it’s about all word’s

XCN: Best of the Indonesian cyber athlete team

Posted on: September 26, 2007

Bos para jawara gamers

Bagi dunia online game di Tanah Air. Nama tim Executioner (XCN) adalah momok yang ditakuti. Sepak terjangnya bikin merinding tim-tim yang akan berhadapan dengan mereka. Seringkali nama tim ini sengaja diumpetin para panitia turnamen agar tim-tim lain tetap Pe-de berkompetisi.
21 September lalu saya berjumpa manajer tim XCN, Andrian Pauline menjelang World GameMaster Tournament di Mini Square, La Piazza-Kelapa Gading.

Usianya baru 23 tahun. Bagi kebanyakan teman sebayanya yang lebih asyik bersenang-senang. Andrian Pauline masih terlalu muda dengan jabatan manajer tim Executioner (XCN) sejak 2005.

Orang-orang yang diaturnya pun bukan sembarangan. Para cyber athlete terbaik dari yang terbaik di Indonesia. Semuanya bergelar jawara lokal, beberapa bahkan menjadi duta Indonesia bertarung dalam kompetisi gamers internasional.

XCN diawali dari tim Counter Strike (CS) tahun 2002 yang menempati posisi ke-3 penyisihan World Cyber Game (WCG) 2002. Tahun 2003, XCN adalah gabungan tim CIA dan [BIG] Law yang berubah menjadi XCN [e] dan XCN[m].

XCN[e] didukung pusat game online ‘Euro Game’ sementara XCN[m] disponsori MAT. Tahun itu juga XCN selalu menjadi jawara kompetisi Tanah Air a.l. Joglo
Tournament(Jakarta) dan Naga Tournament (Yogyakarta).

Pada WCG 2003 tingkat Indonesia mereka menjadi jawara dan menjadi wakil bangsa ke Korsel bertarung melawan tim dari 55 negara. Pada kompetisi itu XCN menempati urutan ke-6 dunia.

Mereka hanya kalah dari Team9 dari Denmark. Indonesia bersama China menjadi tim Asia yang bisa masuk dalam jajaran delapan besar dunia. Selebihnya negara-negara Barat.

Saat itu XCN itu terdiri dari: Ferdinand Putra (Imothed), Grayson Sumarlin (Gray), Varian Asihwardji (Xtriver), Indra (Legends), Vebbie Lim (Peacemaker), dan Carey Ticoalu (Virelis).

XCN sempat melempem karena beberapa personilnya hengkang. Saat dilakukan reshuffle, tim itu hanya menempati posisi ke-2 penyisihan WCG se Indonesia tahun 2004.

Tapi setelah itu di Indonesia, XCN tak punya musuh sepadan. Jadi juara di UNO Tournament, Battlestream Tournament dan Electronic Sport World Cup (SWC), Malaysia.

Pada ESWC Asean Malaysia mereka berhasil menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Sayang pada Cyberathlete Profesional League (CPL) di Singapura mereka hanya menempati posisi ke-2.

Reshuffle II

Usai kegagalan di CPL, Andrian Pauline alias Ignatude masuk, dia bergabung dan ikut bertempur di turnamen enam negara atau 6 Nation Championship di Malaysia, 2005.

“Tim tempat gue [XCN project] gagal lolos kualifikasi. Sementara tim XCN ID masuk posisi tiga,” tutur putra pertama pasangan Firgo Pauline dan Ngo Min Tju itu.

Lepas dari Malaysia, Andrian yang sudah main CS sejak 2001 pensiun dan memulai mewujudkan misinya mewujudkan tim XCN yang profesional.

“Visi gue menguasai [dunia] gaming Indonesia. Dalam permainan ini ada sport, kerjasama tim dan skill. Tentu mimpinya membuat industri ini profesional. Tapi tak bisa naif. Harus pelan-pelan sampai di titik tertentu bisa sejajar dengan luar negeri,” tutur mahasiswa tingkat akhir jurusan periklanan London School of Public Relation itu.

Sejak itulah status XCN menjadi satu-satunya tim game-online profesional Tanah Air. Para pemainnya dihargai sesuai prestasi mereka. Hitungannya makin berprestasi makin besar bonus yang diterima.

Uniknya, sesuai tradisi XCN yang disebut prestasi adalah juara pertama. Bagi anak-anak XCN juara hanyalah posisi pertama. Juara dua, tiga dan seterusnya tak masuk prestasi. Hasilnya para pasukan di tiap divisi berusaha menjadi yang terbaik.

Tahun lalu divisi CS mereka sapu bersih urutan tiga besar ajang WCG. Tahun itu mereka juga menempati posisi 16 dunia di WCG Monza, Italia. Langkah mereka dihentikan tim yang kemudian menjadi juara 3, Hoorai asal Finlandia.

Sementara di 2007, menempati posisi 1 dan 2 pada Empire Tournament, Jakarta dan sapu bersih kualifikasi ESWC Indonesia Qualifier 2007 di Mal Taman Anggrek, dan berhak mewakili Indonesia ke Grand Final ESWC di Paris, Perancis. Sayang mereka tidak bisa berbuat banyak setelah dikalahkan oleh Brazil.

Untuk divisi Warcraft DOTA, XCN memiliki tim dengan pemain terbaik untuk game ini a.l. Ritter, Melen, St@m-X, idle, Lakuci. Tahun lalu tim terbaik mereka menempati posisi ke-2 kompetisi WCG DOTA Indonesia dengan selisih hanya satu poin dari juara saat itu.

Tetapi tahun ini mereka berhasil meraih juara 1 sehingga maju ke ajang WCG Asian Championship di Suntec City Singapore dan mencapai delapan besar setelah ditekuk tim Flow dari Filipina.

Pada ajang World GameMaster Tournament, XCN terus juara sejak 2006. Begitu juga pada kompetisi 2007 yang berakhir pekan lalu. Tak hanya itu tim Battlefield 2 XCN juga meraih juara. Pendek kata tahun ini XCN adalah tim tanpa tanding.

Dengan tiga sponsor profesional a.l Biznet, ABIT dan LA Light yang masing-masing menyetor dana sekitar Rp70 juta per tahun XCN tak perlu pusing mempersiapkan diri. Bahkan kini sudah ada perusahaan baru yang siap menjadi pendukung tim tersebut.

Lalu tantangannya apa? Asmara! Seringkali dirinya menemukan, gara-gara pacaran anggota timnya loyo kurang semangat. Andrian sendiri tak ada masalah dengan soal percintaan. Dia sudah enam tahun pacaran dengan kawan SMA-nya.

Tantangan yang lain, lebih bersifat pribadi. Pekan ini Andrian harus sudah menyerahkan soft cover tugas akhirnya.

Andrian sendiri sudah punya rencana lain dan lebih bersifat pribadi jika telah lulus kuliah. Yaitu mencoba mendapat visa ke Amerika Serikat. Sudah dua kali dia gagal. Padahal ayahnya sudah menetap di Fort Wayne, Indianapolis.

Begitu juga sang paman, Kuswanto Husen yang memberinya modal untuk mendirikan game canter, XSIZ Gaming Village di Pesanggrahan Puri. Tempat Andrian berwirausaha sekaligus tempat latihan tim XCN.

Dia juga berencana hijrah ke AS. Entah untuk kuliah atau bekerja. XCN sendiri sudah ditinggal dua sesepuhnya yaitu Ferdinand Putra (Imothed) dan Varian Asihwardji (Xtriver) yang kuliah ke Australia.

“Meski jauh bukan berarti pekerjaan ini kemudian aku tinggalkan. Bisnis ini tetap bisa aku manage dari jauh. Seperti halnya hubungan kami dengan para senior itu [Imothed dan Xtriver]. Link itu tetap kuat dan tak terputus,” Janji Andrian

Prestasi CS Team
——————–
1st place at Underground Tournament 2002 Bogor
1st place at Nextgame Tournament 2002 Jakarta
1st place at Fusion Tournament 2002 Jakarta
3rd place at WCG Indonesian Preliminary 2002 Jakarta
1st place at Joglo Tournament 2003 Jakarta
1st place at Naga Tournament 2003 Yogyakarta
1st place at WCG Indonesian Preliminary 2003
6th place at WCG Korea 2003
2nd place at WCG Indonesian Preliminary 2004 Jakarta
1st place at UNO Tournament 2004 Jakarta
1st place at Battlestream Tournament 2004 Jakarta
1st place at JESL II 2005 Jakarta
1st place at WCG Indonesian Preliminary 2005 Jakarta
1st place at ESWC Asean Malaysia 2005
3rd place at MYGO 6 Nation Championship Malaysia 2005
2nd place at CPL winter world tour Singapore 2005
1st place at Challenger Tourney 2005 Jakarta
1st place at Intel Sunday Gaming Party 2005 Jakarta
1st place at Counter Strike festival Surabaya 2005
1st, 2nd and 3rd place at Genie Tournament Semarang 2005
1st place WIZ Bandung Tournament 2006
1st , 2nd ,and 3rd at Surabaya League 2006
3rd place at Razer road to WCG 2006 Jakarta
2nd place at Happy CS Tournament 2006 Jakarta
1st, 2nd and 3rd at Sniper CS Tournament 2006 Ciledug
1st and 3rd at WCG Indonesian Preliminary 2006 Jakarta
3rd at WCG Asian Championship 2006 Singapore
2nd at Kode 5 South East Asia 2006 Singapore
5th at CPL Singapore 2006 Singapore
1st at VW tournament 2006 Jakarta
16th at WCG Monza 18-22 October 2006 Italy (knock out world champion from brazil team mibr in qualification round)
1st place at XCN Challange 2006 Jakarta
1st place at Indonesia Game Championship 2006 Jakarta
1st and 2nd place at Empire Tournament 2007 Jakarta
1st, 2nd , 3rd in ESWC Qualifier Paris Van Java 2007 Bandung
1st World GameMaster Tournament, 2007 Jakarta

XCN Warcraft DOTA Achievements
——————————————
Runner-up in Jakarta Hall Convention Centre (JHCC) tournament (July 2005)
Runner-up in Emporium tournament (September 2005)
Winner in Spider Karawachi tournament (November 2005)
Second and Third place in 24 Cyber tournament (December 2005)
Runner-up in The One tournament (February 2006)
Third place in Bina Nusantara Centre tournament (February 2006)
Winner in KGI Indogamers tournament (March 2006)
Runner-up in Rainbow tournament (April 2006)
Third place in KGI tournament (June 2006)
Winner and Runner-up in Interville tournament (July 2006)
Runner-up in World Cyber Games (WCG) 2006 Indonesia (July 2006)
Winner in World GameMaster Tournament (WGT) Indonesia by ASUS and Gamestation Jakarta (July 2006)
1st place and 2nd place in Vivagamers tournament (August 2006)
2nd place at World GameMaster Tournament (WGT) Indonesia by ASUS and Gamestation Bandung (October 2006)
1st and 2nd place at Be-Mall tournament 2006 Bandung (October 2006)
1st and 2nd at World Games Tournament (WGT) Indonesia by ASUS Medan 2006
1st and 2nd at Binus (Bina Nusantara University) Tournament 2006
1st place at 3 line party gaming exhibition 2006 Jakarta
1st place at Indonesia Game Championship 2006 Jakarta
1st place at Imlek Game Tournament 2007 Jakarta
1st and 2nd place at ESWC Qualifier Paris Van Java 2007 Bandung
1st place at BNCC Tournament Mall Taman Anggrek 2007 Jakarta
1st World GameMaster Tournament, 2007 Jakarta

Prestasi terakhir:

Juara 1 WCG 2008
Juara 1 Asia Dota Championship
Juara 1 Samsung King of the Hill (Call of Duty 4)
Juara 1 Cyber Athelte Championship Surabaya

66 Responses to "XCN: Best of the Indonesian cyber athlete team"

Ih, gilaaaaa. Pusing baca daftar prestasinya.

waww…. keren banget prestasinya..
kalo boleh tau, apa ada cs online khusus xcn? bisa ikutan gak? aq pengen liat dan kalo bisa ikutan… Soalnya aq dari kalimantan tepatnya banjarmasin… aq pengemar berat cs tapi bingung soalnya teman2 pada jarang maen lagi…
tolong dibalas yaa..
thx sebelumnya…
salam kenal…

nice article, nice interview🙂

keren banget boooooooooo…..
pengen kek XCN San Peurs ahahhahaha
tapi imposible kek nya -_-a

keep good work

pas gw liat replay nya sih pas main dota, biasa aja….

lawan nya aja yg gak fokus n konsen pada team work

heheheheeeee

hehe,klo gitu bentuk tim & lawan xcn sono ^^

being tim XcN its my dream, so dont give up XcN…….

Yupz, prestasi XcN di Nasional sudah tak terbendung, dan g menunggu prestasi di Internasionalnya.
Semangat yah XcN !!!

woiiii
XcN
no bacok ya
GG tao gk lawan kalean…..

ucup2

entar tunggu jdi kami jadi…..

XcN…

Tim kami tuh banyak dapet inspirasi dari gaya main tim kalian…

n gak munafik,kami kagum bener ma xCn

tapi,ntar lagi kita bakal ketemu di WcG 2008!!!

Gw janji…

ChaosMakerZ-Joe

gile kurang banyak prestasinya, wKWKkkww
kenalin donk ama yg maen dota XcN yang dota soalnya aku juga main walaupun ga jago2 amad

xcn emang the best gaming team in Indonesia

btw, nice article

kita tunggu di WCG 2008😀 Love gAme.. GL

woi cara daftar jadi xcn gimana sich????

Nice Job!! Bro…!!!

XcN sohai

Hidup Indonesia !!!

gw mau masuk XcN tapi pasti malu2in deh tar….

wkwkwkwkwwk

buat ritter, lakuci, n bahamut cia yo yah !!!

gw dah ad lho FS na huahuahua

GG HF n GL

keren bgt.. tp koq wkt itu bs kalah lwn ks koh??
minta fs nya lakuci dkk donk.. balez ya….

nice article.
tp kalo bs ditambah update-an line up tim XcN dr cs, dota, dsb bro..

ritter, st@m-x, amut, acunk, melen
salut d uda lawan MYM kmrn walaupun kalah. /top haha

viva progamers indo!

eMp.Endorse`Boi

wewe

heh, yang bilang tim dotanya gak hebat, ngaca donk! gw liat replaynya mereka lawan tim KS, Zenith, Mineski, dll , yang gw kagumin cuma XcN dah ! lu baru maen dota brp lama men? ngeliat dia maennya biasa2 aja? bah, coba lah tiru maen kek dia, gw sembah loe.. sebagai penggemar berat dota, gw ngerti tu skillnya, apalagi wkt ngesave temennya yg mau mati, gak tanggung2 men, 4 orang dateng, gak kek orang maen BneT lokal, ada temennya mo mati, malah portal pulang !!!! GO XCN IM PROUD OF YOU !!!!

GL XCN,,sayang kalah lawan mym,,lost with proud `n lot of respect from them…sopooo yg ngajarin kalian maen dota??heheheh

salut buat xcn, semoga berjaya di international.

Gw rasa XcN dota udah hebat bisa nahan imbang MYM kemaren, menang lawan TeG, kalo mau gabung XcN gimana caranya? gw juga suka banget maen DOTA (pro)

Stupid Indonesians nub.You’ll just get pwnd.

waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

ane mo gabung tim XcN…

Ngiler dimodalin 70jt x 3/taon pdhl kerjaannya maen terus tiap hari @_@

beuh
GG
NGELIATNYA
GA MUNAFIK~
EMANG JAGO

GW ACUNGIN JEMPOL BUAT RITTER AMA BAHAMUT
KLO MAEN MRK PALING FOKUS
LIAT AJA DI REPLAY-NYA
GG

beuh
GG
NGELIATNYA
GA MUNAFIK~
EMANG JAGO

GW ACUNGIN JEMPOL BUAT RITTER AMA BAHAMUT
KLO MAEN MRK PALING FOKUS
LIAT AJA DI REPLAY-NYA
GG

aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

No more Words.. XCN U’re Rock!!
btw, xcn buat cabang dota dongggg biar gw bisa ikut .. hehe xD

Xcn
Kalian plg hebat dah

DOtta Is Our Life

GL buat XcN! Semoga makin mengharumkan nama Indonesia di dunia game

uew,,,gw orang tegal,,gw byk liat video’y xcn pas battle ma clan laen,,

ju2r gw bingung,,cz ide’y aneh2,,trutama pas melen pk sk,,
koq awal2 slalu diem g nyari xp&duit,,gemes aje gw ngliat taktik’y.
cz terakhir2’y pasti menang juga,,bingung gw!!!

gw juga penasaran ne ma anak2 dota’y xcn,,,kpn2 ngadain jumpa fans dunk,,
kl bs d tegal,,kl g bs d jakarta juga boleh,,
biar bs tanya2&maen dota jg boleh(walopun gw pasti kalah T.T)
pokoknya gw pengen kenaL sm ank2 dota’y xcn,,
kabulin plz!!onegai ne!!xie xie..

XcN mantab deh gw salut dan ngiri bgt gila aje dimodalin 70jt pertahun kerjanya main doank wakwkakawkw
GG deh ^_^”

wew xcn wew,,waw xcn waw,,wow xcn wow,,
good luck buat xcn..ayu semangat dunk xcn buat jadi juara I dunia..jgn nasional mulu,,kalo nasional mah di bahasa DOTA (KK GG kk)..keep together XCN..
i love my life..
i love my style..
i love my soulz..
GG XCN

beh yg bilank XCn biasa2 sakit tuch org,,emank mreka org biasa
tapi skillnya luar biasa skali lagi GG kk GG
c_u

XcN..,,

Gw tau XcN dr mulai beberapa anggotanya melen,ritter,st@m-x join di BiG-SnR wktu itu yg pertama gw salutin mereka pake hero ezalor,rylai,goblin,venge,.. tp bsa menang lwn azure yg make viper,veno,krobelus,dll. gw ga tau BiG-SnR pecah dri kapan.
trs gw dgr nama XcN tau2 nya melen dkk ada disitu.
Gw suka bgt ma dot a da satu stgah thn main pnya byk ilmu pgn bgt join ma XcN ada yg tau caranya ga?? klo ada tlg e-mail ke indra_shinoda11@yahoo.com
Anyway XcN mainna nice biasanya dulu ciri khasnya all pake dager smua.

klo ada yg baca comment ni tlg bls ke e mail saya.trmasuk anggota XcN ,tq kk
regards,indra-

Aku Ingin seperti Mereka!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

wew,,ketemu lg,,gosipnya ce nya si ritter sexy abiz ya????

mau donk kenalin k gw,,,he6…

bwt melen ajarin gw pake sk ow,,koq aneh bgt c maen sk nya,,,g doyan bli byk2 item,..

lakuchi,,,hmnnnn…kecewa bgt gw ma lw,,,g stabil,,kadang cangih kadang atm,,<<<ampun OM!!!!

bwt yg idle ma stam-x,,maaf gw kurang ngfans ma kalian jd no coment,,,wakakkakakka..

sukses bwt ank dota xcn!!!!!!!!!!!!!!!!

Hey good stuff….

Wasn’t looking for your site, but great stuff….

Y walau gw ce, tp ng tanggung2 begadang mpe mlm bt maen, y bleh aja maenya.. kompak abies…

frag frag frags…

GW PGN DAFTAR !!!!!!!!!!!!!!!

alah gaya nya gde…
d battle net gw ucup2in jg loe pada wkajkwakwakwa copo

gogogo XcN…
make us proud…^_^

Halo…salam kenal… Gw juga anak XcN tapi cuman di server free kalo ikut XcN di pro gimana yah???? kalo boleh gw minta id XcN di pro{sebagai test masuk XcN). gw ada FS alamatnya albertyadi@gmail.com . Tolong dicomment di sana.thx.GG XcN

XcN memang patut diacungin jempol(trmasuk jempol kaki). Gw seh kesusahan cari temen yang bisa diajak kompak maen game. kl maen bnet pasti ada atm nya. Maennya kan harusnya kompak tuh? boro2 ini mah satu hero aja berani ngejabanin satu team.

halo met siang

cuma maw tanya

adek gw maw masuk xcn dota, gmn caranya,,tlong kirim ke email saya

flowes48@yahoo.com

id dotanya = jesus_God

oi ank2 XcN gg abiez lo!!
tp lbh gg gw……Lakuci Klo mw pensiun hub.in gw aja!!!

haha..
XCN memng pro abis…
gw jg sring liat replaynya XCN.
hoki aj itu dpt tmn yg kompak.
klo gw maen bnet,jarang bgt dpt tmn kompak,meski ad bbrp sich..
gw maniac dota bgt nieh..
impian gw pgn VS team XCN
meskipun kmungkina mng tipis bgt.. TT
GG deh XCN
Go Go Go

oh iya satu lg,
klo ad yg mao test by1 ma gw.
plz comment ke FS gw!
cracker_gamer@yahoo.com
GAk TRIMA COPO YAWh!!!!!!
minimal setingkat XCN
GW SIAP KPN AJE..
GG dah…..

may the god blessing our team

your team is good at playing but need more teamates like me tentara pembasmi CT master champions 6….

nice to see some good indonesian team🙂

mantan XCN meleen.,, bantu gw donk.. T___T parah nee… org cupu si anak2 anbu berlagak semi pro maen di rookie mulu… team aq kalah di semifinal mulu entah pasti di semi-final 4 team semi-pro mulu.. maennya maen mental pake triak2 bacot parah banget teriak (ratain la apa la)… (team anbu ada si ncekz sama team 134 suka maennya kacau2in tourney rookie) hhwwhhw thx meleen

gile prestasinya, gw salut bgt ma XcN, bisa ngeharumin nama bangsa wkwkwkwk,GG tq kk🙂

Que Dios nos perdone a todos
y que Dios dé su bendición sobre nosotros…

May God forgive us all
and may God give his blessing upon us all:D

Oi XCN loe pada dewa kan….?
Tapi gw gk percaya loe pada segitu dewa ny kata orang….
Gw tantang team di IDGS nick gw sudah tertulis C4_JIBAKUTAI hantu nya IDGS….
Gw gk percaya prestasi loe pada itu cuman tulisan belaka dan tak nyata….
Gw percaya klo loe ratakan gw dolo baru gw puja tu XCN….
Klo loe uda siap gw ratain telpon gw aj ni no hp gw 081251321260 gw akan cret room di IDGS dan gw buktikan bahwa gw bisa ratakan loe pada yg Nick depan (XCN)….

Salam Rusuh:C4_JIBAKUTAI aka Indra…
Tukang bacod dan tukang ratakan IDGS….
Cuih loe pada…

Xcn is the best clan on Indonesia
Two thumbs up for them…

Mantap benar TIM satu itu..

Satu hal yang harus diperhatrikan..

Mereka main banyak tapi tidak melupakan pendidikan..

Kreatif..

Pada kuliah di Luar negeri..

Salut buat XcN..

Semoga suatu hari muncul banyak Clan setangguh XcN di Indonesia, satu2nya cara adalah dengan membuat managemen clan secara profesional juga seperti XcN..

XcN? Skill melebihi efek cheat!!!

gimana cara jadi tim xcn cs

gua ada 2 kata buat XcN : —– ” Keren AbiZ !!!!! ”

bsa nanya ga team XcN u/ dota masih ada ga sampek skrg?
kalo ada nick ma nama aslinya sapa aja??
pgn tau wa, xixixixi…..

lawan tim BALI di CF…
test… bomb missions hauhauh

saya dari dulu sudah menjadi penggemar XcN dota..
kasi tips2 untuk menjadi pemain dotA yg baik…!!??

ksih tw donk cara jadi pemain hebat kek XcN

ksih tw donk cara hebat kek XcN

Buat yang ga percaya ato ngata”in XCN sblum bisa ngalahin mereka
lo bikin aja dulu prestasi lo sndiri
ga mampu nyari prestasi jadi mw cari jalan cepet sok” bisa ngalahin XCN
sampah lu
5 menit juga rata tower 3 lu

iya nih pada sirik aja hahahaha…
tapi iya sih eventnya kalo bisa jangan di jawa trus donk, di luar jawa jg, di bali NTB, sumatra, banyak juga yang jago2x dotanya, sayang banyak yang masturbasi (maen game hanya untuk kesenangan diri dan buang2x waktu).
dan lebih banyak lagi sponsor2x yang maw seponsorin tim di indo, dulu jaman ane masih eksis maen dota 2005-2007 ane cari tournament dota di NTB dan Bali sampai muterin tiap-tiap warnet, saking gk ad lawan yang sepadan (bukannya sombong), dulu belum ada internet, di NTB kalaupun ada jg sangat mahal. alhasil hanya masturbasi, sebenarnya banyak yang berbakat di indonesia tapi kurang diperhatikan dan di eropa bisa hidup dengan bermain game/dota, sedangkan di indonesia gk bisa hidup hanya dengan bermain game/dota kecuali situ anak orang tajir/kaya, mau ikut tournament int musti punya modal gede. real life > game di indonesia…

Ada yang tau ga lokasi persisnya markas xcn dimana ?
Lokasi ane deket daerah Puri Pesanggrahan.

Thanks before

Leave a Reply

Categories

Archives

Pages

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
