it’s about all word’s

Genetika dan lingkungan jalan untuk perubahan

Posted on: February 21, 2008

Judul buku : Re-Code Your Change DNA
Membebaskan Belenggu-Belenggu Untuk Meraih Keberhasilan Dalam Pembaharuan
Pengarang : Rhenald Kasali
Penerbit : PT Garamedia Pustaka Utama
Tebal : 248 halaman
Tahun : 2007

Akhir tahun lalu, dalam sebuah acara makan malam menandai peluncuran buku River Company, di sebelah saya dosen FE UI yang juga mantan wartawan Rhenald Kasali mengutarakan niatnya bakal meluncurkan buku ketiganya, Re-Code pada awal 2007.

Ini memang kabar yang saya nantikan. Sedikitnya dua judul buku karya pria yang gemar tampil dengan kumis itu sudah saya baca sebelumnya. Selain Change, ada River Company yang diakuinya menyalip Re-Code yang seharusnya dijadwalkan sebagai buku kedua.

Buku setebal 248 halaman ini menyajikan lima hal penting pembentuk sifat perubahan a.l Keterbukaan terhadap pengalaman hidup (openness to experience, hal 67-70). Keterbukaan hati dan telinga (conscientiousness, hal 71-72), Keterbukaan terhadap orang lain (extrovertness, hal 72-73). Keterbukaan terhadap kesepakatan (agreeableness, hal 73-74), dan Keterbukaan terhadap tekanan-tekanan (neuroticism, hal 74-75).

Sekali lagi, Anda sebagai pembaca akan sangat diuntungkan oleh perjalanan hidup Rhenald yang merayap dari bawah. Karena tak punya cukup duit, dia sempat menjalani profesi sebagai wartawan untuk beberapa waktu.

Tidak heran jika dalam ketiga bukunya, pemilik gelar Ph.D ini memiliki gaya bertutur, deskripsi, ide hingga diksi yang sangat nyaman untuk pembaca awam sekalipun.

Sejak awal tanpa sungkan-sungkan dia mengajak pembacanya berkelana mengikuti perjalanannya sepanjang 2005-2006.

Selama periode itu dia berkelana ke savana Marai Masa di Kenya, menyaksikan perubahan dari sebuah padang pasir menjadi kota dagang yang kaya di Dubai, melihat geliat ekonomi Afrika, menyaksikan orang-orang eks negara-negara komunis mengadopsi ekonomi pasar di Eropa Timur, Rusia, dan China, serta membawa pengusaha Indonesia berbisnis di mancanegara.

Meski terkesan santai, diam-diam Rhenald menyuntikkan virus paham perubahan yang diyakininya itu. Simak saja lewat penuturannya tentang kaum Gypsy di Praha, Cheska.

Kaum pengelana asal India itu sejak dulu hingga kini tidak bisa berubah atau diubah menjadi manusia modern yang hidup dengan bekal pendidikan yang memadai dan tidak lagi hidup nomaden.

Dia mengajak pembaca memandang kasus Gypsy melalui perspektif ilmu genetika biologi. Dipercaya karakter etnis yang malas dan suka hidup berantakan itu terbawa dalam gen mereka.

Diperlukan sebuah langkah untuk membentuk dan menata kembali kode-kode sel pembentuk organ agar dapat menjalankan fungsinya seperti yang diinginkan, untuk melahirkan manusia baru pembentuk sebuah komunitas.

Namun membenahi genetika tak cukup. Diperlukan pula berubahan pada lingkungan tempat tumbuh kembang individu tersebut. Sebab perubahan pada genetik pun terjadi karena lingkungan.

Dia tanpa segan-segan mencontohkan pegawai BUMN. Mereka yang saat masuk merupakan jebolan terbaik universitas terpandang pun, seiring perjalanan waktu, terjangkiti virus malas dan minta petunjuk atasan.

Contoh ini bukan sekadar tudingan tanpa bukti. Pasalnya, dia juga pernah merasakan susahnya mengatur ‘sekumpulan keledai’ di sebuah BUMN yang pernah ditanganinya.

Sayangnya, perubahan ke arah yang lebih baik seringkali membentur tembok tebal ego pemimpin yang lambat menerima suatu ide yang baru—kondisi yang mengganggu zona kenyamanan dan kebiasaan mereka yang konservatif.

Secara garis besar, buku Re-Code pantas menjadi referensi manajemen populer dan menjadi bahan diskusi bawahan maupun atasan di sebuah perusahaan. Satu-satunya hal yang agak mengganggu adalah terlalu bertebarannya foto diri Rhenald. Selebihnya, patut diacungi jempol.

*Bisnis Indonesia edisi 4/2/07

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: