it’s about all word’s

Di balik sukses PTPN III

Posted on: February 20, 2008

Judul: Beyond Book Value: Lessons Learned from PT Perkebunan Nusantara III in Creating Value
Penulis: Goei Siauw Hong, John R. Alwi dan K. Rajendran
Penerbit: PT Ray Indonesia
Tebal: 204 halaman

Di tengah buruknya kinerja sebagian besar Badan Usaha Milik Negara, kisah sukses PT Perkebunan Nusantara III merupakan angin segar.

Kesuksesan PTPN III tentu saja berkat tangan dingin direktur utamanya, Akmaludin Hasibuan, yang dinilai berhasil menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan menyuburkan kreativitas di tubuh BUMN itu.

Keberhasilan itu antara lain tercermin dalam program transformasi bisnis PTPN III sejak 2003. Hasilnya, economic value added (EVA) perusahaan itu memasuki wilayah positif dan terus bergerak ke atas. Target dari program itu tercapai lebih cepat dari yang ditargetkan.

Tentu saja butuh kerja keras untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Sepak terjang PTPN III yang fenomenal pun diakui oleh Menteri Negara BUMN Sugiharto yang hadir pada peluncuran buku ini.

Untuk mencapai keberhasilan tak hanya butuh kerja keras, tapi juga diperlukan hal lain yaitu visi, misi, paradigma serta nilai baru yang harus dijabarkan ke dalam langkah-langkah praktis sekaligus evaluasi terus menerus.

Buku ini menarik karena ketiga penulis mampu menjelaskan transformasi PTPN III secara sistematis dalam empat bab pertama, tanpa harus memakasa pembaca mengikuti secara runtut lembar demi lembar. Hasilnya adalah sebuah referensi manajemen modern.

Sejak program transformasi bisnis yang digariskan Akmaludin, hanya dalam tempo satu setengah tahun perusahaan ini mengalami banyak kemajuan, baik dalam produktivitas maupun laba perusahaan. Dampak selanjutnya adalah lirikan investor yang berujung pada kerja sama bisnis yang menguntungkan perusahaan.

Tentu saja tak mudah mencapai tingkatan yang dicapai PTPN III. Oleh sebab itu langkah perusahaan perkebunan yang berdiri sejak 1958 ini menularkan ilmunya adalah tindakan yang patut dipuji.

Tetapi sebagai sebuah referensi, buku ini seharusnya tak hanya jadi penambah koleksi pribadi Dirut BUMN lain. Tetapi juga dibaca yang berujung pada peningkatan kinerja BUMN tersebut.

*Bisnis Indonesia Edisi: 07/08/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: