it’s about all word’s

Panduan strategi bisnis

Posted on: February 20, 2008

Judul: Blue Ocean Strategy; How To Create Uncontested Market Space and Make The Competition Irrelevant
Penulis: W. Chan Kim dan Renee Mauborgne
Penerbit: Harvard Business School Press, Oktober 2005
Tebal: 240 Halaman

Seperti sebuah pertempuran, keberhasilan bisnis sangat ditentukan oleh strategi. Buku ini menjelaskan bagaimana mengenali kemampuan diri sendiri dan seteru bisnis untuk mempersiapkan strategi jitu tersebut.

Selama ini kegiatan bisnis cenderung diposisikan sebagai ajang pertempuran yang keras dan berdarah-darah, sehingga kehilangan sisi manusiawinya dan terkesan kejam.

Bukan dengan banting harga, memperburuk citra pesaing atau menekan gaji buruh dan pegawai yang disebut dengan red ocean. Sebab sejatinya dengan menjalankan blue ocean bisnis bisa dijalankan dengan sangat elegan, halus sekaligus cerdas namun taktis tanpa harus ada kesan memangsa sesama.

Blue ocean strategy juga dikenal sebagai strategi yang biasanya diterapkan dalam sebuah arena bisnis, di mana kondisi pasar atau lautnya masih berwarna biru, terbuka, karena belum banyak pemain yang menggarap.

Bisa dikatakan bahwa blue ocean strategy adalah strategi yang radikal, gila, dan cenderung menentang arus bisnis yang ada.

Untuk menjalankan itu diperlukan dua hal yang harus dikuasai, yaitu dasar pengetahuan yang mumpuni dari bangku pendidikan atau pengalaman yang didapat setelah bertahun-tahun berkecimpung dengan bisnis.

Buku ini berusaha memenuhi kebutuhan para pebisnis yang haus ilmu pengetahuan dalam 240 halamannya, sekaligus mencerahkan karena membawa pebisnis pada strategi modern.

Tidak seperti strategi konvensional yang menyarankan berbagai taktik untuk memenangkan persaingan dengan pesaing. Buku ini justru langsung mengajak pembacanya untuk mengikuti Cirque du Soleil’s.

Salah satu raksasa pertunjukan sirkus Eropa ini memilih untuk tidak berkompetisi dengan pesaingnya yang lain seperti Ringling Bros dan Barnum & Bailey. Cirque justru memilih jalan agar pesaingnya menghentikan gempuran mereka.

Bisnis pertunjukan sirkus menghadapi persaingan yang bukan main beratnya dengan sarana hiburan lainnya seperti bioskop, VCD, DVD hingga playstation.

Untuk itu Cirque tak hanya memperbaiki pertunjukan yang ditampilkan, efisiensi tapi yang paling adalah membuka pasar baru. Kedua penulis kemudian melangkah ke contoh-contoh lain seperti produk pasta gigi, sabun cuci hingga pelembab kulit.

Sistematis

Namun, buku ini tidak dibawakan dengan gaya know how ala pedagang jalanan Robert T. Kiyosaki yang mudah dicerna oleh pembaca awam sekalipun.

Pasalnya kedua penulis ini betul-betul berasal dari institusi pendidikan bisnis dan manajemen yang sudah terpola untuk menyampaikan segala sesuatunya dengan sistematis, mengikuti kaidah ilmu dan metodologi di bangku kuliah.

Hasilnya gaya bahasa yang serba resmi dan kaku berikut komparasi data disajikan berjejalan dengan sistematis dari depan hingga belakang buku ini. Maklum saja, sebagian besar isi buku ini berasal dari artikel-artikel yang pernah dimuat di jurnal Harvard Business School.

Tetapi jika Anda tetap kesulitan untuk menangkap esensi dari isi buku ini mungkin ada baiknya meluangkan waktu terlebih dahulu mengintip beberapa pebisnis yang sudah menjalankan strategi ini.

Sebut saja BreadTalk berani menabrak tradisi dapur tertutup, Putera Sampoerna dengan A Mild sebagai rokok rendah tar dan nikotin, Bob Sadino dengan Kemchicks Supermarket, Kemfood dan Kemfarm. Anda juga bisa melihat strategi antimarketing ala kaus Dagadu dari Yogyakarta yang tak mau ekspansi ke luar dari Kota Gudeg dan Joger dari Bali.

*Bisnis Indonesia Edisi: 20/11/2005

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 43 other followers

%d bloggers like this: