it’s about all word’s

Rusia (8): Kazan, kota santri di tepi Volga

Posted on: August 7, 2012

Jujur harus saya akui, saya terkekeh ketika tahu akan berkunjung ke Kazan. Saya cukup udik dengan kota yang memiliki tim mengejutkan Kazan Rubin yang pernah menahan raksasa Barcelona, tempat aneka helikopter hebat Rusia diproduksi, dan asal petenis Marat Safin tersebut.

Ternyata, saya harus kembali mengulum senyum mendengar ibu kota Republik Tatarstan ini berpredikat kota santri Rusia, menepuk dada sebagai Singapura-nya Rusia, dan memiliki slogan “Bez buldirabiz” atau “Yes, we can! yang mungkin dicontek Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Dengar punya dengar, presiden Tatarstan—kalau di Indonesia setara Gubernur–Mintimer Shaimiev sudah menggaungkan slogan “Bez buldirabiz ” sejak dia mendapat amanat sebagai pemimpin negara di tepi sungai Volga tersebut pada 2003.

Mimpi Tatarstan memang besar. Menjadi pusat industri teknologi, perekonomian dan budaya di Rusia dengan kondisi aman tentram di dalam masyarakat yang beragam. Jangan iri, jika kemudian justru Singapura yang mereka jadikan panutan.

Saya menyusuri kota dengan mayoritas Muslim ini setelah menempuh dua jam perjalanan terbang dari Moskow. Uniknya, pemandu kami, Marat Sharafiev justru seorang Muslim yang menolak disebut Muslim.

“Saya menjalankan seluruh ajaran Islam dengan baik. Berdoa, bersedekah. Tapi rasanya belum pantas menyebut diri seorang Muslim yang baik. Sepertinya masih ada hal yang membuat saya percaya diri sebagai Muslim. Sebut saja saya penganut kepercayaan,” ujar mantan tentara di masa Uni Soviet yang tengah menunggu kelahiran anak keduanya itu.

Suasana kota santri memang kental di Kazan. Banyak masjid ataupun lelaki berkopiah dan wanita berjilbab. Sapaan “Assalamualaikum” biasa terdengar. Menurut Enjay Diana, staf KBRI Rusia, kini tidak kurang 1.200 masjid telah kembali berdiri di penjuru Tatarstan tak heran mereka disebut sebagai pusat peradaban Islam pada wilayah Euroasia.

Kampus Islam, mirip UIN mulai maju. Sejumlah mahasiswa juga memilih berburu ilmu Islam ke Indonesia khususnya Malang. Tak heran petinggi organisasi Islam dari Indonesia pun marak bertandang. Mulai dari NU hingga rombongan HMI atau PMII.

Sayang, sore itu saya tak mendengar azan. Mungkin karena terlalu sore kami datang di kota yang tengah diserbu peserta balap perahu kecepatan tinggi kelas dunia dan mempersiapkan pertemuan pemuda-pemudi Muslim se-dunia.

Agama mayoritas di tempat ini adalah Islam dan Ortodoks, dengan suku mayoritas Tatar dan Rusia. Nama Kazan merujuk legenda Chuvash adalah pada pangeran Bulgaria Khusan untuk untuk nama Islam Hassan.

Lanskap Kazan cukup unik dan menarik. Meskipun tidak bergunung, namun memiliki sejumlah perbukitan dengan pemandangan danau dan kota di bawahnya. Seperti halnya Moskow, pusat pemerintahan Tatarstan terletak di Kreml atau Kremlin.

Kreml ini terletak di sebuah kompleks yang dulunya merupakan pusat pemerintahan kerajaan, dengan bentuknya yang khas dikelilingi benteng di puncak daratan di tepian sungai Volga.

Dalam kompleks ini terdapat kantor Presiden, gereja Ortodoks kuno serta salah satu masjid terbesar di Eropa yaitu Kul Syarif. Untuk berwisata ke Kreml setiap orang diwajibkan membayar 40 rubel sekitar Rp15.000, kemudian masuk ke masjid juga harus membayar 20 rubel, kecuali untuk sembahyang.

Beruntunglah berkunjung ke masjid karena boleh memotret di dalam, sementara di gereja. Kegiatan memotret diharamkan padahal arsitektur di dalam gereja kuno sunggu mengagumkan. Dihiasi lukisan orang-orang suci dengan aksara Slavia kuno.

Masjid Kul Syarif dengan Masjid Biru di Istanbul, Turki sungguh megah. Meskipun menonjol, masjid tidak mengalahkan bangunan berarsitektur kuno di sekitarnya. Dari masjid ini stadion Kazan tempat Rubin Kazan bertarung di kompetisi Eropa terlihat jelas.

Bagi Anda yang bertandang membawa pasangan. Jangan lupa membawa gembok. Mirip Jembatan Cinta di Sungai Moskow, terdapat pagar di Kremlin Kazan yang menjadi tempat Anda menautkan cinta Anda di sebuah gembok.

Untuk berkeliling kota Kazan, cukup mudah. Ada metro (subway), tremway (kereta listrik di atas tanah) atau Trolley bus (bus listrik) begitu juga taksi atau perahu. Namun bagi Anda yang gagap berbahasa dan baca aksara Rusia lebih baik menyewa kendaraan dan pemandu saja.

Sementara untuk jalan-jalan menikmati hawa segar, bisa bertandang ke kawasan Arbat yang dihiasi banyak kafe, toko souvenir, patung dan gereja tua. Pada ujung kawasan pedestrian ini terdapat jam besar dengan aksara Arab.

Berbelanja di Kazan jauh lebih nyaman bagi kantong Anda dibandingkan Moskow atau Petersburg. Harga-harga lebih murah. Itupun masih bisa Anda tawar. Satu senjata yang ampuh jika menghadapi pedagang laki-laki adalah rokok kretek Indonesia!

Anda para lelaki silahkan memuaskan diri memandangi kecantikan perempuan-perempuan Tatarstan. Kulit mereka secantik Asia dengan postur semolek Eropa. Rata-rata mereka murah senyum jika Anda bersikap ramah dan berkulit sawo matang.

Apalagi, dengar punya dengar dan sesuai statistik yang ada, seperti halnya wilayah lain di Rusia, kuantitas kaum pria di tempat ini kalah jauh dibandingkan perempuannya. Sst jangan berpikir nakal ya!

Sebagai kota Muslim, urusan perut di kota ini cukup aman dari sodoran menu-menu haram. Tak usah terlampau khawatir seperti halnya di Moskow atau Petersburg. Makanan halal banyak tersedia. Dengan citarasa beragam.

Namun , mencari bir ataupun minuman beralkohol pun tak kalah mudah. Semua berjalan bersama saling menghormati. Satu yang membuat repot, pelayan di Kazan umumnya gagap berbahasa Inggris. Senyum, bahasa tubuh dan sepatah dua patah Rusia modal utama Anda memilih menu.

Berkunjung ke Kazan yang santai dan sedikit ndeso dibandingkan Moskow atau Peterburg membuat saya tak sadar teringat tembang “Kota Santri” milik Nasida Ria. “Suasana di kota santri asyik sekali, Suasana di kota santri asyik sekali!” gumam saya. Kazan memang asyik.

*Timoho, 11 Juli 2012

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

August 2012
M T W T F S S
« Jun   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 44 other followers

%d bloggers like this: