it’s about all word’s

Andi Buchari Fathoeddin

Posted on: February 22, 2008

Suka segala jenis buku

Bagi sebagian orang, membaca mungkin kegiatan yang menyita waktu. Tapi tidak bagi Direktur Bank Muamalat Indonesia, Andi Buchari Fathoeddin. Lelaki keturunan Sulawesi-Bali ini mengaku suka ‘melahap’ segala jenis buku.

“Buku apapun saya baca, syaratnya isi buku itu harus menarik,” ujarnya singkat di sela-sela press briefing Persiapan Right Issue II dan RUPS Bank Muamalat Indonesia, belum lama ini.

Untuk memenuhi hobinya itu, dia mengaku rela mengeluarkan uang hingga satu juta rupiah setiap bulan untuk belanja buku. Kegiatan belanja itu umumnya dilakukan oleh Andi di setiap akhir pekan atau hari libur.

Tidak hanya buku-buku perbankan atau manajemen kontemporer yang dia lahap. Lebih dari itu, topik bacaan Andi bermacam-macam, mulai dari buku yang bertutur tentang motivasi, sumber daya manusia hingga buku agama.

Menurut Andi, buku-buku tersebut sangat mendukung pekerjaannya, sedangkan buku bertema agama adalah topik yang harus diperbaharui atau terus diperkaya khasanah topiknya setiap ada kesempatan.

“Karena buku-buku itu memiliki nilai-nilai yang berguna untuk membentengi diri. Prinsipnya dalam membaca kita tidak hanya membaca. Tetapi juga menyerap isi bacaan,” lanjutnya serius.

Bapak dua anak ini mengakui sejak dulu dia menyukai buku-buku agama Islam karya Quraish Shihab. Bagi dia, buku-buku Quraish Shihab tersebut sangat bagus, tetapi belakangan Andi mengaku sedang disibukkan topik lain.

Sekarang, lanjutnya, saya sedang banyak membaca buku-buku tentang ekonomi syari’ah, terutama mengenai konsep keuangan syariah. Maklum, perbankan syariah adalah hal baru di Indonesia.

Diikuti sang putri

Rupa-rupanya hobi gila membaca itu tidak hanya dimiliki oleh kolektor ratusan buku ini. Andi mengaku putri tertuanya, Andi Annisa Zhafira, yang kini berusia tujuh tahun memiliki hobi yang sama.

“Bahkan kadang bagi saya hobi [Annisa] over. Soalnya putri saya itu sudah langsung pegang buku dari bangun tidur sampai tidur lagi. Alias tidak lepas dari buku,” paparnya dengan mata berbinar.

Tentu saja hobi sang anak itu dia dukung penuh, alasannya hobi membaca adalah hal yang sangat baik bagi perkembangan seusia putrinya. Tidak mengherankan jika tiap kali Andi belanja buku, sang putri selalu dia ajak.

“Soalnya saya khawatir jika melihat berkurangnya minat baca anak-anak sekarang. Waktu mereka sangat tersita oleh tayangan ysng tidak berguna di televisi,” ujarnya dengan mimik serius.

Oleh sebab itu, dia mendidik anaknya agar cinta buku dan membatasi mereka menonton televisi. Pasalnya tayangan televisi kadang mengandung muatan yang tidak sesuai untuk usia anak.

Menurut alumnus Institut Pertanian Bogor itu, hobi membaca tidak hanya menurun ke sang anak. Dia juga berusaha menularkannya di lingkungan kerja.

Bisnis Indonesia Edisi: 01/05/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: