekonomi lemah. terima kasih untuk perhatiannya.

Saya sangat tertarik dg langkah2 pak hasyim dalam melestarikan budaya peninggalan leluhur. Saya saat ini diminta bantuan oleh beberapa rekan yg berkeinginan melestarikan candi gunung sari di muntilan, jawa tengah tepat di atas makam gunung sari (makam leluhur Bp. Hasyim Djojohadikusumo) untuk mencoba mengontak yayasan Bp. hasyim (yg juga sbg keturunan dr. muntilan yaitu eyang Wirowidjojo garis dari ibu Margono Djojohadikusumo) untuk turut serta memuliakan candi tersebut, krn berdasar prasasti yg ditemukan di candi gunung sari tsb. tertulis th 732M dan bbrp filosofi ttg kenegaraan yg sgt berguna sbg tuntunan pemimpin skrg. Apabila yayasan Bpk hasyim bekenan bisa mengontak kami di revidee19@yahoo.com. Saat ini kami juga baru merintis berdirinya Lembaga Studi Candi Gunung Sari atau Gunung Sari Heritage Foundation sbg wadah informasi dan pelestarian candi gunung sari dan sekitarnya.

Demikian. terima kasih
revianto

Yth. Mas Algooth Putranto,
Berdasarkan pengalaman yang saya peroleh selama mensosialisasikan program bea siswa YKHD di kecamatan Nglipar, mereka sangat resistant terhadap masalah keagamaan (meskipun sudah dijelaskan secara gamblang bahwa bea siswa ini tidak ada kaitannya dengan masalah agama) disamping keterbatasan pola pikir dari orang tua murid masing2, dimana mereka punya jalan pikiran bila anaknya lebih baik secepatnya bekerja meskipun hanya sebagai pelayan toko ataupun sejenisnya. Ironisnya jika ditanya kenapa tidak melanjutkan sekolah jawaban yang diberikan adalah masalah keterbatasan biaya.

Ada cerita menarik dimana si anak sangat ingin melanjutkan kuliah karena memang selalu mendapatkan peringkat yang bagus disekolahnya. Dengan berlinang airmata dia memohon kepada orang tuanya untuk mengikuti bea siswa yang saya tawarkan (YKHD) akan tetapi si orang tua sepertinya tidak bergeming. Ketika saya mendatanginya sang bapak menjawab pikir2 dulu.

Berpijak dari pengalaman tersebut, diperlukan langkah2 strategis namun persuasif terutama terhadap generasi tuanya agar pengentasan pendidikan kearah yang lebih baik dapat tercapai dan kemungkinan2 eksploitasi anak oleh orang tua dapat dikurangi. Salam dari Jogja.

Yth. Mas Algooth Putranto,

Gunung Kidul sangat rawan dengan krisis pendidikan terutama untuk melanjutkan kearah jenjang yang lebih tinggi dalam hal ini SMA dan Perguruan tinggi. Peranan orang tua sangat dominan didalam menentukan nasib anak2 mereka dikarenakan sikap mental serta pola pemikiran praktis jangka pendek disamping adanya keterbatasan2 lain yang cukup kompleks.

Hal inilah yang menjadikan Gunung Kidul sebagai salah satu pusat pengekspor tenaga kerja terbesar saat ini dengan tidak mengindahkan kaidah2 ketenagakerjaan seperti misalnya usia, skill serta bekal mental yang cukup untuk menghadapi dunia luar.

Faktor2 tersebut menempatkan mereka pada posisi yang sangat lemah karena tidak adanya bargaining power ketika berhadapan dengan para pengusaha, juragan serta para majikan yang notabene saat ini masih banyak yang belum memperhatikan hak2 mereka sebagai manusia dan karyawan pada umumnya.

Untuk itu diperlukan perubahan yang cukup fundamental terutama untuk golongan tua agar mereka mempunyai wawasan yang lebih baik akan nasib anak2 mereka dimasa yang akan datang. Memang tidak semudah seperti membalik telapak tangan untuk bisa melakukan perubahan didalam mind set yang sudah terbentuk selama puluhan bahkan mungkin ratusan tahun, tapi kapan lagi kalau tidak dimulai dari sekarang.

Dan yang sangat saya sayangkan sampai dengan saat ini saya belum melihat satu lembagapun yang secara konsisten melakukan usaha2 kearah sana karena keterbatasan dana dan waktu atau dengan kata lain masih berupa proyek. Ironisnya, dana pendidikan murah sebesar 500 juta terpaksa dikembalikan ke kas daerah karena tidak terserap (Kedaulatan Rakyat, Selasa 10 Juni 2008).

Hal lain yang sangat berhubungan erat dengan pola pikir serta cara hidup sebagian besar penduduk adalah masalah air, dimana air hanya tersedia selama musim hujan. Saran saya jika YKHD berniat untuk mengentaskan pendidikan di daerah ini, mulailah dengan mengatasi problem air terlebih dahulu baik dengan cara memanfaatkan sumber2 yang ada atau jika memungkinkan dengan cara eksplorasi. Dengan adanya air yang cukup sepanjang tahun maka kehidupan serta pola hidup akan berubah yang dengan sendirinya akan merubah pola pikir yang ada saat ini menjadi lebih maju dan bisa menerima perubahan2 serta arti pentingnya pendidikan. Salam dari Jogja.

Yth. Algooth Putranto,
Bisakah saya minta tolong menyampaikan sebuah ide untuk ikut melestarikan budaya Nusantara?

Terimakasih sebelumnya

Please does anyone have the phone numer or email adress for Yayasan Keluarga Hashim Djojohadikusumo. If so please reply with details to nh167167@yahoo.co.uk. It is an urgent matter with regards to the “minto stone”.

Please leave your contact details and we will try our best to reward you as quickly as we can.

saya penulis buku, mantan wartawan, sedang studi S2 di Komunikasi UGM, saya tertarik menulis bukui best practice bagaimana Bpk Hasyim menyelamatkan benda-benda purbakala. saya kira kisah-kisah dalam menyelamtkan benda-benda ini akan sangat menarik untuk dikethui orang, sekaligus sebuah pengungkapan kisah yang menarik…..

Kepada bapak Hasyim yg baik,

Kami dari Asosiasi Museum Indonesia Pengurus Daerah Sumatera Utara. Saat ini kami tengah mengembagkan riset tentang arkeologi di Sumatera Utara. Khususnya di daerah Kota Cina, Kota Rentang dan Benteng Putri Hijau. Daerah ini banyak sekali aktivitas arkeologi yang bisa dilakukan karena belum banyak dilakukan eskavasi disana. Bisa dibilang daerah ini membuat tertarik Arkeolog Inggris yang kini mengajar di NUS (National University of Singapura) dan Jhon Micsik dari Boston University.

Baru-baru ini ditemukan kota kuno di Kota Rentang dan Balai Arkeologi Nasional melalui ibu Prof. Naniek Wisbisono langsung datang mengadakan penggalian untuk menelitian di wilayah tersebut. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut Kota Rentang menjanjikan data yang banyak untuk mengungkap aktivitas kehidupan di sana. Hipotesis yang bisa disimpulkan sementara Kota tersebut merupakan pelabuhan internasional di wilayah sumatera timur. Karena banyak ditemukan keramik-keramik dan benda-benda lainnya berasal dari Cina, India, Srilangka dan Thailand. Bahkan kapal berukuran 10-13 meter sekalipun ditemukan, karena masyarakat menceritakan banyak ditemukan kapal yang tertanam dalam tanah di daerah tersebut.

untuk itu kami berharap dari Asosiasi Museum Indonesia Pengurus Daerah Sumatera Utara bisa lebih lanjut mengadakan riset di wilayah strategis ini. Kami berharap bisa mendapatkan sponsor untuk melakukan penelitian. Dan kalau diizinkan kami akan membuat proposal risetnya dengan lebih detail lagi. Informasi lebih lanjut bisa diketahui melalui http://www.amisumut.wordpress.com

Salam
Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Pengurus Daerah Sumatera Utara

Ass.Wr.Wb.
Salam kenal Pak Hasyim Djojohadikusumo, saya salut dengan kiprah bapak yang banyak bertindak tapi tanpa gembar-gembor.
Kalau bapak berminat saya ada beberapa guci antik mulai jaman dinasti ming termasuk ada peninggalan laksamana cheng ho sampai jaman VOC, kalau bapak berminat tolong saya dikirimi email address bapak untuk saya kirimi foto-fotonya, terima kasih.
Wass.Wr.Wb.

Agoes Pantja W.

Kepada Yth. Bapak Hasyim Djojohadikusumo,
Salam sejahtera,
Perkenalkan saya seorang guru bahasa Jawa di SMA N I Sewon,Bantul. Besar harapan saya untuk berkenalan dengan Bapak.
Semoga Bapak ‘kersa’ mengirim email address Bapak.
Matur sembah nuwun.

Yth. Bapak Hashim Widjojohadikusumo

Izin memperkenalkan diri, saya seorang siswi SMA Taruna Nusantara. Saya menaruh minat yang cukup besar pada bidang arkeologi. Saya sangat mengagumi sepak terjang Bapak dalam melestarikan budaya Indonesia.

Izin bertanya,Pak, saya ingin mengetahui apakah yayasan yang Bapak kelola menyediakan beasiswa S1 yang terbuka untuk umum. Apabila ada, bagaimanakah cara saya untuk mengajukannya, mengingat saya sekarang sedang berada di tahun terakhir saya di sma dan sedang mencari sekolah lanjutan yang sesuai dengan cita-cita dan kondisi saya sekarang.

Terima kasih atas perhatian Bapak.Saya menaruh harapan yang sangat besar agar kesempatan tersebut diberikan.

Yth. Bapak Hashim Djojohadikusumo

Izin memperkenalkan diri, saya seorang siswi SMA Taruna Nusantara. Saya menaruh minat yang cukup besar pada bidang arkeologi. Saya sangat mengagumi sepak terjang Bapak dalam melestarikan budaya Indonesia.

Izin bertanya,Pak, saya ingin mengetahui apakah yayasan yang Bapak kelola menyediakan beasiswa S1 yang terbuka untuk umum. Apabila ada, bagaimanakah cara saya untuk mengajukannya, mengingat saya sekarang sedang berada di tahun terakhir saya di sma dan sedang mencari sekolah lanjutan yang sesuai dengan cita-cita dan kondisi saya sekarang.

Terima kasih atas perhatian Bapak.Saya menaruh harapan yang sangat besar agar kesempatan tersebut diberikan.

Silence is d heart of thruthfulness…any rumours just let it be since u know where u stand for..keep goin in silence..even better than much talk..less action…bravo pak.

Saya pengagum keluarga Djoyohadikusumo. Saya kagum pada Prabowo, Hashim, bahkan kepada ayah dan kakek beliau… padahal saya belum pernah bertemu dengan mereka.

Djoyohadikusumo adalah keluarga patriotik dan idealis. Saya percaya bangsa ini akan jaya jika ada lebih banyak keluarga seperti keluarga Djoyohadikusumo.

Untuk Hasyim dan Prabowo … teruskan tradisi BERJUANG seperti yang telah dicontohkan leluhur kalian !

– dari seorang guru yang tetap mengagumi -

mas saya bisa dikasih info blognya pak hasyim?

hi mas algooth,
aku lagi googling mengenai profil bapak yang satu itu, maka nyangkutlah aku di blog ini. Secara keseluruhan, gambaran mengenai beliau ini cukup informatif. Kalau boleh tau, ini melalui wawancara eksklusif ya ? just curious sih, ga di jawab pun ga apa2.. Hehe..

Oia, sblmnya aku jg penasaran sih, komen2 diatas kok makin kebawah isinya seolah2 ini blog nya pak hashim ya ? hihihi.. aku geli aja sih.. mungkin mas algooth bisa meluruskan hal ini ?

salam,
Lia

wawancara dengan beliau memang cuma sendirian

kalo komen wah itu urusan yg mo komentar…saya cuma approve aja asal isinya ga ngawur2x dan berbau SARA

salam

saya punya keris kuno, gagang kerisnya gareng, semar.
kalau bpk minat email ke saya aja.
thanks

Yth. Bapak Hashim Djojohadikusumo

Izin memperkenalkan diri,
saya seorang guru sma negeri . Saya menaruh minat yang cukup besar pada bidang sejarah walaupun saya guru matematika.
Saya sangat mengagumi sepak terjang Bapak dalam melestarikan budaya Indonesia.

Izin bertanya,Pak, saya ingin mengetahui apakah yayasan yang Bapak kelola menyediakan beasiswa S2 yang terbuka untuk umum. Apabila ada, bagaimanakah cara saya untuk mengajukannya,
saya ingin mencari beasiswa untuk program s2 pendidikan sejarah di UNS Surakarta
Terima kasih atas perhatian Bapak.Saya menaruh harapan yang sangat besar agar kesempatan tersebut diberi

Yth. Sdr. Algooth, apakah bisa minta tlg informasi beasiswa/sponsor dr YKHD untuk mahasiswa sekolah theologi?
Trimaksh sblmnya..

Saya mau bertanya’ apakah beasiswa YKHD untuk Pend. sejarah?

Mengagumkan dan masih jarang orang-orang seperti Pak Hasyim, walau sempat menjadi kontroversi..!

Yth. Pak Hasyim Djojohadikusumo

Perkenalkan saya Seorang yang telah cukup lama berkiprah di dunia pendidikan, apabila Bapak memiliki Komitment untuk meningkatkan Kualitas SDM Indonesia melalui pendidikan, saya siap untuk mendedikasikannya dengan Yayasan yang bapak kelola.

salut pak….

saya salut dengan pak hasyim sejak lama

semoga perjuangan bapak terus lestari……

CINTA INDONESIA

Yth.Bp Hasyim Djojohadikusumo dan sdr.Algooth.
Kami mahasiswa dari ekonomi UGM akan mengadakan sebuah acara baru , yang themanya mengangkat kebudayaan bangsa dan negara . Diantaranya musik gamelan , kesenian tradisional , dan bazar makanan daerah yang melibatkan siswa-siswa SMA se Yogyakarta dan mahasiswa. Tujuan acara ini adalah untuk mengenalkan kebudayaan bangsa yang mulai luntur di kalangan remaja usia kami. Untuk itu kami perlu bantuan baik moral dan material . Dengan tdk mengurangi rasa hormat , Dimanakah alamat kantor Bp.Hasyim jika kami ingin mengirimkan proposal kami?

terimakasih-

Yth.Bp Hasyim Djojohadikusumo dan sdr.Algooth.
Kami mahasiswa dari ekonomi UGM akan mengadakan sebuah acara baru , yang themanya mengangkat kebudayaan bangsa dan negara . Diantaranya musik gamelan , kesenian tradisional , dan bazar makanan daerah yang melibatkan siswa-siswa SMA se Yogyakarta dan mahasiswa. Tujuan acara ini adalah untuk mengenalkan kebudayaan bangsa yang mulai luntur di kalangan remaja usia kami. Untuk itu kami perlu bantuan baik moral dan material . Dengan tdk mengurangi rasa hormat , Dimanakah alamat kantor Bp.Hasyim jika kami ingin mengirimkan proposall kami?

terimakasih-

syalom Bp. Hasyim Djojohadikusumo dan Sdr.Algooth.
mohon diinformasikan ke saya tentang prosedur pengajuan beasiswa,karena saya membutuhkan bantuan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di S1 PGSD UT. besar harapan saya yayasan YKHD bisa membantu saya dalam menyelesaikan studi di PGSD UT. saat ini saya mengajar di SD Kristen Banyumas,dan telah menyelesaikan S1 Biologi Unsoed,namun karena ijasah saya tidak sesuai dg bidang yg saya ambil sekarang (guru SD),maka saya harus mengambil kuliah di PGSD UT. seperti halnya ketika saya menyelesaikan S1 Biologi Unsoed,saya mendapat beasiswa penuh sampai dengan lulus kuliah,saya ingin saat ini mengajukan beasiswa/ bantuan biaya pendidikan ke yayasan YKHD.mohon informasinya.timakasih.GBU.

Pak Hasim saya pribadi sangat bangga punya tokoh anak bangsa yang rela tanpa pamrih demi kemakmuran rakyat indonesia, Figur yang bersahaja ,penampilan tenang tetapi ada kekuatan aura yang sangat besar, pandangan yang sejuk damai. Seandainya di Indonesia ada seperti Pak HASIM 10 orang saja pasti damai , makmur dan sejahtera. saya pernah bertemu Bapak di Hotel Sultan waktu deklarasi PEMBELA IBU PERTIWI, Alhamdulilah saya dipercaya sebagai SEKJENYA, Semoga Keluarga Bapak selalu bahagia, tentam, panjang umur dan bisa memimpin NEGERI INI rakyat sangat menharapkan perubahan, Kami Anggota PEMBELA IBU PERTIWI SELURUH INDONESIA di belakang Bapak Hasim Sekeluarga

Salam sejahtera Pak Hashim,
Kami punya barang peninggalan/warisan berupa gading gajah dengan ukuran panjang 80 cm, lingkaran pangkal 25 cm, barang tersebut kami hendak jual ke museum Bapak agar dapat dilestarikan, ada beberapa pembeli yang sudah berminat namun keluarga tidak rela karena akan dipotong2 buat asesoris dan ukiran Bali. Kami betul2 secara serius menawarkan ini Pak dan
kami mohon tanggapan Bapak karena dana ini akan kami gunakan untuk biaya pendidikan anak2 kami di Jawa.
Sekian dan terima kasih sebelumnya,
Salam sukses selalu!!! Hub kami di email : servasw@yahoo.com

Assalamu’alaikum pak hasyim/ algooth…
saya mau memaharkan benda pusaka peninggalan ahli waris keturunan kerabat keraton surakarta, tetapi tidak berujud arca, melainkan berwujud senjata gada yang terbuat dari kayu setigi….jika mungkin bapak berminat bisa kirim jawaban ke zakya_ulirrohman@yahoo.com atau kunjungi http://denmaswiryo.multiply.com untuk melihat gambarnya…….
matur nuwun…..

saya wirausahawan muda,ingin berkarya & melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.saya berbakat terhadap sejarah &arkeologi,untuk itu saya memilki beberapa barang antik berupa keris kayu yang unik bisa berdiri di air.semoga bisa menambah perbendaharaan koleksi bapak.perhatian bapak anugrah buat saya, jawaban bapak bisa dikirim ke : bdoit99@gmail.com atau saya bisa menghubungi bapak ke alamat ,no telepon?

salam sejahtera YKHD,Nuwun sewu Pak Hasyim mbok bilih bapak yth.berkenan,saya mohon dikirim email bapak matur nuwum pak

yth.Bapak Hashim Djoyohadikusumo Pimpinan Besar YKHD,saya seorang Guru SD dalam melaksanakan pembelajaran kurang menarik bagi anak anak dikarenakan sarpras Pribadi sangat minim,oleh karenanya kalau bapak berkenan mohon dana bantuan LCD Proyeksi,atas berkenannya bapak kami haturkan terima kasih,jawaban bapak bisa dikirim ke Sakimin48@yahoo.com atau saya bisa menghubungi bapak ke alamat tel Bapak

yth.Bapak Hashim Djoyohadikusumo Pimpinan Besar YKHD
Saya mempunyai arca perunggu dari abad 8 yang ditemukan penggali pasir di kali kuning prambanan dan tinggalan koleksi simbah, klo berminat saya ingin menawarkan pada B. Hashim, ini bukan curian tapi temuan, gambar foto arca bisa di liat di Pungki.tokobagus.com
Terima kasih atas perhatiannya

pungki

yth.Bapak Hashim Djoyohadikusumo Pimpinan Besar YKHD
Saya juga ada keris buatan pajajaran pamor Udan mas yang akan dijual untuk modal kerja kami membangun budidaya gurameh di desa tempat kami tinggal,klo berminat kirim email di Pungki_moge@yahoo.co.id
terimakasih

yth.Bapak Hashim Djoyohadikusumo Pimpinan Besar YKHD
Maaf pada kesempatan ini saya juga mo menawarkan properti bekas galeri karena saudara kami bangkrut maka dijual bisa diliat di Pungki.tokobagus.com (ada lesung terbuat dari kayu jati dan nangka panjang 3,5 m -6 meter ada sekitar 14 lesung kayu
makasih

yth.Bapak Hashim Djoyohadikusumo Pimpinan Besar YKHD
Maaf pada kesempatan ini saya juga mo menawarkan Lukisan Raden Saleh asli gambar Pakubuwono 7, terimakasih
pungki
081229128081 jogya

Salut dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh keluarga Bp. Hashim dalam menyelamatkan budaya bangsa melalui ranah pendidikan, semoga upaya-upaya semakin berkembang dan jiwa filantropis ini dapat juga menulari para kongklomerat di negeri ini.
Salam.

algooth putranto yth.

I need urgently to get in touch with Pak Hasyim.
Important points are :
I am assigned by the Registered Asset Owner with the International Court, already checke and verified by Obama as told me by the special man of his. We will do the Humanity development program for the Indonesian and the people of the world.
I am at present time preparing a Yayasan (Kraton) and will put a deposit with the Citibank – Semarang. As approved by the White House, the account will be able to accomodate ‘non limit’ fund as our KYC, besides as Yayasan (Kraton) also as the Registered Asset Owner.
I am already urged by the White House to liquidate funds as Indonesia is being under dissaster. Much more point to explain, however I will attache completely when I get your email address.
We need full cooperation and support of Pak Hasyim. What I need is not merely fund but people who have heart for human fellowship. We will change the world with the UN, World Bank, Bill Clinton, the White House etc.

Thanks Mas Putranto, Tuhan memberkati.

Joshua

yth.Bapak Hashim Djoyohadikusumo Pimpinan Besar YKHD
Maaf pada kesempatan ini saya menawarkan Lukisan Raden Saleh asli gambar Pakubuwono III terimakasih
pungki
081229128081 jogya

foto lukisan bisa di lihat di LINK ini , lokasi di Jogya milik kerabat keraton.:http://www.facebook.com/album.php?aid=2086487&id=1011056141&l=525baef040

Syalom Pak Hashim,
Nama saya Edi Hulu asal Nias beromisili di Riau, saya memiliki sepasang keris ukuran isi 35 cm, gagangnya ukiran kepala naga dihinggapi burung rajawali, cincin gagangnya kuning bertahtakan 9 buah batu kecil-kecil berkilau dengan warna merah, putih hijau, sarung kerias berukiran naga (utuh) menempel disarungnya, bahkan timbul lepas (berlobang2) dari sarung keris, kerisnya lekuk 13 buah, selain itu ada piring cap ikan ber corak timbul bertuliskan VOC di dasar piring bagian lekang, diameter sekitar 40 cm, dan beberapa piring lain, seperti cap naga.
Terlepas dari mistik, magic, dan atau khasiat barang2 di atas, yang jelas bila Bapak berminat untuk koleksi, mohon hubungi kami di 081378917000, atau email kami : eliadilhulu@ymail.com, karena kami sangat membutuhkan dana kalau dimaharkan untuk keperluan hidup, terima kasih. Tuhan Yesus senantiasa menyertai dan memelihara kehidupan Bapak sekeluarga

Selamat Siang Bapak Hashim,
Saya Ari dari Kota Salatiga Jawa Tengah
Saya bergerak di bidang Konstruksi dan Property
Saya bermaksud untuk mengembangkan usaha saya ini Bapak.
Mohon maaf sebelumnya, apakah ada peluang untuk saya untuk dibantu mengembangkan usaha saya ini?Sebelum nya saya ucapkan terimakasih atas kesempatannya.
Alamat email saya : diandragroup@yahoo.com
Salam Hormat,
Ari

kami dari perkumpulan pekarya layang layang indonesia ( perkalin )
yang berpusat di jogjakarta sangat mengapreisasi dan mendukung penuh utk melestarikan seni budaya indonesia
perkalin mengarah ke pelestarian seni budaya layang layang yang mencakup aspek seni budaya , education ,ekonomi kreatif dan olah raga
harapan dari kami bisa menjalin kerjasama mellestarikan &mencetak generasi pelaku seni budaya indonesia
terima kasih bapak hashim
semoga selalu di beri kesehatan

Assalamu alaikum.
Yth. Bapak Hasyim Djojohadikusumo,
Dengan ini diberitahukan kepada Bapak bahwa di daerah saya (pasaman Barat, Sumatera Barat) ada sebuah Tanduk Kerbau peninggalan dari kerajaan SITUAK , Tanduk ini berumur sekitar 160 tahun, Panjang keseluruhan 189 Cm. jarak antara dua ujung tanduk 130 cm.
pada waktu hidupnya, kerbau ini menyendiri dan tidak nau bergabung dengan rombongan kerbau yang banyak, ada sarang Penyengat dibawah telinga nya.

Oleh pemiliknya, tanduk ini mau dijual bila harga layak,
Bila Bapak berminat, Hub.HP.082171453450.

Leave a Reply

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 43 other followers

