it’s about all word’s

Narasi unik di negeri orang

Posted on: February 21, 2008

Judul : Sampai di Ausfahrt
(Kisah-kisah dari Mancanegara)
Penulis : Sri Rahayu Dalimunthe
Penerbit : Pustaka Pergaulan
Tebal : 168 halaman

Sudah menjadi hukum tak tertulis, hal-hal unik di negara orang yang remeh justru menjadi menarik saat diceritakan. Dari penggalan-penggalan kisah itu bisa kita ambil pelajaran tentang hal-hal unik di negara tersebut.

Alasan itulah yang membuat catatan perjalanan selalu menarik untuk dinikmati. Selain gaya bahasa yang digunakan biasanya santai, pembaca akan mendapatkan beragam gambaran suasana di tempat yang dikunjungi sang penulis.

Tidak mengherankan, artikel atau buku yang ringan-ringan seperti ini seringkali lebih laku dan tentu saja dibaca—bahkan berulang kali–dibandingkan buku-buku analisis yang berat.

Dan kebetulan sekali jika penulis buku ini adalah mantan wartawati yang cukup lama malang melintang di tanah air. Tidak mengherankan jika kemudian cerita yang ditampilkan dalam buku seukuran saku ini sangat kaya.

Secara mudah karya penulis mirip tulisan panjang wartawati Kompas, almarhum Theres Nio atau Prof. Hok Tanzil di majalah bulanan Intisari yang melukiskan beragam sisi remeh negara-negara yang dikunjunginya.

Remeh tetapi menarik untuk dibaca, justru itu kekuatan tulisan-tulisan pendek di buku ini. Bahannya pun bisa jadi berasal dari sekedar olok-olok atau gosip antar ibu-ibu penggiat Dharma Wanita di konsulat dan kedutaan tempat penulis mendampingi suaminya bertugas.

Hasilnya pembaca menjadi merasa dekat bahkan masuk dalam suasana yang dipaparkan penulis hingga akhirnya tersenyum simpul atau tertawa terbahak-bahak menyadari keterbatasan, kelebihan dan kekonyolan bangsa mereka di negeri orang.

Perihal judulnya yang berbau Jerman itu pun diambil dari kisah unik tentang anggota DPR yang ogah disebut penulis tetapi pembaca pasti tahu dari negara mana asal wakil rakyat tersebut (Hal 109).

Alkisah anggota dewan yang hobi studi banding itu memiliki rasa percaya diri termasuk hal-hal yang kurang dipahami. Nah dalam kunjungan ke Jerman tersebut sang anggota dewan menerima telepon dari Konsulat Jenderal (Konjen) Indonesia.

Saat ditanyakan posisi terakhirnya, sang anggota dewan itu menjawab “sampai di Ausfahrt” ujarnya yakin. Kontan sang konjen bingung sebab ausfahrt artinya petunjuk keluar yang lazim tertera di sepanjang autobann atau jalan tol di Jerman.

Dan harus diakui pengalaman penulis sebagai wartawati selama 10 tahun sangat mempengaruhi gaya penulisan ke 55 cerita di buku ini saat menuangkan penggalan-penggalan cerita yang dia dengar itu menjadi sebuah narasi yang menarik dan unik.

Pendek kata baca saja buku ini lalu bawa diri Anda ke dalam narasi unik Sri di negeri orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: