it’s about all word’s

Mendewasakan diri dengan menulis

Posted on: February 20, 2008

Judul: The Corruption
Penulis: Stanley Timotius Kurnia
Penerbit: Grez Publishing, September 2005
Tebal : 341 Halaman

Judul: Senyum Untuk Calon Penulis
Penulis: Eka Budianta
Penerbit: Pustaka Alvabet, September 2005
Tebal: 274 Halaman

Beberapa karya Eka seperti Lautan Cinta, Sejuta Milyar Satu dan Rumahku Dunia bahkan telah diakui oleh penyair di berbagai negara.Sepak terjangnya di dunia jurnalisme dan penulisan pun tak kalah menarik. Meski kemudian terjun ke dunia bisnis, Eka tetap rajin ‘meracuni’ pembaca dan seniornya melalui guratan tangannya.

Eka bahkan tetap membumi dan berbaik hati dengan membagikan keterampilannya merajut kata-kata melalui buku setebal 274 halaman ini. Sebab pada kenyataannya jarang ada penulis yang menulis untuk menyuruh orang lain agar menulis. Padahal kemampuan menulis tak sesederhana berbicara, tetapi diperlukan kerja keras dan keteguhan hati untuk menghasilkan tulisan yang baik.

Eka sangat menekankan kemampuan penulis agar dapat mengajak pembaca turut serta melayang-layang dalam rangkaian kata-kata yang ditulis. Pendek kata menarik, komunikatif dan lancar mengalir.

Namun, buku ini tak melulu berbicara soal teknik menulis. Banyak pula tulisan yang mengupas karya sastra dan kondisi aktual dunia tulis menulis yang menarik untuk dikritisi, tetapi luput dari perhatian.

Sayang ada hal yang merisaukan dari buku ini, yaitu terlalu banyak petikan komentar dari orang-orang yang membacanya. Seakan-akan Eka tak cukup percaya diri dengan karyanya kali ini.

Mungkin lebih bijaksana jika hal tersebut diberikan porsi yang secukupnya saja. Karena terlalu banyak pujian yang diterakan membuat pembaca dipaksa untuk kehilangan sikap kritis terhadap buku ini.

Fantasi epik Stanley

Segala teori tentang menulis yang dilontarkan Eka Budianta justru sudah dilaksanakan oleh Stanley Timotius Kurnia yang bahkan menulis novelnya dalam bahasa Inggris.

Stanley memang tidak menjadi penulis novel berbahasa Inggris yang pertama di Indonesia. Namun The Corruption merupakan novel fiksi fantasi epik yang pantas disejajarkan dengan Christopher Paolini asal AS yang masih berusia belasan tahun saat menerbitkan fiksi fantasi epik fenomenal Eragon.

Stanley baru berusia 17 tahun saat menulis novel setebal 341 halaman dalam bahasa Inggris ini. Tentu bukan pekerjaan mudah dan tak banyak yang sanggup melakukannya.

Apalagi alur cerita novel ini berkisah tentang petualangan remaja perempuan bernama Elaine di negerinya, Fai’Faria. Sebuah negeri yang damai dan dipimpin oleh Oracle Kidea D’Lani di bawah pengaruh sihir yang menyatukan seluruh penduduk negeri. Namun, kekuasaan jahat berupaya mengubah negeri itu menjadi kacau-balau.

Sepintas mirip karya C.S. Lewis, Tolkien, J.K. Rowling dan semacamnya yang berfantasi tentang petualangan di negeri entah-berantah lengkap dengan kisah dunia sihir, petualangan menaklukkan kekuatan jahat, orang-orang cebol, dan mantra.

Yang unik dari karya Stanley adalah keberhasilannya menciptakan konflik yang lebih rumit dalam hidup Elaine. Bahwa apa yang dialami tak selamanya seperti yang dibayangkan.

Seperti negeri yang dipercaya membawa kedamaian, pemuda yang dicintai, pemimpin yang disanjungnya, yang seiringnya waktu berjalan terungkap hal yang sesungguhnya.

Singkatnya, buku ini mampu mengajak pembaca untuk larut dalam konflik batin tokoh cerita. Membela sang penguasa, kekasih atau sahabat dekat tempat dia berbagi kebahagiaan selama masa sekolah.

*Bisnis Indonesia Edisi: 06/11/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: