it’s about all word’s

Kiat praktis berwirausaha

Posted on: February 20, 2008

Judul : Rahasia Berani Memulai Bisnis
Penulis : Iskandar Zulkarnaen
Penerbit : Media Sukses, September 2005
Tebal : 116 Halaman

Cita-cita menjadi pengusaha umumnya masih menjadi impian dibandingkan keinginan menjadi pegawai. Padahal menjadi pegawai-setinggi apapun jabatan yang disandang-tetap saja menempatkan seseorang menjadi bawahan bagi perusahaan tempat dia mengabdi.

Menjadi pengusaha, termasuk usahawan skala kecil, menempatkan seseorang sebagai orang yang berjuang secara mandiri. Tanpa status yang jelas, risiko gagal pun sangat terbuka lebar.

Namun justru kenyamanan status pegawai itulah yang membuat seseorang tak pernah siap dengan perubahan cepat yang terjadi. Misalnya, turun jabatan, pindah jabatan, pensiun hingga pemecatan.

Di sisi lain, usahawan justru tak pernah terbebani dengan segala perasaan tersebut. Sebab dalam diri seorang usahawan sudah terasah mental berusaha yang tak kenal lelah.

Beruntung ada tiga buku kecil namun sakti ini. Isinya tak rumit di jejali berbagai teori untuk menjadi seorang usahawan yang mandiri. Bahkan ketiga buku ini sangat sederhana dan dipenuhi petunjuk praktis dan contoh nyata.

Namun ada satu pendangan yang ingin disampaikan oleh ketiga buku ini yaitu ingin mematahkan mitos yang sudah mengakar dan diyakini tentang usahawan di masyarakat.

Mitos tersebut adalah untuk menjadi usahawan harus memiliki keturunan dari seorang usahawan, harus ada modal dan harus ada pengalaman.

Ketiga buku ini memberikan pandangan yang nyaris sama, yaitu membantah mitos tersebut. Selain itu tidak ada istilah terlambat untuk menjalankan usaha dengan mandiri.

Suka duka

Contoh individu yang disajikan cukup banyak. Sebut saja doktor ‘gila’ Wahyu Saidi yang sebelumnya menjadi manajer sebuah perusahaan yang membangun proyek jalan tol terbesar di Indonesia, lalu memilih menjadi penjual bakmi yang sukses.

Kesuksesannya boleh dibilang memang segila reputasinya dalam hal kecepatan beranak pinak usaha bakminya. Bahkan Wahyu tercatat sebagai usahawan muslim pertama yang mampu membuka cabang di Mekkah.

Tentu saja usahanya tidak mudah. Diperlukan kesiapan mental yang tangguh saat memutuskan dari orang yang dilayani menjadi seseorang yang melayani. Dari sebelumnya orang berdasi lalu menjadi pedagang bakmi.

Atau simak juga pengalaman Aqua Dwipayana yang harus tertipu beberapa kali atau saat malu-malu berjualan boneka. Tak pelak diperlukan mental tak kenal lelah dan tahan banting untuk bisa sukses menjadi usahawan yang tangguh.

Sebab berusaha tak ubahnya anak kecil yang belajar berjalan diperlukan jatuh bangun terlebih dahulu. Harus ada pahit, getir sebelum manis dirasakan.

Catatan kecil pantas disematkan pada buku Aqua yang tak ditemukan pada kedua buku lain, yaitu perlunya usahawan untuk membina hubungan dengan media massa yang berperan memperkenalkan usaha yang dibuka.

Hal ini cukup unik sebab bisa dibilang teori perlunya pendekatan pada media massa jarang diberikan oleh buku-buku praktis yang lain. Maklum sang penulis adalah mantan praktisi komunikasi.

Secara singkat. Anda harus baca buku ini jika ingin menjadi usahawan mandiri yang sakti. Bukan sekadar menjadi pegawai yang terjebak rutinitas dan intrik politik kantor.

*Bisnis Indonesia Edisi: 16/10/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: