it’s about all word’s

Ditta Amahorseya

Posted on: February 21, 2008

Satu-satunya orang Indonesia di Klub Bukunya

Sejatinya membaca buku adalah kegiatan yang sangat individual. Kenikmatan memelototi, memproses informasi sekaligus melayang-layang dalam alam pikiran bukan pengalaman yang mungkin dibagi ke orang lain.

Namun hasil melayang-layang dalam dunia itu bisa dibagikan, ditukar, ditambah kurang bersama individu lain dalam diskusi dengan orang lain. Beberapa orang begitu serius dengan proses bertukar pengalaman tentang buku yang dibaca dalam klub baca atau book club.

Salah satunya adalah tutur Ditta Amahorseya, Corporate Affairs Head, Citibank Indonesia. Perempuan berkaca mata ini sudah ikut kelompok diskusi buku sejak tahun 1992.

“Anggotanya, kecuali saya, orang asing yang tinggal di Indonesia. Yang bertahan dari jumlah itu saya sendiri. Selebihnya selalu berganti, terutama pada tahun-tahun 1997-1998. Jadi kalau ditanya siapa penghuni tetap club ini, ya saya orangnya,” ujarnya.

Dalam klub buku Ditta, ada komitmen di antara anggota yang semuanya perempuan untuk bertemu sekali setiap bulan membicarakan buku dengan judul sama yang telah ditentukan sebelumnya.

Mereka bertemu sebulan sekali di rumah salah satu anggota dan tiap anggota diminta untuk aktif memberi komentar.

“Bukan hanya memberi komentar, setiap anggota juga diminta untuk mengusulkan satu judul buku yang akan kami baca selama sebulan berikut. Karena minat kami dan pekerjaan kami juga beragam, judul-judul yang ditawarkan juga menjadi beragam.

Sebut saja ada anggota yang menawarkan topik tentang perang, ada yang suka dengan tema yang sangat menekan. Siapa yang kebagian mengajukan buku untuk dibahas, biasanya juga menyediakan buku untuk semua anggota.

Tetapi, lanjut dia, hal itu justru memberi saya tambahan pengetahuan karena saya jadi dipaksa membaca buku-buku yang tadinya tidak terpikirkan untuk saya baca.

Umumnya anggota klub baca mereka cukup serius untuk menetapkan syarat buku yang diajukan untuk dibaca dan didiskusikan anggotanya itu berusia paling lama tiga tahun sejak tahun penerbitan.

Selain itu buku yang dibaca wajib memenangkan penghargaan seperti Pulitzer atau Booker Prize misalnya New of Paraguay

Tidak itu saja, kadang kala judul yang dibaca sangat tergantung pada kewarganegaraan anggota. Misalnya jika anggota mereka sedang dijejali warga Australia maka buku macam The Secret River yang dibaca.

Sementara jika keanggotaan mereka banyak warga India maka peserta book club bakal sering membaca buku-buku karya penulis India. Sebut saja Jhumpa Lahiri penulis buku Interpreter Of Maladies yang menang Hadiah Pulitzer, PEN/Hemingway Award hingga New Yorker Prize.

Kalaupun tidak mendapat penghargaan, harus termasuk buku yang paling laris dalam daftar misalnya New York Times dan tentu saja mutlak berbahasa Inggris.

“Makanya saya agak kesulitan waktu diminta memberikan rekomendasi buku Indonesia. Masa lagi-lagi Pramoedya. Makanya saya sangat gembira waktu Ayu Utami mengeluarkan Saman dalam bahasa Inggris,” tutur putri Leo Amahorseya dan Samiati Alisjahbana ini.

Jebolan Boston University ini memang sangat serius dengan book clubnya, sampai-sampai dia menempelkan daftar buku-buku apa saja yang telah dibaca di samping kanan dinding ruang kerjanya di lantai tujuh Citibank Tower.

Nah apa ada rencana mencari anggota sesama orang Indonesia? Pelanggan setia toko buku Quality Buyers (QB) World itu pun menjawab tegas. “Orang Indonesia tu ngga konsisten. Giliran diberi kewajiban baca sering lupa dan bilang ngga sempat!”

11/11/2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: