it’s about all word’s

Ameen: Raihan

Posted on: February 21, 2008

Judul : Ameen
Artis : Raihan
Produksi : Warner Music Malaysia, September 2005
Jumlah lagu : 10 lagu

Sahaja Aku Berpuasa Esok Hari; Untuk Menunaikan Fardhu Ramadhan; Tahun ini Karana Allah.

Penggalan bait Puasa Dulu Baru Raya dalam album bertajuk Ameen kelompok nasyid Raihan dari negeri jiran dalam suasana bulan suci Ramadhan ini layak dipertimbangkan sebagai koleksi musik Anda.

Dibuka dengan lagu 99 Names atau asmaul husna itu dibawakan dengan paduan irama Melayu yang sangat kental mengiringi tiap-tiap bait ayat yang diambil dari Surat Al ‘Araaf ayat 180.

Album kali ini lebih menonjolkan unsur permainan pola-pola ritmis lebih mendominasi daripada sound akordion pada album Assalamualaikum atau sentuhan slow rock dalam Raihan Allahu.

Namun, demikian tetap dikemas dengan ringan, sehingga pendengarnya mudah untuk menangkap pesan-pesan yang disampaikan. Pasalnya, pesan yang terkandung dalam bait lagu ini, mengandung makna yang baik untuk diresapi saat ini.

Sebagai nasyid yang identik dengan alat penghibur sekaligus syiar yang banyak mengandung pesan, album ini dibawakan dengan perpaduan nuansa yang tetap riang agar pendengarnya tidak monoton mendengarkannya.

Melalui lagu-lagu bernuansa Islami, kelompok nasyid Raihan berhasil menyampaikannya dengan permainan iringan musik yang sesuai dengan liriknya, dan juga enak didengar.

Ada unsur mars

Selain irama bernuansa Melayu ditambah unsur-unsur rap, Raihan juga bermain dengan musik yang lebih dinamis dalam Wahai Kawan yang dihiasi ketukan mars perkusi.

Usai semangat dihentak, emosi kembali diajak turun dengan tembang Keikhlasan yang iringan rebana, tamborin, ataupun gendang yang biasa mengiringi dan mendominasi musik Raihan.

Karena Islam merupakan agama universal, semua golongan, umur, jenis kelamin, ataupun negara manapun tanpa terkecuali, bisa bergabung menjadi satu kesatuan menjalankan segala perintah Allah.

Menyadari hal tersebut, kelompok musik ini juga berusaha menyanyikannya tidak saja dalam format bahasa Melayu, melainkan di dalam album yang diproduksi oleh Warner Music, ikut diselipkan lagu berbahasa Inggris.

Dalam album ini Raihan memasukkan unsur rap dengan berkolaborasi dengan grup rap Mecca2Medina dari Inggris yang dikemas apik dalam tembang Do You Know Him unsur Melayu tetap jelas terlihat mendominasi setiap alunan nadanya.

Yang patut disayangkan dalam album ini adalah kemandegan eksplorasi nada dan harmonisasi antar keempat personil. Bisa dibilang tak ada perkembangan berarti. Permainan perkusi dalam Wahai Kawan yang diharapkan membuat musik dinamis justru terganggu dengan variasi ketukan yang terlalu kaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: