it’s about all word’s

Selamat datang proyek APEC 2013

Posted on: November 23, 2011

ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur sukses digelar di Nusa Dua, Bali pekan lalu. Semua tamu negara senang dan pulang dengan senyuman sembari melambaikan tangan siap bersua pada ajang KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) dua tahun mendatang.

Sesuai jatah, Indonesia jadi tuan rumah setelah Rusia. Bagi pemerintah terutama bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, APEC adalah pertunjukan akbar sebelum meletakkan jabatan yang telah diemban selama 10 tahun.

Demi acara super penting sebelum Pemilu 2014, Indonesia memilih untuk meminta Brunei Darussalam bertukar Keketuaan ASEAN. Dari yang seharusnya 2013, dijabat tahun ini. Sebaliknya Brunei dari yang seharusnya 2011 menjabat Keketuaan pada 2013 setelah Kamboja.

Untuk suksesnya pertunjukan tersebut, Presiden pada 10 Desember 2010 meneken Kepres No 29/2010 tentang Pembentukan Panitia Nasional Penyelenggara KTT APEC dan Penetapan Bali sebagai tempat penyelenggaraan tempat APEC 2013.

Kepres tersebut memutuskan Ketua Panitia Penyelenggara Konferensi adalah Menlu, sementara Ketua Panitia Persiapan Sarana dan Prasarana adalah Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

Sebagai Menbudpar, Jero Wacik kemudian merilis SK Mennbudpar No. KM.6/UM.001/MKP/2011 tertanggal 11 Januari 2011 tentang pembangunan Bali International Park (BIP) sebagai lokasi pelaksanaan APEC Summit 2013.

Berdasarkan masterplan, BIP dibangun oleh PT Jimbaran Hijau tanpa uang APBN di atas tanah seluas 250 hektare di Jimbaran, Kabupaten Badung. Letaknya diantara Four Season Hotel dan Ayana Hotel.

Di lokasi tersebut akan dibangun sebanyak 23 gedung yang difungsikan bagi rumah kepala negara yang dilengkapi kamar anti peluru, convention hall/gedung pertemuan berkapasitas 10.000 orang serta 200 kondotel. Bujet BIP mencapai Rp2,5 triliun.Lalu apa menariknya proyek BIP?

Belakangan, pembangunan BIP yang dijadwalkan dimulai pada Juli 2011 dan selesai April 2013 justru dibelit masalah. Mulai persoalan status tanah, perpajakan hingga ijin pembangunan yang tak kunjung keluar dari Bupati Badung.

PT Jimbaran Hijau dimiliki raja properti Frans Bambang Siswanto yang moncer sejak masa Orde Baru. Dia dekat dengan Tommy Suharto ataupun Sjamsul Nursalim. Dia sempat terlibat konsorsium PT Bali Turtle Island Development di Serangan yang penuh tragedi karena melibatkan tentara melalui Pusat Koperasi Angkatan Darat Kodam Udayana.

Kemlu sebagai ternyata tak abai dengan persoalan BIP, dari bisik-bisik yang didengar Bisnis selama KTT ASEAN, pejabat teras Pejambon mulai berpikir agar KTT APEC 2013 tidak dilaksanakan di BIP melainkan kembali menggunakan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang telah digunakan untuk KTT ASEAN ke-19.

“Betul, soal APEC memang telah dibahas. Kemenlu tidak memakai BIP, beresiko karena pembangunannya masih terganjal izin,” kata sang sumber.

Mendengar hal ini, Frans Bambang Siswanto mengaku pasrah jika KTT APEC batal digelar di BIP. “Saat ini semua [persoalan] sudah selesai, termasuk perijinan dan masalah pajak. Namun kami akan mengikuti semua keputusan dari pemerintah.”

Toh, meski demikian Koordinator pengembangan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia Koridor V, Jero Wacik masih optimistis KTT APEC masih akan diselenggarakan di BIP. “Selama masih belum diganti, kita mengacu pada surat yang terbit sebelumnya.”

Mengacu pada SK Kepmenbudpar No. KM.6/UM.001/MKP/2011 disusul Persetujuan Pengalihan Hak Atas Tanah PT Citra Tama Selaras kepada PT Jimbaran Hijau yang diterbitkan Gubernur Bali, BIP lah tempat ajang KTT APEC 2013 digelar.

Jero yang kini menangani ESDM tak asal bicara, saat ini dia masih tercatat sebagai Koordinator MP3EI Koridor V untuk kawasan Bali dan Nusa Tenggara yang bertanggung jawab atas pengembangan seluruh infrastruktur dan investasi di wilayah dengan potensi wisata terbesar di Indoneisa ini.

Sayangnya, Kemenbudpar oleh keputusan Presiden telah terburai. Unsur kebudayaan masuk ke dalam Departemen Pendidikan, sementara unsur pariwisata dengan tambahan industri kreatif yang kini dipimpin Mari Elka Pangestu.

Pada sisi lain, penyelenggaraan APEC 2013 ternyata memang jadi incaran banyak pihak. Demi menyambut APEC, sejumlah pihak menggenjot proyek properti mereka selesai sesuai jadwal.

Kelompok Kompas Gramedia melaui PT Dyandra Media International, sebagai pemilik BNDCC, diketahui tengah mempercepat pembangunan Hotel Santika di wilayah Nusa Dua, dan tidak menutup kemungkinan akan dibangun Hotel Amaris bagi pasar yang lebih rendah.

Sementara itu yang bikin geger tentu saja, mega proyek Hotel Mulia di Pantai Geger. Bukan karena investasi pembangunan bagi 635 kamar hotel dan 108 vila yang hanya Rp1,3 triliun tetapi karena ditenggarai melibatkan patgulipat.

Tak hanya melanggar Perda nomor 16/2009 yang mengatur jarak sempadan pantai, ijin proyek Mulia diduga bermasalah. Ketua Komisi I DPRD Bali Made Arjaya menyatakan buron kasus BLBI, Djoko Soegiarto Tjandra dipercaya ada di balik proyek ini.

Ditunjukkanya dokumen pemindahtangan IMB dari Djoko Soegiarto Tjandra kepada Viady Sutojo yang ditandatangani Kepala Dinas Cipta Karya Putu Dessy Dharmayanty pada 29 Maret 2011. “Meski dipndahtangankan tertera perusahaan pengembang masih berbendera PT Mulia Graha Tata Lestari.”

Belakangan, seperti kasus hukum yang sudah umum, dugaan keterlibatan Djoko Tjandra, buron kasus cessie Bank Bali hilang tanpa kabar seiring komitmen Mabes Polri untuk menelusuri kasus tersebut. Sampai jumpa APEC 2013!

*Bersama Ashari Purwo rock & roll menggarap laporan ini

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

November 2011
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: