it’s about all word’s

Subowo DT

Posted on: February 21, 2008

Kamu adalah apa yang kamu baca

Dalam pola kehidupan modern, menerima informasi merupakan kegiatan yang sangat penting terutama bagi masyarakat bisnis yang dituntut cepat mengatisipasi perubahan yang sedang terjadi.

Untuk itu pebisnis perlu lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca buku-buku, koran, majalah atau mendengarkan ulasan-ulasan di bidang bisnis, bertukar-pikiran dengan para praktisi bisnis di dalam perusahaan, maupun di luar perusahaan.

Dan akan lebih baik lagi jika secara proaktif memberikan saran-saran kepada manajemen puncak di perusahaan tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendukung keberhasilan bisnis perusahaan.

Tentu saja untuk mendukung hal itu diperlukan jenis-jenis bacaan yang memang bermanfaat untuk itu. Tidak bisa sembarangan asal membaca bahkan bagi pemain bisnis jempolan sangat disarankan untuk membaca buku-buku terbaru.

“Kamu ada yang kamu baca. Kalau kita bacanya komik Tom and Jerry yang kita akan jadi orang yang lucu. Kalau bacanya Lampu Merah ya kita jadinya orang yang suka cemas,” ujar Subowo DT Managing Director Combiphar usai Media Launcheon memperingati 30 tahun OBH Combi di Hotel Four Season, beberapa waktu lalu.

Jebolan Universitas Tarumanagara itu sejak masih muda memang sudah gila baca buku bahkan sampai membuat perpustakaan pribadi di rumah untuk menampung koleksi buku-bukunya.

“Ukuran perpustakaan di rumah sekitar 3×3 meter. Selain lewat buku, hobi baca saya makin terbantu berkat adanya internet. Kalau ada referensi yang susah dicari tinggal surfing di internet,” lanjutnya.

Tak heran Subowo juga berusaha untuk menularkan hobi baca itu pada keluarganya termasuk pada istri dan anak-anaknya. Bahkan untuk itu dia tidak segan-segan memaksa anak-anaknya agar suka membaca.

Hasil paksaan itu membuahkan hasil, kedua anak Subowo yang kini sudah sekolah di bangku SMU dan kuliah di Australia juga sangat gemar membaca.

Hanya saja, lanjut Executive Director of Indonesian Manager Club, harus diakui kesibukan para eksekutif membuat waktu membacanya menjadi sedikit berkurang.

Buku-buku Marketing

Pria penyuka buku-buku bisnis, sales marketing, motivasi, dan strategi bisnis ini sangat suka dengan penulis W. Chan Kim yang menulis Blue Ocean Strategy; How To Create Uncontested Market Space and Make The Competition Irrelevant.

“Topik tentang diferensiasi bidang usaha sebetulnya sudah lama tapi dia [W. Chan Kim] bisa membawakannya dengan sangat menarik,” ujar Subowo yang mengaku menyesal tidak hadir saat Kim datang ke Indonesia karena ada di luar kota.

Buku karya profesor Harvard Business School itu mampu menjelaskan bagaimana mengenali kemampuan diri sendiri dan seteru bisnis untuk mempersiapkan strategi jitu tersebut.

Buku ini tidak dibawakan dengan gaya know how ala pedagang jalanan Robert T. Kiyosaki yang mudah dicerna oleh pembaca awam sekalipun.

Sementara itu untuk penulis dalam negeri, pria yang suka jalan kaki tiap akhir pekan di Monas bersama istri itu menggemari buku-buku karya Hermawan Kartawijaya dan Rhenald Kasali.

Menurut dia buku Hermawan seperti On Marketing, termasuk ringan sebab sejak awal penulis ini sudah cukup lama berbicara tentang marketing melalui kolom-kolom menggelitiknya di surat kabar.

Hasilnya buku Hermawan ammpu menampilkan sekumpulan business wisdom yang tajam dan presisi, yang mengalir lewat kolom-kolom yang segar, ringan, dan tidak rumit. Buku ini adalah kumpulan kolom terbaik Hermawan “an ultimate work”.

Sedangkan penulis buku berjudul Change!, Rhenald Kasali ini mengajak para pebisnis untuk cepat menyikapi perubahan dunia yang sangat cepat. Dia mengingatkan kita pada teori Charles Handy, yang secara tepat memperlihatkan pasang surutnya kehidupan.

Lengkap dengan para tokoh perubahan di Indonesia a.l Robby Djohan, Abdul Gani, Irwan Hidayat, Sjamsir Kadir

Gaya bahasa yang simpel, penyajian yang sistematis serta berbagai diagram dan gambar yang membantu visualisasi, membuat pembaca berkeinginan untuk terus membaca sampai akhir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: