it’s about all word’s

Karya pustaka yang menginspirasi

Posted on: February 21, 2008

Judul : 16 Wisdom and Success
Classical Motivation Stories 2
Penulis : Andrie Wongso
Penerbit : Actions And Wisdom Publishing, April 2006
Tebal : 173 halaman

Judul : The Power of Public Relations
Penulis : Christovita Wiloto
Penerbit : Power PR Global Publishing, April 2006
Tebal : 207 halaman

Dalam dunia buku terdapat dua penggolongan yang menunjukkan kualitas isi yaitu good book dan great book. Harus diakui cukup sulit mencari padanan kedua kata ini di dalam bahasa Indonesia.

Nilai good book bisa langsung diberikan melalui parameter-parameter yang jelas seperti pilihan kata, struktur antar topik hingga tampilan luar buku. Meski untuk yang terakhir ini wajib diwaspadai bisa menipu.

Sedangkan great book tidak sesederhana itu, selain memenuhi kriteria good book, ada hal yang wajib dipenuhi dan sangat bergantung pada persepsi individu pembaca buku tersebut.

Dalam hal ini unsur emosional sangat mutlak dalam hal memberikan penilaian terhadap buku yang dibaca itu. Sebuah kriteria yang mutlak dipenuhi sebuah great book adalah harus mampu menyentuh sisi emosional dan kesadaran si pembaca.

Jika sebuah buku, tak peduli wujud fisiknya seperti apa, mampu membuat pembacanya terasa tersengat untuk melakukan sesuatu atau berbuat sesuatu seperit isi buku itu.

Maka sebuah karya itu boleh dan layak jika disebut sebagai a great book, sebuah pustaka yang mampu menginspirasi dan tak sekadar hanya sebagai sekotak jendela informasi.

Lalu untuk bisa menjadi sebuah pustaka apa yang wajib dipenuhi? Tentu saja ada emosi di dalamnya. Buku yang menginspirasi membutuhkan sebuah emosi di dalamnya.

Tidak hanya sekadar baris kata-kata mati berisi paparan teori atau riset terkini. Bukan pula untaian indah kata-kata sastrawi yang melenakan pembacanya.

Buku yang membawa emosi justru lebih sering berupa deretan kata-kata sederhana yang lahir dari keseharian yang dekat dengan si penulis atau—kebetulan dengan—pembacanya.

Lahir dari hati

16 Wisdom and Success dan The Power of Public Relations dari segi isi—minimal bagi saya—adalah buku-buku yang telah membuat saya tersengat untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Buku 16 Wisdom and Success saya sebut a great book bukan karena Andrie Wongso sampai menerakan keterangan embel-embel best selling atau beragam best-best yang lain.

Tetapi lebih karena dalam buku setebal 173 halaman itu ada energi inspirasi dari kerasnya kehidupan yang telah dijalani Andrie hingga bisa sesukses saat ini.

Gelarnya SDTT (Sekolah Dasar Tidak Tamat) TBS (Tapi Bisa Sukses) rasanya langsung menggelitik pembaca buku ini yang mungkin memiliki jalan hidup lebih beruntung dibandingkan Andrie.

Pantang menyerah, terus berusaha mengejar mimpi dengan segala daya upaya adalah semangat dan motivasi yang berusaha dia tularkan kepada para pembacanya.

Dan tak perlu berlam-lama, pembaca yang sedang lesu lelah menghadapi kerasnya kehidupan bisa langsung tersengat untuk kembali bersemangat usai membaca tulisan jagoan kungfu dan jago ngecap ini.

Bagaimana tidak boleh disebut jago ngecap? Jika kita tengok ke belakang, dua puluh tahun yang lalu. Bisnis kartu Harvest, berisi kata-kata mutiara yang didirikan Andrie begitu meledak. Dan saya juga salah satu korbannya.

Sementara The Power of Public Relations karya Christovita Wiloto saya masukkan sebagai a great book bukan karena tulisannya selalu rajin muncul di halaman koran tempat saya bekerja.

Bukan pula karena di sana terpampang foto beserta kata-kata pujian dari pemimpin koran tempat saya bekerja, tetapi lebih karena jebolan Unpad ini selalu mampu memberikan pandangan baru terhadap masalah aktual yang sedang terjadi dari sisi menggelitik.

Selalu ada persepsi baru setiap kali Christovita berusaha menyampaikan pandanganya terhadap hal-hal yang sedang menjadi topik panas di sekeliling kita. Dalam setiap ulasannya, gayanya selalu khas yaitu sistematis dan dingin.

Hasilnya sebuah permasalahan yang tadinya begitu keras dan terfokus pada sebuah persepsi mayoritas berkat tulisan Christovita, pembaca tulisannya terinspirasi pada persepsi yang baru dan berbeda yang lebih sering suatu hal yang lebih baik.

Dan soal urusan memengaruhi persepsi orang lain memang bidang kerja yang dijalani Christovita sebagai public relation. Namun menginspirasi? Harus diakui itu keberhasilan dari aktivitas yang telah berhasil dicapainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: