it’s about all word’s

Atekah Kesia

Posted on: February 21, 2008

Tidak akan kesepian selama ada buku

Sebagai mahluk sosial, hubungan emosional dengan sesama adalah sesuatu yang sangat penting. Namun ada kondisi tertentu yang membuat manusia harus dilingkupi oleh kesepian.

Kesibukan pekerjaan dan jabatan dengan konsekwensi tak sebebas saat menjadi manusia biasa-biasa saja biasa saja membuat seseorang mengalami stres berkepanjangan akibat kesepian yang dialami sehari-hari.

Selain itu dengan membaca kinerja di dalam otak bisa bekerja dengan lebih baik. Dengan membaca maka informasi yang diterima akan lebih lama tersimpan di otak dibandingkan melalui melihat atau mendengar.

“Saya percaya kalau orang punya hobi baca maka dia tidak akan pernah kesepian. Dengan membaca, pikiran kita tidak akan pernah kesepian bahkan terus terasah,” ujar Direktur Utama PT International Auction Multi Machine, Atekah Kesia, pekan lalu.

Perempuan kelahiran Bagan Siapi-api, 41 tahun silam yang akrab disapa dengan panggilan Eka ini termasuk eksekutif yang terlalu gila buku. Kemana pun Eka pergi maka ada satu atau dua buku terselip di dalam tas yang dia bawa

Tentu saja usai dibaca, buku-buku itu bisa dipastikan selalu penuh dengan coretan pena pada halaman-halaman tertentu yang berisi hal-hal penting yang terlintas di kepalanya.

“Makanya saya terkenal pelit kalau urusan buku. Lebih baik saya membeli banyak buku untuk saya berikan ke orang lain daripada buku saya dipinjam. Soalnya ada catatan-catatan yang saya buat,” tuturnya dengan semangat.

Tidak mengherankan jika koleksi beratus-ratus berbagai jenis buku khususnya ekonomi, pemasaran, human behaviour memenuhi rumahnya di bilangan Pantai Indah Kapuk. Tak heran kalau ada teman yang memberi dia buku maka buku itu akan dia simpan seumur hidup.

Koleksi itu belum termasuk buku-buku milik anak-anaknya yang sudah dibiasakan dan dibebaskan untuk belanja buku setiap kali berkunjung ke toko buku.

Sejak kecil jebolan Sekolah Manajemen Labora, Jakarta ini sudah gemar baca membaca buku. Mulai dari kisah silat klasik karya Kho Ping Hoo hingga novel percintaan dan thriller karya Sydney Sheldon dan John Grisham.

Menurut dia kegilaanya itu berkat baca novel yang tidak akan dia hentikan sebelum selesai membaca habis satu buku. “Lama-lama jadi kebiasaan kalau kemana-mana pasti bawa buku. Di pesawat atau kemana pun harus bawa buku.”

Penggemar penyanyi Anya itu selain setiap hari berkutat dengan alat-alat berat masih menyisihkan waktu untuk orang-orang yang tidak beruntung melalui pusat rehabilitasi narkobaYayasan Gerbang Aksa dan Yayasan Pondok Kasih yang menampung anak-anak yatim piatu dan anak terlantar.

Belajar bahasa

Tidak saja mendapatkan hal-hal baru, melalui baca buku Eka bahkan berhasil menguasai Bahasa Inggris. “Awalnya sih susah. Setiap kali membaca buku berbahasa Inggris saya buka kamus. Tapi setelah satu atau dua buku. Biasanya selanjutnya gampang.”

Eka juga terkenal sangat suka membagi-bagikan buku pada kawan-kawannya baik di dalam negeri atau di luar negeri. Tak heran dia sangat suka memborong buku. Tak sedikit yang dihadiahkan pada pegawai-pegawainya.

Termasuk memborong tiket seminar Robert T Kiyosaki agar seluruh anak buahnya bisa hadir dan menuai manfaat dari pembicara finansial mandiri itu.

Tidak itu saja, Eka juga memborong buku-buku T Kiyosaki a.l ‘Rich Dad Poor Dad’, ‘Cashflow Quadrant (CQ)’ dan ‘Rich Dad: Guide to Investing’ (RDGI) yang dihadiahkan pada teman-teman bisnisnya.

“Buku itu seperti jendela. Orang kalau suka membaca buku. Buku apa saja. Pasti punya pandangan yang luas. Bangsa kita nasibnya seperti ini karena tidak suka baca buku. Makanya hobi ini harus dijadikan sebuah kebiasaan nasional!”

5 Responses to "Atekah Kesia"

YES THAT’S MY MOM MAN! BE PROUD!

Luar biasa…!

YES, THAT’S MY COUSIN’S MOM’S! I AM PROUD! =p

Hebat, salut utk ibu Eka

I don’t think so. Wanita ini lupa membersihkan sampah yg mungkin menutupi seluruh anggota tubuhnya, sehingga siapa saja yg menghubunginya dianggapnya ‘sampah’. Mata telinganya penuh sampah, dan pikirannya penuh sampah-sampah bacaan yg tidak tercermin dari kata-kata dan sikapnya terhadap siapa saja. MEMALUKAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: