it’s about all word’s

Gede Prama: Hidup Untuk Membaca

Posted on: February 21, 2008

Membicarakan sosok Gede Prama rasanya tak seorangpun yang tak kenal dengan kolumnis produktif, penulis buku, konsultan manajemen, public speaker, tapi juga dikenal pernah menjadi CEO sebuah perusahaan jamu papan atas.

Kekaguman pasti langsung dilekatkan pada pria yang menghabiskan masa kecilnya di desa Tajun, Bali Utara ini. Maklum pemikirannya termasuk cerdas, bernas sekaligus menggelitik.

Jejak pemikirannya itu selain disuarakan lewat radio dan acara televisi juga ditorehkan di belasan buku yang termasuk kategori laris di pasaran.

Menurut dia agar bisa tetap segar diperlukan perenungan-perenungan dan gemar membaca. Pria yang dalam sehari menghabiskan delapan jam untuk membaca ini termasuk orang yang tak pilih-pilih bahan bacaan.

Mulai dari deretan ilmuwan seperti Einstein, David Bohm ,Capra, hingga Derrida lalu karya milik seniman seperti Kahlil Gibran dan Paulo Coelho berlanjut ke pemikir Krishnamurti, Michel Foucault, guru agama Dalai Lama hingga penemu Aikido Morihei Ueshiba.

“Hidup saya ya membaca. Tanpa membaca dan terus membaca bagaimana kita bisa mendapat ide untuk disampaikan ke orang lain,” ujarnya saat ditemui di lobby Hotel Intercontinental Bali, beberapa waktu lalu.

Jangkauan bacaannya yang sedemikian luas bahkan tanpa batas ini akhirnya membuat dia dijuluki seorang gelandangan intelektual karena selama menjadi intelektual dia tak berafiliasi dengan universitas manapun.

Kebebasan itu termasuk pikiran dan karya Gede yang suka menggelandang ke mana-mana tanpa batas, tidak ada pemisah, tidak ada tembok institusi media.

Sebagai kolumnis, tulisannya yang mudah dicerna bisa ditemukan menghiasi berbagai media masa dan media online sementara belasan buku laris dan sejumlah kaset (audio book) juga berserak dan mudah dicari orang.

Kebebasan berpikir tanpa batas itu rupanya juga mulai merambah ke urusan rohaninya. Hal ini diakuinya sebagai tahap pendewasaan keimanan yang disebutnya sebagai humanisme Timur.

“Pada kondisi globalisasi seperti ini yang memberikan pilihan yang begitu beragam diperlukan orang yang bisa bersikap universal. Kalau dalam tataran rohani disebut humanisme,” ujar dia.

Namun, lanjut INSEAD Prancis dan Universitas Lancaster Inggris itu, humanisme ketimuran berangkat dari nilai-nilai religius bukan seperti humanisme barat yang sekuler.

Dewasa Karena Hidup

Hanya saja banyak membaca juga harus diikuti pendewasaan hidup yang tidak akan mungkin di dapatkan hanya dari memelototi berlembar-lembar buku setiap hari saja.

“Hidup adalah guru yang terbaik. Andai saya tidak pernah merasakan sulitnya hidup merantau di negeri orang barangkali saya tidak akan bisa seperti ini. Dari kesulitan yang dicari jalan keluarnya berarti lahir hal-hal baru,” ujar dia.

Gede bahkan menemukan teori “Tahi Sapi”. Teori yang bertutur tentang cara pandang positif yang bisa membangkitkan sebuah kebesaran hati apabila seseorang mendapat penghinaan atau perlakuan buruk dari orang lain.

Tak heran pada ketiga anaknya dia memaksa agar anak-anaknya mendapat pengalaman mendewasakan diri dengan merasakan hidup mandiri di negeri orang. Saat ini kedua anak pertamanya sudah dikirim ke Australia.

Pengalaman hidup dan terus menjalani proses pencarian itu juga lah yang kemudian membuat di mengabdikan hidupnya untuk mengembangkan apa yang disebut dengan unschooled management meski pun pernah menjadi dosen MBA di tiga Sekolah Manajemen di Jakarta.

Justru karena tidak terus belajar itu lah pemikiran-pemikiran Gede lantas selalu segar dan aplikatif dan membuat dirinya didaulat oleh banyak perusahaan terkemuka – seperti IBM, HP, Citibank, Astra, Caltex dan ratusan perusahaan terkemuka lainnya – sebagai konsultan manajemen sekaligus pembicara publik yang mencerahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: