it’s about all word’s

Panduan agar unggul dalam persaingan

Posted on: February 21, 2008

Judul : Strategi Bagaimana Meraih Kunggulan Kompetitif
Penulis : Mudrajad Kuncoro
Penerbit : Erlangga, Maret 2006
Tebal : 308 halaman

Judul : Citizen Brand
10 Perintah Untuk Mentransformasikan Merek
Dalam Demokrasi Konsumen
Penulis : Marc Gobe
Penerbit : Erlangga, Maret 2006
Tebal : 298 halaman

Sejak era retail dan produksi dalam jumlah massal mulai berkembang. Pentingnya nama sebuah produk atau merek langsung mengemuka dan menghasilkan hukum paten yang bersifat mengikat.

Pada sisi lain, tumbuhnya media massa dalam berbagai medium membuat para produsen mampu melakukan usaha-usaha penjualan yang lebih kuat, ekspansif dan agresif melalui cara-cara iklan.

Namun ada pertanyaan mendasar, apakah melalui iklan merek atau produk menjadi lebih dikenal dan mampu melakukan penetrasi pasar seluas-luasnya? Yang tentu secara signifikan menggelembungkan kocek perusahaan?

Pertanyaan ini selalu menjadi pertanyaan para pebisnis hingga pelaku dunia periklanan. Sebab pada kenyataannya besarnya dana yang dikeluarkan untuk iklan justru tidak signifikan untuk melakukan mind awareness.

Kondisi ini makin berat, terutama dalam era globalisasi yang serba cepat ditingkahi persaingan yang amat ketat. Bisa digambarkan hampir tidak ada satu pun produk, jasa maupun usaha yang berjalan tanpa pesaing. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Begitu sebuah usaha maju atau terkenal maka sang di pasar yang sama bertebaran pesaing-pesaing membayangi sambil terus mencari celah dan cara untuk mengungguli produk atau usaha kampiun itu.

Caranya, bisa saja lewat strategi murahan ala red ocean seperti membanjiri pasar dengan taktik banting harga, imitasi merek hingga produk yang terus menerus terjadi sejak dulu hingga kini.

Mengerti dan menang

Untuk itu diperlukan analisis, perencanaan matang dengan taktis sekaligus bertindak praktis untuk menjadikan produk yang dihasilkan bisa mencuri hati konsumen melalui stragegi diversifikasi produk atau postioning ala blue ocean.

Dalam kedua buku ini, kita akan tahu, sekali saja merek tersebut mampu melakukan mind awareness bahkan menyentuh emosi dan fanatisme konsumen maka harga akan menjadi nomor kesekian.

Lihat saja berapa rupiah yang harus dikeluarkan seseorang untuk dapat menyeruput secangkir kopi di Starbucks padahal di sisi lain bisa saja bius kafein itu didapat jauh lebih murah di kedai kopi di pinggir jalan.

Begitu juga mobil-mobil macam Rolly Royces, Maybach dan Cadillac dalam kondisi apa pun dan bagaimana pun tidak akan dijual murah.

Begitulah fenomena yang disebut trading-up itu, sekali saja terjadi maka uang akan menempati nomor terakhir dibanding gengsi yang didapatkan dari benda yang dapat mereka miliki.

Kita tahu, diantara pentingnya fungsi sebuah produk terdapat nilai gengsi yang dicari-cari konsumen. Dan dalam hal gengsi yang sangat lekat adalah unsur emosional dan imajinasi.

Tentu tak mudah mencapai itu, perlu strategi dan prinsip yang keras—kepala—untuk terus memposisikan diri sebagai produk berkelas dan memberi nilai tambah bagi penggunanya.

Sebab untuk menjadi pemenang dalam kerasnya kompetisi dibutuhkan konsistensi pada posisi yang telah dipilih termasuk konsekuensi produsen tidak boleh sekali pun turun ke kelas yang lebih rendah meski dari segi kuantitas hal itu jauh menggiurkan.

Sekali hal itu dilakukan, citra dan emosi yang telah dibangun akan runtuh di mata konsumen yang telah dibangun untuk waktu yang tidak pendek.

Tentu saja, selain terus memeprtahankan diri pada pasar yang telah dipilih itu produsen juga harus terus memberi nilai tambah bagi produk yang dihasilkan, nilai tambah tidak akan dimiliki oleh pesaing.

Termasuk menjaga sifat ekslusif new luxury produk tersebut, artinya membatasi jumlah produk yang dikeluarkan. Jika hal ini terus dilakukan maka, margin tinggi dari sebuah produk akan terus didapatkan dari pasar fanatik itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: