it’s about all word’s

Daniel Zebedeus

Posted on: February 21, 2008

Jika membicarakan mobil-mobil offroad, pasti yang terbayang di benak kita adalah mobil kekar yang siap melahap ganasnya medan. Hal yang sama juga akan tergambar saat kita mendengar nama dua hobi turunan offroad yang lebih ekstrim yaitu speed offroad dan rock crawling.

Kedua jenis kegiatan otomotif ini selain menuntut perlengkapan yang canggih meliputi mesin, sistem transmisi, ban, suspensi hingga peredam juga sangat memerlukan rangka mobil yang kokoh namun ringan.

Akhir pekan lalu Bisnis mendapat kesempatan berjalan-jalan ke kota kembang Bandung untuk bertemu dengan Daniel Zebedeus, pemilik bengkel 4xFADworks, salah satu pakar pembuat rangka tubular mobil-mobil offroad di tanah air.

Awal mulai nyemplung ke dunia ini ?

awalnya saya main di dunia offroad sejak 1980-an, sedang untuk bikin mobil kaya gini mulai tahun 1986. Dimulai dari mengakali mobil offroad yang dipakai, sebab saat itu teknologi kita kan masih ketinggalan.

Karena mobil-mobil offroad kan harus mengurangi bobot kendaraan. Awalnya rangka dan suspensi biasa, kita copot bodi asli pasang roll gate lalu ganti bodi fiber. Produk pertama saya Toyota FJ dipakai hingga sekarang oleh Yuma Wiratakusuma.

Dibanding Toyota standar ya pasti FJ modif lebih unggul karena ringannya. Sejalan dengan waktu orang mulai melihat bahwa untuk offroad pentingnya bodi ringan selain mesin yang tangguh.

Perkembangan makin cepat seiring masuknya teknologi seperti suspensi, mesin, transmisi yang makin canggih, mau tak mau teknologi rangka harus mengikuti. Sebab dengan rangka standar akan ada masalah di jarak main travel atas (beban ayun) yang terlalu pendek. Padahal kita butuh jarak yang cukup sesuai dengan suspensi yang kita pakai.

Dulu kita awalnya main potong sasis, terus berkembang hingga bikin sasis dari pipa seperti ini. Sejauh ini mobil rangka pipa produksi saya diantaranya digunakan oleh peraih juara nasional Roy Nirwan dari Balikpapan.

Pada awalnya pemasaran masih dari mulut ke mulut kemudian berlanjut melalui peliputan media yang membuat penggila offroad di seluruh Indonesia mengenal nama bengkel ini.

Kalau kerjasama dengan Greg diawali keinginannya untuk membuka bengkel mobil rangka di Indonesia. Tetapi setelah melihat ada bengkel yang ternyata bisa membuat mobil rangka akhirnya dia memilih untuk bekerja sama.

Saya ingin membuktikan, bahwa Indonesia dengan segala keterbatasan bisa membuat mobil rangka yang berkelas internasional.

Berbicara tentang kandungan lokal sejauh ini harus diakui sulit untuk menemukan elemen mobil offroad buatan lokal yang berkualitas.
Ketiadaan tersebut lebih karena tidak adanya bahan baku dan alat.
“Tapi sejauh ini saya yakin dan memang sudah terbukti jika ada alat atau bahan yang diperlukan orang Indonesia mampu mengerjakan bahkan lebih baik dibanding Barat,”

Sebagai contoh, orang Indonesia mampu memperbaiki suspensi yang kata dealer resmi sebuah produsen mobil terkenal yang mengatakan suspensi itu harus dikirim ke luar negeri.

Untuk rangka kita masih impor dari Jerman dan Cina. Tapi untuk penggunaanya belum seperti di Amerika yang standarnya untuk digunakan hingga kecepatan 200 km/jam.

Meski sampai saat ini dunia offroad Indonesia masih dalam standar aman dan belum segila di Amerika, saya yakin suatu saat nanti akan menyamai kiblat offroad dunia.

Dengan standar seperti saat ini rangka mobil offroad di Indonesia belum perlu menuntut penggunaan pipa Tromoly yang kuat dan ringan. Di sisi lain harga tromoly cukup mahal sehingga bisa menghambat perkembangan offroad.

Untuk pipa Cina dan Jerman digunakan boiler pent simless ukuran 1-1,25 mm. Di sisi lain ada juga pipa welldied yang lebih murah—buatan lokal–namun lebih mudah penyok, berat dan mudah berkarat.

“Tapi kalau ada yang pesan pakai pipa welldied tidak saya layani, sebab tidak aman bagi mereka (pemesan). Ntar ada apa-apa nama kita yang dipertaruhkan,”

Harga pembuatan kendaraan rangka pipa ini ditentukan oleh empat jasa pekerjaan yang ingin pelanggan ambil a.l pembuatan frame (termasuk pemasangan mesin), suspensi, aluminium cover, hingga finishing. Total keempat jasa pekerjaan itu dihargai Rp80 juta.

Jika pemesan memilih untuk melakukan pekerjaan finishing sendiri, maka harga tersebut bisa ditekan cukup hanya Rp50 juta.

Pekerjaan finishing mahal sebab kita harus menggunakan jasa orang lain. Misalnya untuk sistem kelistrikan, bodi fiber, cat dll.
Intinya pekerjaan saya hanya sampai pada rolling sasis. Jadi hanya sampai pada tahapan mobil didorong setir bisa belok, selesai.

Alasan mengapa masih menggunakan sistem outsource adalah efisiensi pekerjaan, profesionalitas dan mutu pekerjaan. Dan harus diakui ilmu kita terbatas untuk bidang-bidang yang memang bukan spesialisasi kami.

Biasanya partener saya untuk dukungan perlengkapan adalah Part M Jakarta untuk mesin adalah KS Nusa Khatulistiwa. Untuk satu proyek biasanya sistem yang ada adalah jumpa diantara customer dan kami bertiga.

Kesulitan yang paling utama adalah pada komunikasi antara customer dan kami. Terutama menyangkut selera finishing seperti warna dan detail yang lain.

Untuk peralatan relatif mudah, saat ini saya ??? satu unitnya Rp80 juta. Mahal tapi bisa digunakan untuk sentuhan seni yang lebih baik dan rapi.

SDM satu dari desain ITB dan sisanya anak STM yang skill nya sudah ada dan mudah diatur totalnya 11 ortang maksimal mengerjakan dua unit per bulan. Permasalahan lain adalah ruang benkel yang terbatas.
Semua mobil harus dianggap paling susah. Dengan itu kita dipaksa untuk memberikan yang terbaik.

Mobil ini akan digunakan untuk perlombaan rock crawling profesional di Amerika.

Anak dua cewek semua yang pertama kelas 1 SMP Della Zebedeus dan Dara Zebedeus. Manajemen Niaga di Akademi Industri Niaga…
Modal awal kepercayaan saja. Mulai dari bikin mobil sendiri dibeli Yuma trus mulai ada yang pesen trus kepercayaan mulai ada.
Biasanya saya memulai dari dana yang tersedia.

Mobil rangka pipa yang pernah di buat mencapai harga Rp400 juta milik Tandi Indiarto dari Samarinda.

Tapi yang paling mahal itu terletak bukan dirangka tapi di suspensi, transfer case,

Ban : Goodrich Crawler
Pelek : Tire ready
Transer case : Atlas
Gardan : ford 9 inci Currie
Suspensi : 16 inci airshock hingga 180 psi
Mesin : LT1 5700 cc

Tipikal orang Indonesia kan susah percaya tapi begitu tahu barang bagus daya belinya benar-benar mencengangkan.

Suspensi yang mahal itu misalnya king shock yang menggunakan gas nitro per biji harganya Rp40 juta-Rp45 juta.

Kedepannya ingin membuat mobil kerja, alasannya sejauh ini proyek-proyek di pertambangan atau perkebunan masih menggunakan kendaraan-kendaraan SUV keluaran pabrik yang sebetulnya kurang cocok untuk medan Indonesia.

Terutama dalam hal bodi yang rentan rusak dan dimensi yang tidak sesuai untuk wilayah perkebunan yang menuntut mobil kecil yang tangguh.

Proyeknya bernama G2 (Guna Ganda) sekarang ini kan banyak mesin-mesin limbah Toyota 2.000 cc rebuild dari Jepang yang surat-suratnya jelas yang harganya Rp5 juta.

Yang penting dari mobil-mobil seperti ini adalah murah, tangguh dan multifungsi. Dalam hal ini mobil rangka pipa four wheel adalah salah satu alternatif.

Dalam survei saya di sebuah perkebunan kelapa sawit di lampung, minimal mereka butuh 5-6 mobil lapangan. Tentu saja jika konsep ini berhasil tentu para modifikator offroad yang lain bisa turut serta.

5 Responses to "Daniel Zebedeus"

nanya emailnya Bp.daniel Zebedeus donk???

ntar gw cariin ya…mesti bongkar-bongkar…tapi kalo mau silahkan datang di acara rock crawl di margo city akhir pekan ini

pak boleh konsultasi gak???
saya mau buat ATV dari rangka pipa juga dg rencana awal diameter pipa 3/4 n tebal 3mm.
tapi terbentur di perhitungan beban, dan titik beratnya.
bisa mnta advice atau masukannya??

ini buat tugas akhir “perancangan ATV dengan aplikasi tambahan differntial”

mesin menggunakan honda GL NEO TECH….

buat yang punya info di tunggu di email kowitzki41@yahoo.com

terima kasih

BOSS, sudah waktunya punya website. Jadi kita yang hobby modifikasi bisa berkonsultasi dengan seorang master tubular seperti anda.

Mana mobil balap buat gue , loe suruh gue nonton aja atau bagaimana kang Daniel Z …………….. hahaahaaahaaaa………………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: