it’s about all word’s

50 years Beatles: for aliens

Posted on: February 4, 2008

Bertepatan dengan hari jadi Badan Luar Angkasa Amerika Serikar (NASA) ke-40 dan 50 tahun berdirinya The Beatles, NASA memancarkan tembang Across the Universe ke gugus Bintang Utara.

Siaran tersebut dimulai 00.00, dini hari tadi dan akan dipancarkan ke bintang paling terang dalam konstelasi Little Dipper dengan kecepatan cahaya atau 307.000 km/detik.

Seperti dikutip dari http://www.nasa.gov, Bintang Utara atau Polaris berjarak 431 tahun cahaya dari Bumi sehingga suara almarhum John Lennon yang ditembak mati di New York City pada 1980 itu butuh ratusan tahun untuk mencapai bintang tersebut.

Selain memancarkan tembang tersebut, NASA juga mengajak semua penduduk di seluruh dunia agar memutar Across the Universe pada sistem audio mereka, bersamaan dengan saat lembaga itu memancarkan versinya sendiri ke angkasa luar.

Beberapa ilmuwan dan insinyur penting NASA yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah penggemar fanatik Beatles.

“Sungguh menggembirakan, mengingat Across the Universe adalah lagu favorit pribadi saya,” kata Barry Geldzahler, pelaksana program jaringan itu di Markas Besar NASA, Washington.

Kegiatan tersebut juga digelar untuk menyambut 50 tahun peluncuran misi sateit pertama AS, Explorer 1, dan 45 tahun Jaringan Antariksa Dalam, sebuah jaringan antena internasional yang mendukung berbagai misi untuk menjelajahi jagad raya.

“Sungguh menakjubkan! Semua beres, NASA! Sampaikan salam saya kepada mahluk asing antariksa. Hormat saya, Paul,” ujar pemain bas Sir Paul McCartney

Senada dengan Paul, janda John Lennon, Yoko Ono, menyatakan transmisi tersebut akan menandai awal dari abad baru di mana kita akan berkomunikasi dengan jutaan planet di jagad raya.

Mengirim tembang band asal Liverpool itu bukan pertama kalinya digunakan NASA. Sebelumnya pada November 2005, McCartney melantunkan Good Day Sunshine dalam konser langsung yang dipancarkan ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Selain itu, tim operasional NASA telah menggunakan beberapa lagu The Fab Four untuk membangunkan para astronot dari tidur mereka saat menjalankan misi di orbit tanpa bobot tersebut.

Meski NASA berdiri di masa perlombaan ekplorasi angkasa luar Perang Dingin dengan Uni Sovyet, Badan Luar Angkasa tersebut tidak kehilangan rasa seni mereka.

Tiga dekade lalu atau Agustus 1977, NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa Voyager. Misi ini selain membawa berbagai peralatan penyelidikan luar angkasa juga membawa sebuah misi khusus bagi mahluk luar angkasa.
Dalam kapsul Voyager tersimpan rekaman pesan-pesan dari Bumi dalam piringan tembaga berlapis emas berdiameter 12 inci yang dilindungi selimut terbuat dari aluminium.

Jika ada mahluk ruang angkasa yang kebetulan mampir, dalam rekaman tersebut akan terdengar pesan perdamaian dari Presiden Jimmy Carter dan Sekjen PBB Kurt Waldheim, kemudian dilanjutkan suara dan gambar yang mewakili keragaman kehidupan dan kebudayaan Bumi.

Terekam di dalamnya ucapan salam yang diucapkan dalam 60 bahasa termasuk bahasa Indonesia berikut 115 gambar. Indonesia diwakili foto penari Bali yang dipotret oleh Donna Grosvenor.

Selain itu, terdapat rekaman musik sepanjang satu setengah jam dari berbagai kebudayaan. Untuk Indonesia diwakili oleh sebuah gending Jawa, Ketawang Puspawarna, ciptaan Mangkunegara IV.

Seluruh materi cakram tersebut, seperti dikutip dari http://www.voyager.jpl.nasa.gov, diseleksi oleh sebuah komisi yang diketuai oleh Carl Sagan dari Universitas Cornell.

Orang yang berjasa memilih komposisi gending Ketawang Puspawarna untuk misi Voyager ini adalah pakar musik dunia asal AS, Robert E. Brown, yang pernah bermukim di Gianyar, Bali.

Seluruh rekaman misi Voyager yang unik dan masih terus mengarungi angkasa luar hingga hari ini kemudian dirilis oleh Warner News Media dalam Murmurs of Earth pada 1992.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: