it’s about all word’s

Lula Kamal: Wajib melahap Jurnal

Posted on: February 21, 2008

Bagi masyarakat awam, dokter adalah sosok yang dianggap serba tahu dan mumpuni. Anggapan keliru itu mau tak mau membuat orang yang memilih profesi ini untuk terus belajar.

Dokter spesialis narkoba sekaligus presenter terkenal, Lula Kamal termasuk beruntung dengan banyaknya majalah kesehatan yang gratis. Beberapa yang seharusnya bayar pun akhirnya dibagikan gratis khusus untuk dia.

“Kalau baca itu segala macam terutama majalah kesehatan. Jelas buku itu buat nambah pengetahuan tapi jadi moderator itu lebih menambah pengetahuan. Soalnya kita harus ngobrol dengan pembicara,” ujar dia usai seminar Perhimpunan Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI), di Four Season beberapa waktu lalu.

Setelah selesai pun, lanjut dia, pengetahuan masih bertambah berkat tanya jawab dengan hadirin. Manfaat menjadi moderator sangat besar terutama bagi seorang dokter umum sehingga dapat mengerti ilmu yang butuh spesialisasi.

Menurut dia selain itu seiring perkembangan ilmu kedokteran, buku kesehatan pun terus diperbaharui. Akibatnya buku yang dulu dipelajari sudah tidak relevan lagi untuk kondisi sekarang. Untuk mengejar pengetahuan itu maka dokter wajib membaca jurnal.

Ibu dari Kyla Tahira itu mengaku sampai saat ini selalu rutin melahap jurnal tentang narkoba yang sangat terkait dengan ilmu kejiwaan yang sangat membutuhkan adanya empati.

“Profesor kalau tidak empati pada persoalan kejiwaan pasiennya justru sering kalah dengan orang baru di bidang ini tapi punya empati. Kalau dibidang lain si profesor pasti bisa lebih jago. Kasusnya pun beda-beda termasuk penanganannya,” paparnya.

Yang unik justru bukan buku yang membuat Lula jatuh cinta pada bidang ilmu ini. Dia menurutkan hal itu akibat saat dia bertugas jaga di RSCM bertemu pasien perempuan cantik yang baru berumur 18 tahun infeksi jantung.

Rupanya pasien itu sejak umur 14 tahun sudah memakai putaw. Selain itu, pasien itu positif HIV/AIDS, Hepatitis B dan C. Padahal dia berasal dari keluarga baik-baik.

“Sedap kan? Pasien itu membuat gambaran saya tentang para pengguna narkoba harus dari keluarga broken home, keluarga kurang harmonis. Gugur semua!” tutur Lula antusias.

Stigma negatif tersebut rata-rata memang ada dibenak masyarakat Indonesia akibat kurangnya buku-buku yang diperuntukkan untuk menghapuskan stigma salah tentang pecandu narkoba atau ODHA.

“Stigma di masyarakat tentang ODHA hanya dua. Bagi perempuan kalau tidak pelacur ya pakai narkoba. Kalau pria pasti main perempuan. Sekarang sudah banyak menemukan kasus yang tidak bersentuhan dengan keduanya!” tegas Lula.

Keluarga cinta buku

Lula sendiri lahir dari keluarga yang gemar baca buku. “Ibu saya bahkan sampai pernah buka toko buku tapi akhirnya tutup. Tutupnya gara-gara beliau terlalu gemar meminjami atau memberikan buku yang menurut dia bagus.”

Selain itu, keluarga jebolan King’s College, London itu memiliki kebiasaan berdiskusi tentang buku di meja makan usai menyantap hidangan bersama-sama dan hal tersebut bisa memakan waktu yang sangat lama.

Keluarga mantan None Jakarta 1990 itu memang membiasakan diri untuk selalu berdiskusi usai membaca. Sebab dari diskusi tersebut akan didapatkan hal-hal yang sebelumnya tidak didapatkan.

“Sekarang pun meski tidak tinggal serumah. Mama saya masih sering telepon untuk memberi tahu buku yang bagus. Sebaliknya hal yang sama juga sering saya lakukan kepada mama,”ujar wanita kelahiran Jakarta, 10 April 1970 itu

Bakat gila baca buku itu rupanya diwariskan pada Kyla, anak semata wayang Lula yang menyukai huruf dan termasuk suka menceritakan kembali gambar yang dilihatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: