it’s about all word’s

Kisah Bank Danamon

Posted on: February 21, 2008

Judul : 180 Derajad
Inside Story Tranformasi Danamon
Penulis : Arwin Rasyid dan Bondan Winarno
Penerbit : Penerbit Bara, Januari 2006
Tebal : 300 halaman

Buku adalah sebuah ‘jendela’, tempat kita bisa melihat dunia luar maupun pribadi seseorang. Lewat buku pula lah, seseorang bisa mendokumentasikan perjalanan hidupnya atau bahkan mengaktualisasikan hidupnya.

Berbeda dengan penerbitan lazimnya buku biasa, pustaka karya artis, politikus dan pejabat sering kali berani melawan pentingya perhitungan unsur untung dan rugi secara ekonomis. Yang artinya mereka berani merogoh kocek.

Tujuannya mungkin agar orang tetap mengingat si penulis buku atau sekelebat peristiwa penting di masa lalu. Atau malah untuk menaikkan citra di mata kolega dan masyarakat.

Tentu saja tujuan mengambil pelajaran dari masa lalu lah yang berusaha disampaikan Arwin Rasyid dan Bondan Winarno. Buku ini diharapkan dapat mengupas kisah dari transformasi yang terjadi di Bank Danamon.

Bank yang berdiri sejak 1956 ini termasuk salah satu raksasa perbankan swasta dalam negeri ini seperti halnya raksasa yang lain, BCA, juga limbung setelah aksi rush nasabah selama krisis moneter.

Untuk menopang bank yang memiliki tiga juta nasabah itu, pemerintah harus menyuntikan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia senilai US$25,5 triliun. Dan puncaknya diambil alih pemerintah dan masuk perawatan BPPN.

Selama dirawat itu, Danamon dipaksa kawin dengan Bank PDFCI, Bank Tiara Asia, Bank Duta, Bank Nusa Nasional, Tamara Bank, Bank Pos Nusantara, Bank Rama, Bank RSI dan Jaya Bank International. Konsekuensinya tentu saja PHK.

Namun, pil pahit itu memberikan hasil yang sepadan. Pada akhir tahun 2000 jumlah aset bank ini sudah berhasil mencapai Rp55,2 triliun.

Secara sistematis, kedua penulis ini memetakan strategi bisnis agar kembali mendapatkan pamor sebagai bank berkualitas dilengkapi diagram, data penunjang dan bahasa yang mengalir.

Hanya dalam setahun, di tangan Arwin, Danamon berhasil membukukan laba sesudah pajak mencapai Rp726 miliar. Jauh di atas laba tahun 2000 yang mencapai Rp339 miliar.

Kredit yang tersalurkan pun meningkat dua kali lipat, dari Rp5,6 triliun menjadi Rp10,6 triliun. Dan berhasil menurunkan obligasi sebesar Rp15,1 triliun dari Rp43,5 triliun menjadi Rp27,8 triliun.

Kuncinya adalah Super team, bukan Superman, ujar Arwin. Untuk itu pola reward and punishment diterapkan. Diantaranya kasus ‘Jigong-gate’ yang berbutut dipecatnya 40 pegawai.

Hasilnya Danamon yang kembali segar itu membuat Asia Finance Indonesia—kongsi Temasek dan Deutsche Bank–terpikat untuk meminang 51% saham yang ditawarkan pemerintah.

Lemahnya obyektivitas

Sayangnya setelah memaparkan berbagai keberhasilan transformasi di tubuh Danamon. Buku ini justru memamerkan kelemahan karena salah kaprah mengawinkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk judul buku ini.

Selain itu dalam buku setebal 300 halaman ini kasus pemberian kredit senilai Rp25 miliar kepada Indonesian Airlines oleh Bank Danamon pada tahun 2001 yang macet hingga saat ini tidak disinggung sama sekali.

Padahal tak seorang pun akan meragukan kemampuan ‘hidung’ wartawan sekaliber Bondan yang berhasil ‘mencium’ pemalsuan sampel emas di Busang, Kaltim oleh perusahaan asal Kanada, Bre-X Mineral tahun 1996-1997.

Seperti diketahui kasus pengucuran kredit pada perusahaan penerbangan yang 40% sahamnya milik Santayana Kiemas itu sebetulnya tidak memiliki jaminan yang bankable karena telah bankrut.

Tentu saja ini tidak bisa disalahkan sebab bisa jadi buku ini merupakan bagian dari sarana aktualisasi citra diri. Tak bisa disalahkan kalau faktor obyektivitas kemudian rentan tertutup oleh kentalnya subyektivitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: