it’s about all word’s

Sepak terjang Orde Baru hingga kejatuhannya

Posted on: January 14, 2008

Judul : Indonesia in the Soeharto Years Issues, Incidents and image
Penulis : John H. McGlynn et al (ed)
Penerbit : The Lontar Foundation
Tebal : 483 halaman

Orde baru merupakan sepenggal perjalanan bangsa Indonesia yang dibuka, dijalani dan diakhiri dengan tragedi. Dibuka dengan kejatuhan Soekarno melalui kudeta penuh misteri. Secarik kertas Supersemar sebagai bukti penyerahan tampuk kekuasaan yang samar-samar hingga terjungkalnya Soeharto oleh gerakan mahasiswa pada 1998.

Sekokoh apapun kekuasaan, bila legitimasinya telah tergerogoti, akan rapuh juga.

Meski kekuasaan itu telah diselingkuhi pengetahuan, serta politik represi yang ditopang senjata hingga lembaga peradilan. Itulah akhir cerita Orde Baru. Sepotong kisah pedih, pada sebuah bangsa yang dalam pencarian.

Untuk merangkum kisah panjang itu tentu tak mungkin dapat dikemas dalam satu buku saja. Yang mungkin adalah esai atau tulisan yang sekiranya mewakili pemikiran dan suasana Orde Baru.

Untuk itulah Yayasan Lontar dan The Asia Foundation bekerja sama menerbitkan Indonesia in the Soeharto Years: Issues, Incidents and Images. Buku ini mencoba menggali berbagai persoalan dan peristiwa penting selama kurun 1965 hingga 2004 yang telah memberi arah bagi negara ini.

“Masa historis, revolusioner, dan masa sukses pergerakan sipil Indonesia demi menciptakan demokrasi yang jujur, transparan dan aman,” papar mantan Presiden Amerika Jimmy Carter dalam catatan pembukaan buku ini.

Tak salah jika Carter berkata demikian, sebab penulisnya pun tak main-main. Disusun dari 50 esai karya penulis terbaik Indonesia di masa Orde Baru, seperti Taufik Abdullah, AH Nasution, Mohamad Sadli, Moerdiono, Juwono Sudarsono, hingga Pramoedya Ananta Toer.

Pramoedya sendiri, dengan tertatih-tatih ditopang tongkat menyempatkan diri untuk menghadiri peluncuran buku yang mengambil kehidupannya sebagai salah satu saksi hidup penjara Pulau Buru.

Karena berusaha menampilkan 32 tahun pemerintahan Soeharto tentu tak dapat dihindari munculnya beberapa artikel mungkin akan menyakitkan bagi pembaca buku yang nasionalis.

Sebut saja artikel The Annexation of East Timor karya Joao M. Saldanha yang melukiskan usaha kolonialisasi Timor Timur oleh Indonesia. Demikian juga The Sawito Affair karya David Bourchier yang disebut-sebut sebagai salah satu lelucon terbesar Orba.

Selain itu juga merangkum berbagai cara pandang individu yang menjadi saksi mata bagi suasana Orde Baru. Baik itu politik, budaya, hingga indoktrinisasi sejarah secara sistematis.

Tak hanya hal-hal politik yang diangkat, manipulasi Kedung Ombo, perkelahian pelajar, demo mahasiswa tiap generasi hingga milisi Pam Swakarsa turut menjadi penghias buku ini.

Namun yang terpenting, secara konteksual terasa unik, sehingga buku ini dapat menjadi sebuah catatan atau rangkuman untuk merenung dan belajar dari masa lalu Indonesia.

Foto sejarah

Tidak melulu berisi barisan kata-kata, buku ini juga dipenuhi deretan narasi foto dan ratusan foto sejarah yang beberapa di antaranya belum pernah dipublikasikan di masa represi kebebasan.

Salah satunya adalah foto karya Jaka Sugiyanta dari Antara tentang suasana pemilu di Papua (Irian Jaya) yang bersahaja.

Di sana terpampang dua wanita lengkap dengan tas tradisional Papua dan seorang pria bertelanjang dada sedang serius di bilik pemilihan yang terbuat dari bahan seadanya.

Tak jarang hanya dengan melihat foto-foto tersebut, kita dipaksa sedih atau malah tersenyum getir. Karya R. Sukendi bisa mewakili hal itu. Di sana terlihat seseorang sedang bercukur dengan tenang meski dihadapannya gedung Bank Indonesia sedang terbakar (hal 340).

Singkat kata, nilai buku ini mungkin sama dengan buku kesaksian tentang Supersemar yang ditunggu-tunggu.

Sayangnya harga yang relatif mahal mungkin masih jadi penghalang bagi orang-orang yang kurang berduit untuk memiliki buku ini. Namun, setidaknya satu langkah penting sudah diambil yaitu menghindarkan lupa sejarah pada generasi sebelumnya.

Bisnis Indonesia Minggu edisi: 01/05/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: