it’s about all word’s

Pekatnya bahaya Globalisasi

Posted on: February 21, 2008

Judul : Demokratisasi Perekonomian Global
Gerakan Perlawanan Masyarakat Sipil Global
Menentang Bank Dunia dan IMF
Editor : Kevin Danaher
Penerbit : Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas, Maret 2006
Tebal : 332 halaman

Untuk bisa menikmati buku ini dengan nikmat ada baiknya terlebih dahulu membaca buku-buku karya John Perkins, Noam Avram Chomsky dan Joseph E. Stiglitz sebelum larut dalam anggapan bahwa AS berada di balik krisis multi dimensional pada negara-negara berkembang.

Lalu sempatkanlah merefleksikan perjalanan bangsa ini sejak berdiri hingga kini. Tak hanya diwajibkan membayar utang mantan penjajahnya tetapi juga diharuskan berhutang demi pembangunan negara.

Kedua langkah itu perlu dilakukan, tak lain agar Anda tidak merasa dijebak untuk mengikuti argumentasi emosional yang tak berdasar dan berlebihan kala memnyimak artikel-artikel dalam buku setebal 332 halaman ini.

Sebab menyimak buku ini tak ubahnya Anda sedang mendengarkan orator-orator kritis pada aksi-aksi demonstrasi menentang AS, analisa kritis para cerdik pandai dari kalangan ekonom, pakar globalisasi juga gerakan massa di berbagai negara menentang WTO, IMF dan World Bank.

Buku yang dialihbahasakan oleh Kwin Hermiyanto, Fitri dan Hani ini seperti buku-buku anti globalisasi mendaraskan ambisi AS untuk menjadi penguasa global dengan akibat menurunkan tingkat hidup rakyat di negara berkembang.

Sebab sudah menjadi kenyataan janji-janji yang ditawarkan dalam bantuan AS, seperti untuk kesejahteraan hidup seluruh rakyat justru akhirnya mematikan kedaulatan negara tersebut.

Utang mengalir dalam jumlah besar melalui Bank Dunia, USAID, dan organisasi bantuan luar negeri lainnya yang jika diperhitungan akal sehat tidak akan mampu dibayar oleh satu generasi saja.

Hasilnya mau tak mau negara penerima utang akhirnya terjerat utang dan mau tidak mau harus manut pada kehendak AS. Busung lapar, kurang gizi hingga tergadaikannya sumber daya alam milik bangsa akhirnya tak terelakkan.

Terasa berjarak

Buku yang dibagi menjadi tiga bab yaitu Seni dan Ilmu Menentang Para Elit Transnasional, Mengapa Bank Dunia dan IMF Bobrok dan Kemana Arah Gerakan Setelah Ini.

Setiap bab tersusun oleh tujuh hingga sebelas artikel dari penulis yang berbeda-beda namun menyampaikan bahaya besar terhadap globalisasi yang mengarah pada neo kolonialisme.

Hebatnya, dampak itu juga dirasakan oleh masyarakat di AS yang tergusur oleh kekuatan kapital sehingga memunculkan gerakan-gerakan radikal menentang terbukanya pasar secara bebas bagi para pemilik modal yang masih satu bangsa dengan mereka.

Perlahan namun pasti AS dan Eropa pun mulai merasakan kesulitan ekonomi akibat globalisasi yang diawali banjir produk China. Akibatnya resesi pun merambat naik, mata uang internasional perlahan melemah, kesulitan likuiditas, dan ujung-ujungnya perusahaan raksasa harus melakukan perampingan.

Hanya saja buku ini terasa sangat berjarak dengan bangsa ini, kedua editor buku terjemahan ini, AB Widyanta dan Y Indarto tidak memasukkan beberapa artikel penting karya penulis dalam negeri yang bisa menjadi penunjang bagi buku ini.

Kejadian aktual tentang keberhasilan Nigeria menghapus utang hingga US$18 miliar bandingkan dengan Indonesia yang hanya kebagian haircut sebesar US$2,97 miliar.

Hingga kesibukan AS dan Eropa melancarkan tuduhan dumping terhadap negara-negara pengekspor komoditi ekpor ke negara mereka. Sebut saja tuduhan dumping anti jagung pada Thailand dan produk sepatu pada China dan Vietnam.

Padahal jika hal itu dilakukan niscaya buku ini akan mampu berbicara banyak tentang hal aktual dan menjadi cambuk bagi pemimpin Indonesia yang menjadi salah satu negara yang tidak akan mampu membayar hutang-hutang berjumlah besar itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: