it’s about all word’s

Petunjuk menjadi orang sukses

Posted on: February 21, 2008

Judul : 8 Etos Kerja Profesional
Navigator Anda Menuju Sukses
Penulis : Jansen Sinamo
Penerbit : Institut Darma Mahardika, Oktober 2005
Tebal : 288 halaman

Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga tahun 2001 mendefinisikan kata etos sebagai pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial. Jika disambungkan dengan kata kerja atau etos kerja maka berarti semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok.

Dari Kamus Webster dan New Oxford, kata etos mencakup hal yang lebih luas dan komplek seperti motivasi yang menggerakkan, karakteristik utama, spirit dasar, pikiran dasar, kode etik, kode moral, kode perilaku, sikap, aspirasi, keyakinan, prinsip, dan standar.

Tanpa adanya etos maka tidak ada pegangan atau penuntun hidup yang membuat seseorang atau sekelompok untuk bekerja. Contoh etos kerja keras yang dianut bangsa Jepang, Korea, dan Cina yang miskin sumber daya alam tapi berhasil menjadi bangsa maju berkat adanya penuntun hidup tersebut.

Hal sebaliknya justru terjadi pada bangsa Indonesia yang sampai saat ini belum juga menemukan etos bangsanya. Maklum, di satu sisi Indonesia masih hidup dalam budaya feodal, agraris yang meyakini klenik di sisi lain kapitalisme berjalan cepat.

Hasilnya selama 60 tahun menjadi bangsa merdeka, bangsa Indonesia justru menjadi bangsa feodal yang tebal paham konsumerismenya sekaligus gamang dengan nilai kapitalisme yang menuntut kerja keras dan kreatif.

Salah satu orang yang getol membahas masalah etos adalah Jansen Sinamo yang dikenal sebagai konseptor, kreator, dan developer pelatihan etos kerja pertama di dunia yang dijuluki sebagai Mr Ethos, Guru Etos Indonesia, bahkan Bapak Etos Indonesia.

Pendiri dan pemimpin Institut Darma Mahardika ini, di dunia pengembangan kualitas SDM, dikenal seorang suhu, guru besar, grand master training yang berkompetensi memberikan lisensi dan sertifikasi bagi lembaga dan orang lain untuk menyelenggarakan program-program pengembangan SDM berbasis etos kerja.

Keyakinannya itu kemudian diwujudkannya dalam buku setebal 288 halaman yang secara langsung diakui Jansen dalam peluncuran buku ini merupakan hasil telaahnya terhadap studi sosiologi sejak zaman Max Weber di awal abad ke-20 dan penelitian manajemen dua dekade terakhir ini.

Didapatkan keyakinan bahwa etos kerja merupakan fondasi dari sukses yang sejati. Selain itu terbukti keberhasilan di berbagai wilayah kehidupan ternyata ditentukan oleh perilaku manusia, terutama perilaku kerja.

Jansen berpendapat secara operasional etos kerja merupakan pangkal atau dasar keberhasilan. Baik keberhasilan di tingkat personal, organisasional maupun sosial.

Barangkali agar buku ini mudah dimengerti sebaiknya Anda mengawalinya dengan terlebih dahulu membaca buku karya Jansen yang terdahulu Ethos21: Delapan Etos Kerja Profesional.

Setidaknya Anda akan mengerti nilai-nilai dari Delapan Etos Kerja Profesional a.l Kerja adalah Rahmat; Kerja adalah Amanah; Kerja adalah Panggilan; Kerja adalah Aktualisasi; Kerja adalah Ibadah; Kerja adalah Seni; Kerja adalah Kehormatan; Kerja adalah Pelayanan.

Namun dalam buku terbaru ini Jansen menjabarkan kedelapan etos tersebut lebih terperinci dan detail lengkap dengan strategi, solusi dan fundasi sukses yang mengambil dimensi moral, spiritual, psikologikal, fisikal, finansial dan sosial.

Juga dilengkapi dengan empat lampiran yang bisa menjadi sumber inspirasi a.l Renungan Tentang Sukses, Delapan Roh Keberhasilan, Sang Manusia Kerja dan The Unfied Theory of Success.

Dari segi bahasa dan runtutan logika, buku terbaru ini memang jauh lebih baik dibadning buku Ethos21. Tentu saja ini makin memudahkan Anda untuk mengerti nilai-nilai yang ditawarkan Jansen. Selamat membaca dan temukan etos kerja Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: