it’s about all word’s

Kisah Industri Telekomunikasi

Posted on: February 21, 2008

Judul : Industri Telekomunikasi:
Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi dan Kemajuan Bangsa
Penulis : Zainal Abdi
Penerbit : Lembaga Penerbit FE UI, April 2006
Tebal : 229 halaman

Globalisasi saat ini melanda dunia dan tentu tak dapat dihindari oleh bangsa Indonesia. Pada titik ini, sektor industri telekomunikasi memiliki peran yang strategis bagi bangsa ini.

Bukan saja karena pertumbuhan sektor yang relatif besar, namun juga karena memiliki keterkaitan dengan aktifitas di sektor-sektor lainnya.

Data pertumbuhan rata-rata tahunan pelanggan telepon total di Indonesia antara tahun 2000-2004 mencapai 40,3%, dengan pertumbuhan pelanggan seluler sebesar 75% dalam lima tahun terakhir.

Dibandingkan negara-negara tetangga, densitas telepon di Indonesia masih relatif rendah. Begitu besar peluang pertumbuhan pelanggan yang ada pada industri jasa telekomunikasi.

Hal ini tentunya menarik investasi global masuk ke perusahaan-perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Lihat saja hebohnya lantai bursa dan DPR saat Laksamana Sukardi memutusakan agar Indosat dijual ke STT (Singapore Technology Telemedia).

Tak lain adalah sumbangan bisnis telekomunikasi bagi sumber pendanaan APBN. Bisnis ini memberikan kontribusi deviden BUMN sebesar 19,5%, sementara itu 156 BUMN lainnya hanya memberikan 80,5% dari total penerimaan pemerintah sebesar Rp.10,51 triliun pada tahun 2004.

Padahal kepemilikan saham pemerintah dari kedua BUMN (Telkom dan Indosat) tersebut masing-masing adalah 51% pada Telkom dan hanya 15% di Indosat.

Untuk itu, dibutuhkan strategi jangka panjang guna menumbuh kembangkan industri telekomunikasi dalam negeri berdaya saing yang tinggi baik di dalam negeri maupun di tingkat global.

Sebab bidang telekomunikasi juga merupakan satu alat untuk menjaga keutuhan wilayah, pertahanan dan keamanan sekaligus membangun daya saing negara dan bisnis dalam negeri.

Selain memberikan kontribusi yang maksimal bagi APBN, industri telekomunikasi juga membuka kesempatan kerja, efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, membentuk masyarakat telematika yang berbasis pengetahuan, maupun stabilitas nasional di segala bidang.

Sebab dengan teknologi ini, roda perekonomian nasional yang berdaya saing tinggi serta menciptakan efisiensi di seluruh perekonomian nasional mampu lebih efisien misalnya industri perbankan dengan internet banking yang murah dan efisien.

Kaya Data

Buku yang ditulis oleh dosen STIE Trisakti (Trisakti School of Management) dan Magister Manajemen FE UI ini termasuk kaya akan data terbaru. Maklum dia juga merupakan Dirut PT Sandhy Putra Makmur, salah satu kontraktor PT Telkom.

Selain itu, latar belakangnya sebagai pendidik dan siswa di tingkat doktoral ini membuat buku ini sangat sistematis beserta grafik maupun angka yang terbaru sehingga sangat siap untuk digunakan oleh dunia pendidikan atau pengambil keputusan.

Sebab pertumbuhan sektor industri telekomunikasi tentunya harus dapat dikelola agar menghasilkan operator dan perusahaan industri Indonesia yang merupakan perusahaan kelas dunia.

Pengelolaan tersebut menjadi penting, karena perubahan ekonomi dunia yang sedemikian cepat menuntut adanya globalisasi dan deregulasi menuju ekonomi bebas.

Pemenuhan komitmen Pemerintah pada WTO ataupun perjanjian dagang lainnya perlu dibarengi dengan road map regulasi yang pada akhirnya memberikan kontribusi terbesar bagi negara dalam jangka panjang.

Hal ini tidak mudah, karena pada kenyataannya regulasi di satu sektor akan memiliki keterkaitan antara lembaga-lembaga regulator yang diharapkan mampu mengarahkan pada transfer pengetahuan dan transfer sumber daya bagi manusia Indonesia.

Harapan ke depan tentu saja agar Indonesia mampu memunculkan operator telekomunikasi di kelas dunia yang inovatif dan eksis ditengah derasnya perdagangan bebas yang bisa melibas pihak yang tidak siap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: