it’s about all word’s

Andy Pramoedya

Posted on: February 22, 2008

Tukang modif mesin cetak eks Jepang

Salah satu transaksi penting tiap kali musim ujian sekolah dari berbagai tingkat di Tanah Air tiba adalah ‘perdagangan bocoran’. Demi nilai terbaik, selembar bocoran soal yang dipungut dari tempat sampah percetakan bisa berharga luar biasa.

Alasan klasik dari bocornya soal pun tak pernah beranjak dari persoalan mendasar yaitu tidak adanya mesin cetak offset seukuran kertas folio dengan harga terjangkau yang bisa dimiliki oleh masing-masing sekolah.

Akibatnya pihak Depdiknas harus menyerahkan pencetakan soal ujian kepada pihak percetakan swasta yang sulit untuk diawasi.

Beruntung Indonesia memiliki Andy Pramoedya yang menciptakan mesin cetak offset asli Indonesia yang sederhana dan murah tapi berkinerja lebih tinggi dari produk impor.

“Asalnya modifikasi mesin Jepang. Tapi teknologi mesin cetak saya lebih canggih dan harganya ndak bisa disaingi [produk] bekas Jepang atau mesin baru buatan China,” ujar Andy yang hari itu didampingi istrinya, Maria Magdalena, kepada Bisnis.

Mesin offset Andy yang bermerek Smart 820 dan plat cetak-yang merupakan penyempurnaan teknologi mesin cetak Jepang, Toko 820-hanya dijual Rp20 juta.

Meski dihargai lebih murah, Andy menyusupkan inovasi seperti sensor cahaya dengan serat optik sampai sikat bulu untuk mencegah kemacetan kertas yang biasa terjadi pada sistem mekanis, terutama saat mencetak kertas rangkap yang sangat tipis.

Selain itu, Smart 820 memiliki kecepatan mencetak yang sangat tinggi. Per 10 menit bisa mencetak satu rim (500 lembar), lebih tinggi dibandingkan dengan mesin sejenis. Dengan kinerja itu, mesinnya hanya butuh konsumsi listrik sekitar 250 Watt.

Untuk menyempurnakan teknologi bekas Jepang itu, Andy butuh waktu sekitar dua setengah tahun untuk membedah tiga mesin cetak Toko 820 dan berhasil membuat 11 prototipe mesin Smart 820.

“Buat mbikin [Smart 820] sampai jadi dan dilempar ke pasar menghabiskan satu rumah. Pengembangannya pun otak-atik, coba-coba dan mendengar saran dari kawan-kawan,” tutur dia.

Andy sempat pula meminta bantuan dari Universitas Brawijaya. Sayang orang-orang pintar di sana terlalu angkuh menyapa inovasi. Akhirnya Andy lebih banyak berusaha sendiri.

Awal Januari 2005 Andy berhasil membuat mesin cetak offset yang layak dilempar ke pasaran. Karena murah dan andal, hanya butuh dua bulan sejak produksi perdananya untuk menjual enam mesin itu.

Dua unit dijual ke Jakarta. Sisanya ke Denpasar, Probolinggo, Bandung, dan Toli-toli, Sulawesi Tengah. Lewat promosi mulut ke mulut, mesin Andy juga ‘terbang’ ke Lombok, Sumatra Utara dan Kalimantan.

“Tapi saya ndak akan bikin paten buat mesin saya. Saya malah pingin banyak yang bisa mbikin alat ini dan digunakan oleh banyak orang, khususnya pengusaha kecil di gang-gang kecil,” ujarnya.

Andy mengaku tak berharap menjadi kaya lewat mesin tersebut. Menurut dia, masa-masa memburu rezeki hingga berkelimpahan sudah pernah dicapainya. Kini saatnya untuk memberi sesuatu bagi sesama.

“Cuma, saya butuh bantuan dari pihak yang mau mbantu permodalan pembuatan mesin ini untuk membantu sesama. Kalau saya sendirian, wah sudah ndak kuat. Kalau soal gini [modal] saya ndak ngerti,” tuturnya dengan dialek Surabaya.

Sampai sekarang pria berumur 62 tahun dengan tubuh digerogoti penyakit diabetes, hipertensi dan gangguan saraf tepi ini, masih setia turun langsung berpeluh bersama keempat karyawannya.

Dalam sebulan, bengkel Andy mampu memproduksi rata-rata hanya dua unit mesin. Kesulitan permodalan ini membuat dia tidak berani mengikat perjanjian dengan pemasok di Jakarta.

“Mesin Toko 820 sudah tidak ada lagi di pasaran karena ini memang teknologi bekas di Jepang. Tapi di Indonesia masih dibutuhkan oleh sekolah, kantor pemerintah dan swasta,” tutur ayah dari Rika Agrippina, Rita Faira dan Jeanne Christine itu.

Hobi ngotak-atik

Meski berhasil membuat teknologi mesin cetak andal, pendidikan Andy tak serumit dan semahal ilmuwan penghuni lembaga penelitian bergengsi.

Pria kelahiran Banyuwangi ini hanya jebolan sekolah Hwa In atau SMA Kolese Santo Yusuf di Klojen, Malang.

Ilmu permesinan langsung didapatnya dengan bergumul dengan oli dan kerasnya kikir dari Yuichi Ishijiwa, seorang petinggi di perwakilan Fuji Engineering Industrial di Jakarta.

Lewat Yuichi, Andy berkenalan dengan segala jenis mesin, seperti mesin penggilingan (milling), rajut (weaving), dan tenun (woven) di tahun 70-an.

Yuichi juga sering mengajak Andy menengok sejumlah pabrik di Indonesia, seperti pabrik kaolin di Bangka Belitung dan pabrik kalsium karbonat di Simalungun, Sumatra Utara. Dia bahkan diajak sampai ke Tokyo.

Tahun 1980, Andy lantas menjadi manajer pabrik oil seal PT Arsartamara. Pabrik di Tangerang itu merupakan kongsi Yuichi (Fuji Engineering Industrial), Hendrik Suhardiman (Bank Tamara) dan Ronny Mandagi (Bank Artha Pusara).

“Tapi saya terus pulang ke Surabaya [tahun 1983] untuk menekuni dunia percetakan. Lalu pada 1987, memulai impor mesin-mesin cetak bekas dan akhirnya gulung tikar gara-gara dolar melonjak luar biasa,” tutur dia.

Gara-gara dolar yang naik luar biasa itu, Andy bahkan nyaris terlilit utang sangat besar dengan salah seorang saudaranya di Hong Kong.

“Untung juga, waktu krisis dan harus gulung tikar, anak yang masih ikut tinggal satu, yang lainnya sudah nikah,” kenang Andy.

Pascakrisis, Andy justru sangat tertantang untuk meng-otak-atik berbagai mesin yang dulu diimpornya dari Malaysia, Singapura, Hong Kong, Jepang itu.

Kini mesin temuannya secara tak langsung sudah diakui pasar. Andy sudah menyiapkan mesin cetak nomor (numbering machine) ACTS 412 yang biasa digunakan untuk mencetak karcis, tiket dan nota.

Selain itu, dalam waktu dekat dia sedang mempersiapkan mesin cetak web (berwarna) seukuran folio yang semakin dibutuhkan untuk pembuatan brosur. Hanya lagi-lagi Andy terkendala modal. Adakah yang bisa membantu?

Bisnis Indonesia Edisi: 17/11/2006

40 Responses to "Andy Pramoedya"

alamatnnya di mana?
saya butuh mesin offset dan nomerator
tolong hubungi saya. telp.(0231)8330162

Alamat Pak Andy

UD Sumber Mas
Jl. Durian II E-469
Pondok Candra Indah Surabaya 61256
Tel. 62 31 70373378
Fax 62 31 8675020
HP 6281 653 7745 atau 62888 3039 850
amd@the-dharmawangsa.com

Pak Andy,
Bisa tawarkan ke kami mesin nomerator.
Kami memiliki Toko 820, untuk dimodifikasi jadi Smart 820 bisa? Kelebihan Smart 820 dengan Toko 820 apa?
Teima kasih.

Bintoro

saya jeanne christine
putri dari bpk andy yg ada dalam artikel diatas
jika anda berminat
anda boleh langsung menghubungi ayah saya
dengan :
bpk andy pramoedya
telp 031 7037 3378
hp (via sms)081 653 7745
email : pramoedya06@yahoo.com
trima kasih
Tuhan memberkati

Buat pak Andy

Untuk harga mesin cetak offcetnya sampai sekarang masih berapa pak.

bagaimana dengan suku cadang bila ada kerusakan,

yth mas agus silahkan kontak nomor bapak Andy

Mohon konfirmasi katalog produk dan harga. trimakasih

terima kasih atas informasinya….

pak andi tolong berikan informasi lengkap harga mesin offset toko
berikut mesin rekamnya
terimakasih
toko anugrah lestari
alamat: cinagen – jampangkulon 43178 sukabumi-jawabarat
telp. 0266 490705 email:anugrahlestari@gmail.co.id atau
odegtea@yahoo.co.id

mohon konfirmasi katalog produk dan harga saya sedang butuh mesin offset yang terjangkau, alamat Bapak dimana, Nomor yng bisa dihubungi, HP 081548836781 Banjarnegara Jawa Tengah. Terima Kasih

pak, bisa kirim kami gambar dan spesifikasi teknisnya…..dan berapa harga untuk sekarang
karena kami untuk dipakai di pusat pendidikan dan pelatihan permukiman departemen pekerjaan
umum bandung.

terima kasih

Saya memiliki mesin offset toko ex china, sya beli bulan desember 2007 di solo, sebenarnya saya mau saya menjual mesin tersebut, karena karyawan kami sulit mengoperasikannya. Apa mungkin masih bisa dimodifikasi oleh Pak andy sehingga pengoperasian mesin tersebut bisa mudah?

Terimakasih.

dari Abduh 081542761300

bapak-bapak sekalian silahkan hubungi ibu jeanne atau hubungi langsung pak andy…

Pak Andy, saya adalah seorang pemula di bidang percetakan. Saya berdomisili di Palembang. Dan saya sangat tertarik dengan penemuan Bapak yang tergolong cukup kreatif dan harga yang terjangkau. Karena pemula, saya selalu terbentur dengan masalah keuangan. Mohon katalog produk dan harga mesin sekarang. Dan kalau ada kerusakan apakah sparepart nya secara umum sama dengan mesin toko eks Jepang? Sebelumnya terima kasih banyak terlebih dulu. GBU

thanks untuk pak andy karena anda telah membuka peluang usaha di bidang percetakan,
tapi alangkah lebih baik bila katalog produk ada di website ini, saya membutuhkan katalog produk nya.

perubahan alamat email bpk andy pramoedya
dapat mengirim mail ke
mademoiselle_jeanne@yahoo.com
thx

Bpk Andy Pramoedya / Jeanne Christine Yth,
Apakah sudah ada agen di Jakarta? Tolong di email ke saya ph untuk satu unit mesin Smart 820.
Thank’s and GBU all.

yth rekan-rekan
apabila anad membutuhkan info tentang smart 820 ataupun mesin nomerator yang dibuat oleh bpk andy
harap rekan-rekan menghubungi bpk andy di 0816537745
atau rekan-rekan dapat langsung mengirimkan email ke mademoiselle_jeanne@yahoo.com dengan mencantumkan keperluan atau informasi yang dibutuhkan serta data rekan-rekan sekalian
terima kasih

kepada bapak Joanes Subianto July 19, 2008 at 11:41 am,
kepada bapak Budi September 23, 2008 at 2:33 am,
kepada bapak yani kurniawan May 24, 2008 at 4:37 pm
kepada bapak Robby May 11, 2008 at 5:07 pm
kepada bapak agus May 4, 2008 at 8:54 am

apabila rekan-rekan membutuhkan informasi tentang katalog, suku cadang, harga-biaya, mesin smart 820, nomerator, atau informasi lain yang berkaitan dengan mesin bpk andy, harap mengirimkan sms ke 0816537745 atau email ke mademoiselle_jeanne@yahoo.com

terima kasih atas kerjasamanya.

Saya mau share tentang mesin Smart 820, mesin ini paling handal untuk kertas Doorslag dan kertas HVS. Dibandingkan mesin Toko 820, Mesin Smart 820 lebih unggul di performance (kualitas + kecepatan cetak) + harga yang lebih murah.

Sebelumnya saya mempunyai mesin Toko 820, dengan mesin ini saya merasa sangat terganggu dengan sering macet-nya kertas Doorslag. Setelah saya coba menggunakan mesin Smart 820 ternyata kendala diatas dapat diatasi dengan baik.

Thanks Pak Andy….

saya mau memulai usaha percetakan,laginyari mesin cetak murah tahun berapa aja takmasalah asal layak pakai dan harga terjangkau,minta info mesin u/polio merk ricoh /toko 810/820

dear p Agus.
Terima kasih buat share nya. Smakin sukses dengan usahanya. Tuhan memberkati.

Dear pak amir.
bpk silahkan langsung menghubungi ayah saya di nomor 0816537745. terima kasih pak.

Buat pak andi/jeanne Mohon informasi harga mesin smart 820 terima kasih

pak harga mesin nomeratornya berapa? dan apa ada fotonya kalau ada tlg kirimkan ke email saya. mitrasablon@yahoo.com

Pak Andy bila ingin membuat suatu yang inovatif jangan setengah -setengah, karena saya mencatat beberapa kekurangan dari mesin Smart 820, Anrata Lain :
1. Bahan dari silender yang kurang baik sehingga mudah rusak
2. penempatan dari selinder yang tidak simetris / center
3. Spare part yang lain juga banyak maslah nya sehingga akan timbul banyak kerusakan di banyak tempat

Ini merupakan masukan untuk pak andy nya
bila comment ini di hapus berarti blog ini hanya untuk menaikan popularitas Pak andy dan tidak menerima kenyataan serta tidak ada niat untuk terus mengembangkan penemuannya ini.
thanks

memang betul pak steven,,,mesinnya ga presisi,,,mending pakai yg ORI saja,,daya jual masih tinggi,,,bagaimana mau presisi lha wong tukangnya dibayar murah,,cumah janji saja mau di naikin gaji,,dengan yang namanya maria,,dua2nya pembohong,,,,,,,

Salut buat bpk Andy Pramoedya……
kami tunggu karya-karya terbaru anda.

Pak andy, saya mau beli mesin smart 820 tapi saya lihat komentarnya pak Steven mengenai kendala mesin tersebut apakah sudah diatasi permasalahnnya.

thanks.

pak eddy,,,batalkan saja,,,,

dear p ali :

mohon maaf baru di reply pak. karena saya tidak pernah membuka web ini. mohon langsung mengemail saya di mademoiselle_jeanne@yahoo.com atau sms ke hp ayah saya di 0816537745 tq. GBU!

dear p ronny :

segera akan kami kirimkan akhir minggu ini pak. tq. GBU

dear p steven :

terima kasih untuk masukan dr p steven. untuk hal2 tentang keluhan bapak tersebut, saya rasa anda juga sudah langsung konfirmasi dengan ayah saya.

sekedar info yang mungkin perlu anda ketahui, bahwa comment yang telah anda berikan disini tidak dapat dihapus oleh siapapun kecuali yang membuat blog ini. dan blog ini bukan buatan saya atau kakak2 saya apalagi ayah saya.

terima kasih. TUHAN berkati!

dear p kristiawan :

terima kasih pak! Tuhan berkati!

dear p eddy :

p eddy, untuk mesin tersebut, kami berusaha semampu kami dalam hal inovasi dan perbaikan kelemahannya. dari pelanggan2 kami yang lain juga tidak ada kendala yang mereka temui. bapak bisa langsung menghubungi ayah saya by sms di 0816537745 atau bisa email ke mademoiselle_jeanne@yahoo.com. terima kasih. GBU!

bu janne memang hanya sekali bertemu saya di hotelnya yang mewah di darmawangsa

salam untuk pak andy

oh mungkin bapak bertemu dengan kakak saya di tempat kerjanya.🙂

salam dan GBU!

Salut buat Pak Andy, mohon informasi produk dan harganya ke bayzhaqy@yahoo.com terima kasih

dear jean dan pak andi, pak dunia permesinan dan dunia digital di dunia semakin berkembang saya sebagai pengusaha sablon kecil pun berharap semoga pak andi dapat terus menciptakan penemuan nya yang emang bisa dibilang spektakuler, namun setelah 17 tahun saya menggeluti dunia sablon, alangkah lebih hebat kalau mesin offset bisa diciptakan mini sebesar printer canon ip 2770 agar lebih praktis penggunaan nya , kayak nya mungkin dapat laku keras dipasaran, sebab menggunakan printer comp. ga bisa mencetak dalam jumlah banyak dan kecepatan masih dibawah mesin offset, terima kasih, salam sejahtera dan tetep semangat berkarya, wassalam

pak andi yth,
mohon saya minta katalog dan price nya pak
tks

sip, sip, terus maju bisnisnya.

hahahahah,,,,pa andy tuh pandai ngibulllin orang,,,mulutnya pembohong besar,,,gentel lah kau barang sedikit,,,,

andy,,,andy kau telah berhasil menipu,,,,dengan kata2 kamu yang muluk2,,,,ga da gunanya pak andy, sebentar lg umurmu sampai, hukum karma buruk yg kau buat mengikutimu

Andy jangan kau pakai nama tuhan memberkati lagi lah,,,,,,
itu cuma agar kau terlihat suci

Memang pak Andy itu penipu, pembohong, saya sudah dikibulin dan istrinya si maria itu,,dan mesinnya jg jelek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: