it’s about all word’s

Noorca Marendra Massardi

Posted on: February 22, 2008

Suka baca buku jelang tidur

Wajar jika orang kembar memiliki minat dan profesi yang sama, salah satunya adalah Noorca Marendra Massardi. Saudara kembar Yudhistira A.N.M.M. Massardi, redaktur senior di majalah Gatra, ini juga berkubang di dunia tulis-menulis.

Pada pertengahan 1970, Noorca keluar dari pekerjaannya sebagai penjaga toko kain di Tanah Abang. Dia lalu menggelandang di sekitar jalan KH Wahid Hasyim hingga terdampar ke Gelanggang Remaja Bulungan.

Dari komunitas seniman Bulungan itu, karya-karya Noorca mengalir, seperti Bhagawad Gita (1972), Kertanegara (1973), Perjalanan Kehilangan (1974), Kuda-kuda (1975), dan Terbit Bulan Tenggelam Bulan (1976).

Kemudian disusul novel dan skenario film Sekuntum Duri, dan roman Mereka Berdua yang diterbitkan Gramedia pada 1979 dan 1981. Setahun kemudian (1982), Drama Growong diperbanyaknya sendiri. Di tahun itu juga, Cypress menerbitkan naskah sandiwara anak-anak karya Noorca, Tinton dan Mencari Taman.

Pada 1975, atas permintaan Roesni Zulharmans, istri Ketua PWI Pusat, Noorca mengajar drama di SMA Negeri VII Jakarta. Di sana dia berkenalan dan berpacaran dengan Siti Ingrayani Anwar yang akrab disapa Rayni.

Namun keduanya berpisah karena Rayni dikirim orangtuanya belajar ke Paris pada 1976. Tetapi tahun itu juga Noorca menyusul ke Paris. Setahun kemudian, dia menikahi Rayni. Di sana, Noorca sempat belajar di Ecole Superieur Du Journalisme dan menjadi koresponden majalah Tempo.

Sesudah kembali di Indonesia pada 1982, dia masuk ke Harian Kompas lalu memimpin majalah Jakarta Jakarta, hingga majalah itu ditutup. Selepas dari situ dia tetap aktif di dunia jurnalistik dan membantu Metro TV.

Kakek satu cucu penggemar kempo, berenang, menggenjot sepeda dan bowling ini mengaku ngeri kalau jalan-jalan lalu masuk ke toko buku dan beli buku.

“Bukan apa-apa tapi karena harga satu buku bagus bisa mencapai lebih dari Rp200.000. Hitung saja jika saya beli tiga buku, sudah berapa?,” ujarnya sambil geleng kepala.

Padahal hampir setiap minggu dia selalu pergi jalan-jalan ke mal yang harus ada toko bukunya. Dia mengaku anggaran belanja bukunya dalam sebulan kadang bisa mencapai lebih dari Rp500.000.

“Biasanya saya lihat-lihat dulu, yah lihat buku-buku inceran. Baru setelah ada uang, nanti saya kembali untuk beli,” paparnya.

Setiap kali belanja buku, minimal dua buku dia beli. Buku-buku yang diminati Noorca beragam, seperti buku agama, kebudayaan, fiksi seperti Da Vinci Code, Angel and Devil, Supernova hingga manga (komik Jepang).

Buku Prancis

Menurut dia, pilihan buku-buku di Indonesia sudah beragam bahkan banyak pula buku-buku berbahasa Inggris tetapi untuk bahasa Prancis masih agak sulit ditemukan.

“Ada yang terjemahan, tetapi seperti kehilangan sentuhan khas Prancisnya,” aku penggemar karya-karya Pramoedya Ananta Toer, Dee dan Budi Dharma itu.

Gila baca Noorca itu didukung sang istri yang juga berprofesi sebagai penulis di berbagai terbitan dan karya cerpen hingga buku, antara lain Majalah Prodo, Kompas, Suara Pembaruan, Horison, dan lain-lain.

Tak pelak keduanya pun memiliki kebiasaan baca-baca buku, majalah atau koran menjelang tidur. “Nah, karena anak-anak kami [Cassandra dan Nakita Massardi) melihat kebiasaan itu, mereka lalu mengikuti,” ujarnya.

Sang putri pertama, Cassandra Massardi malah mengikuti jejak kedua orang tuanya berprofesi di dunia tulis-menulis sebagai sutradara, penulis sekenario film dan sinetron.

Alhasil cucu pertama mereka, Muhammad Hafiizh (Bondi) pun juga mengikuti kebiasaan kedua kakek dan orang tuanya. ” Akibatnya cucu saya tiap kali ke toko buku pasti selalu beli buku dan mahal-mahal,” papar Noorca, tertawa.

Bisnis Indonesia Edisi: 05/06/2005

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 45 other followers

%d bloggers like this: