it’s about all word’s

Kumpulan adikarya jazz dunia

Posted on: February 21, 2008

Judul : Midnight Jazz
Silky Smooth Late Night Vibes
Artis : Kompilasi
Produksi : PT EMI Indonesia, Maret 2006
Jumlah lagu : 18 lagu

Album kompilasi ini sungguh nikmat diperdengarkan menjelang tengah malam. Temponya yang lambat dan suara para biduan yang menonjolkan vibrasi bisa membuat pendengarnya merem melek sembari bergumam.

Begitu lagu pertama di sisi A mengalun tanpa banyak bicara permainan tangan dan suara tenor Nat King Cole dalam tembang Moonlight in Vermont seperti pembuka pintu untuk membuat suasana malam menjadi lebih romantis.

Maklum kalau pendengarnya langsung terhipnotis, jangankan Anda, banyak musisi jazz besar yang mengalami hal itu sebut saja Frank Sinatra, Diana Krall, atau Tony Benett.

Usai Nat King Cole maka tembang-tembang lain seperti tinggal mengikuti saja. Berturut-turut George Shearring Quintet with Nacy Wilson dengan All Night Long.

Penyanyi buta yang memenangi Grammy tahun 1982 ini juga mendapat anugerah Order of British Emperor pada 1997 dan menerima penghargaan pengabdian seumur hidup dari BBC Jazz Awards 2003.

Lengkingan Shearring dilanjutkan secara apik oleh Stan Getz melalui These Foolish Thins.

Nada tetap mengalun pelan saat penyanyi jazz yang malang melintang di sekitar tahun 1957 hingga 1960, Lou Donaldson melantunkan Down Home yang diteruskan Sweet Stuff milik The Horace Silver Quintet.

Usai empat tembang itu ada sentuhan berbeda dari penyanyi berbakat, Sarah Vaughan yang disebut kritikus jazz Leonard Feather sebagai penyenyi paling berbakat di jaman 1950-an.

Biduanita kelahiran, Newark, New Jersey yang memenangkan Grammy untuk nominasi Best Jazz Vocalist dalam album ini menembangkan Sophisticated Lady yang memamerkan kemampuannya mencapai oktaf demi oktaf dan getar nada rendahnya yang seksi.

Usai, Vaughan hadir Lee Morgan dengan A Baby Smile lalu dilanjutkan tembang In A Sentimental Mood milik Chico Hamilton Eric Dolphy dan diakhiri nada-nada lembut Summertime milik Jimmy Smith.

Terus mengalun

Perpindahan ke sisi B tidak membuat, album ini berubah lebih menghentak. Tetap datar bahkan pada beberapa tembang memberi efek sangat tenang seperti halnya tembang-tembang di sisi A.

Usai Lou Rawls And Les McCann Ltd memainkan Willow Weep For Me dengan sempurna, musisi jazz penuh improvisasi Sonny Rollins langsung melanjutkan dengan I Can Get Started yang direkam secara live.

Musisi satu ini terkenal punya banyak ide untuk memainkan dan berimprovisasi dalam lagu apapun tentunya dengan teknik dan pengalaman yang mumpuni.

Usai tembang Rollins, Anda kembali diajak bergumam pelan mengikuti denting gitar dan tembang Soul Lament milik Kenny Burrell yang kental dengan nuansa baladanya.

Setelah itu, giliran kawan dekat Sarah Vaughan, biduan jazz dan komposer Peggy Lee yang menyapa telinga Anda dengan Oh! You Crazy Moon yang memiliki nafas blues.

Pemilik nama asli Norma Dolores Egstrom itu tak hanya jago menyanyi tapi juga piawai akting yang membuahkan nominasi Oscar. Sedang dalam dunia jazz, dia meraih Grammy untuk kategori best contemporary female vocal performance melalui album ‘Is That All There Is?’

Lima lagu berikutnya juga tak kalah asyiknya, seperti Stanley Tuarrentine dengan God Bless The Child yang disambut Dancing In The Dark milik Cannonball Adderley dan diteruskan Art Blankey And Jazz Messengers dengan Yama.

Sementara tembang Days Beyond Recall milik Sidney Bechet Sextet and Bunk Johnson seperti antiklimaks saat ditutup lagu Drinkin Again milik Dinah Washington.

Sayang, album ini mungkin lupa memasukkan vibraphonis legendaris Lionel Hampton yang mewarnai perkembangan musik jazz dengan karya-karya besarnya yang berirama swing selama enam dekade.

Padahal musisi kelahiran Kentucky, AS ini pernah menjadi guru bagi musisi-musisi muda berbakat seperti Charles Mingus, Art Farmer, Joe Newman, Illinois Jacquet, Dexter Gordon, Lee Young, Ernie Royal, Clark Terry, Joe Williams dan Dinah Washington.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: