it’s about all word’s

Ruth Hanna Simatupang

Posted on: February 21, 2008

Indonesia butuh banyak investigator

Sejak dibentuk tujuh tahun silam, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) jadi bintang tiap kali terjadi peristiwa kecelakaan di sektor transportasi, terutama kecelakaan pesawat terbang.

Hasil investigasi KNKT yang hanya berupa rekomendasi, membuat suara komisi ini dianggap hanya seperti sekadar pelengkap laporan tiap kali ada kecelakaan. Padahal kerja komisi ini tak sesederhana yang dibayangkan.

“Sulit memang, pertama kita harus tahu betul moda transportasi. Apa faktor-faktor yang memengaruhi terutama faktor manusia (human factor) yang selalu masuk dalam semua kasus kecelakaan transportasi,” ujar investigator KNKT, Ruth Hanna Simatupang.

Jebolan Magister Hukum UI itu bergabung dengan KNKT sejak tahun 2000 dan Ruth adalah satu dari dua perempuan investigator di komisi itu.

Menurut dia, dalam tiap kecelakaan, manusia adalah faktor terpenting sebab memiliki tanggung jawab menyikapi sistem dan prosedur yang ada termasuk pengetahuan tentang alat-alat keamanan yang tersedia.

Meski begitu, saat ini investigator kecelakaan tidak boleh lagi menyebut human factor sebagai faktor tunggal namun harus disebut sebagai manajerial factor.

“Sebab human factor sendiri tergantung pada sistim yang ada, teknologi, kebijakan dari pemerintah dan operator. Kebetulan dia jadi ujung tombak. Seperti pilot, nahkoda, supir, masinis,” tutur Ruth.

Menurut dia, dalam banyak kasus polisi justru sering mendahului menangani. “Memang boleh. Tapi kalau kemudian tidak ditemukan tendensi kriminal seperti yang diduga ya keluar dong. Jangan dicawe-cawe terus,” ujar dia.

Jebolan Magister Hukum UI itu mencontohkan penahanan pilot Adam Air–terkait nyasar nya pesawat maskapai swasta itu beberapa lalu–dengan alasan membuat masyarakat resah. Padahal justru tindakan polisi yang membuat masyarakat resah.

Puteri pasangan Maurits Simatupang dan Saur Tua Mina Simandjuntak itu memang termasuk galak dan tegas dalam tanggung jawabnya. Dia sendiri tertarik pada bidang ini karena banyaknya tantangan.

“Orang awam menganggap suatu hal yang kecil itu biasa, tapi kita anggap itu bukan hal biasa. Selalu ada pertanyaan kenapa faktor kecil itu bisa ada.Dan itu harus dicari sampai detail. Kerja investigator mirip detektif,” lanjut dia.

Pendidikan ilmu hukum Ruth, meski diakui tidak nyambung justru membantu dia untuk mengorek banyak hal dan mencari apa yang ada dibalik jawaban yang dilontarkan si pelaku atau narasumber.

Sifat alami perempuan juga sangat membantu dalam bidang ini. Alasannya perempuan punya tingkat ketelitian, ketelatenan dan lebih jago dalam hal mencecar narasumber dibanding pria.

“Dan karena kebanyakan pelaku kasus kan pria. Kalau kita sentuh hatinya itu akan langsung ke luar itu cerita,” tutur Ruth.

Sayang perempuan yang tertarik untuk menggeluti bidang ini termasuk sedikit. Apalagi perempuan di Indonesia selalu memiliki perspektif nomor satu keluarga dulu.

“Saya tetap menomor satukan keluarga, tapi sejak awal suami sudah mengerti kalau dari dulu saya sering jalan-jalan. Tapi saya lihat beberapa mahasiswi saya mulai tertarik dengan bidang ini.” tutur istri I. Heru Dripatmanto.

Pengertian keluarga memang menjadi hal yang mutlak diperlukan para srikandi di bidang ini. Bayangkan betapa luas negara ini dan jumlah kecelakaan yang terjadi di penjuru tanah air.

“Biasanya mereka protes kalau saya sudah terlalu sering meinggalkan rumah. Sebulan ini saya sudah meninggalkan keluarga hampir dua minggu. Tapi mereka tidak secara tegas melarang,” tutur ibu dari Christiona Maudi Amadria dan Scarlattino Y.T. Herpranoto.

1 Response to "Ruth Hanna Simatupang"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: