it’s about all word’s

Lengking maut jari Tom Morello

Posted on: May 3, 2007

The Evil Sound of Tom Morello

Sedih banget waktu denger Rage Against The Machine (RATM) ditinggal pergi oleh vokalis Zack de la Rocha yang cabut gara-gara udah ngerasa RATM nggak bisa lagi jadi tempat berpolitik si Zack. Katanya sih si Chris Cornell (Soundgarden) mo ngeganti in doi, tapi bisa nggak ya, karakter suaranya kan beda jauh.

Tom Morello, Brad Wilk (drums), Tim Bob Commerford (bass), dan Zack de la Rocha (vokal) di tahun 1992 bikin album pertama mereka yang langsung bikin jagad permusikan gempar karena musik mereka yang baru (sebenarnya sih nggak baru2x amat), cuma lebih ekspresif dan eksplosif.

Teriakan patah-patah khas rap-nya si Zack, sound gitar-nya si Tom yang heavy metal ala Led Zepplin dan Black Sabath, bass Hip hop nya si Tim dan gebukan drum si Brad Wilk emang bikin semua orang langsung nengok saat mereka mainin musik mereka.

Cuma gue nggak mo ngebahas RATM (kurang referensi), tapi Tom Morrelo (meski jujur aja favorit gue si Tim Commerford)

Pecinta gitaris Adrian Belew (eks gitaris Frank Zappa, King Crimson dan Talking Heads) ini yang juga lulusan Harvard University (gila..!) untuk ngebikin sound kaya turntable selalu setia make setelan live tiap kali proses rekaman makanya soundnya garang dan kering banget, boleh dikata nggak ada beda setelan live dan setelan di studio? supaya jiwa agresif panggung masuk ke lagu kita?, katanya.

Doi make JCM 800 Marshall 2205 50 watt dengan switching channel circa 1987, Cry Baby wah-wah, Digitech Whammy pedal, DOD delay pedal, EQ pedal yang diset datar/flat , Ibanez flanger dan ampli Peavey 4×12 cabinet. Konon dia sejak di Libertyville, Illinois, semua apartemen make ampli Peavey. Doi juga cuma make signal boost buat maen solo atau beat-beat rock.

Doi juga cukup setia untuk ngandalin satu atau dua gitar aja. Contoh aja buat album Evil Empire doi gitar warna birunya (dikasih nama kesayangan? Arm the Homeless?) yang khusus dibikin oleh Performance Guitars buat Tom.

Gitar ini Strat shape dan make EMG pickup. Doi nyetem senar-nya jadi? Dropped D? (senar nada rendah E di tune satu tingkat ke nada D, makanya kalo nyari ni lagu naikin dulu tuh senar paling paling bontot?!). Selain itu doi juga make gitar kecil bikinan Creamy (Canada).
Selain itu doi juga make ampli tabung 20 watt solid-state (Led Zepplin biasa make ini), makanya soundnya liar gitu (coba dengerin di lagu Tire Me.

Trus gimana dengan si tua Telecaster-nya Tom..?
Ni gitar dulu-nya punya temen kamar kuliahnya yang punya grup band Liquid Jesus (kali maksudnya Jesus Ngiler ya..?). Nah temen doi ini ngiler liat Marshall si Tom trus ngajak tukeran,? loe kasih Marshall loe, ntar gue kasih Telecaster gue..!?, dan jadi lah..si telecaster pindah tangan.

Lah trus Ibanez model Talman doi..?
Kata doi ni gitar asyik punya, pake kunci tremolo, punya? Hipshot? tipe switch on, buat nurunin setelan sound senar E rendah dengan cepet dipake single coil? lipstick? tipe pickups di dalem.

Tehnik favorit doi yang kaya sound turn table itu gini rahasia nya: doi pake jari tangan kiri buat nyentil tombol/toggle switch belakang dan tombol ke empat diantara dua pickups, jari satu di switch buat mati in, dan jari kedua buat nyetel switch full.

Buat ngedukung teknik ini doi make toggle switch yang doi sebut? kill switch?, sehingga doi bisa matiin atu ngidupin sound gitar secara total (pusing kan).

Doi nemu tehnik ini waktu di college dan make gitar Ibanez Destroyer. Kalo pas jaman itu orang lagi ngikutin gaya-nya Eddie Van Halen yang cuma make 1 knop setelan sound di bodi, si Tom malah maen pake banyak tombol.

Gitar doi ini punya knop setelan buat seluruh senar dan toggle switch dan doi mengkombinasikan dengan wah-wah pedal. Saking aneh-nya sound yang keluar anak-anak asrama itu pada nanya? loe punya synthesizer ya..? Sejak itu doi mendalami sound gitar temuan-nya sampe jadi ciri khas doi.

Kalo elo dengerin di lagu? Bullet in the Head? setelah bagian verse, ada bagian yang disebut doi sound? Farfisa Organ?, doi make kombinasi simple dengan pedal Whammy dan toggle switch.

Doi ngaku kalo pedal Whammy bisa berfungsi sebagai harmonizer dan bisa nyip tain sound unik saat doi main ke dua oktav lebih tinggi. Selain itu doi juga mainin nada kaya harmonic di fret ke 7 dari senar G buat nyiptain nada D tinggi. dengan posisi toggle switchnya mati.

Untuk lagu-lagu yang lain doi emang make tehnik-tehnik yang orang lain nggak kepikiran make misalnya pake tangan kanan buat mukul senar secara cepat sampe ngeluarin suara bip-bip-bip di lagu Bulls On Parade selain itu kadang doi juga make pedal Tone Bender untuk distorsi efek.

Sedangkan sound yang untuk doi paling susah dilakuin di lagu Know Your Enemy. Konon waktu di studio doi nyobain buat maen di chord ke lima belas, dan nggak pake harmonizer. Tapi, malah jadi ruwet karena mainnya harus cepet banget,? tangan kiri gue ampe kepleset-pleset..!? kata doi.

Makanya doi ngegabungin dua cord dalam waktu bersamaan dengan make toggle secara bersamaan. Tapi tetep aja susah, akhirnya doi cuma make satu tombol buat satu senar aja.

Pesen doi buat gitaris baru yang hobi pamer gonta-ganti merk gitar cukup nyentil juga:? kenali kemampuan gitar kamu sampe batas tertinggi-nya dan manfaatkan kemampuan gitar kamu untuk mendukung skill kamu..!?

*Ditulis September 2002 Muresk Intitute of Agriculture-Curtin University of Technology untuk Indocampus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

May 2007
M T W T F S S
    Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: