it’s about all word’s

Cara efektif membangun negara

Posted on: February 22, 2008

Judul: Memperkuat Negara
Tata Pemerintahan dan Tata Dunia Abad 21
Penulis : Francis Fukuyama
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, November 2005
Tebal : 201 halaman

Masih ingat buku berjudul Megatrends 2000 karya John Naisbitt dan istrinya Patricia Aburdene? Pada era 1980-an buku ini ramai diperbincangkan. Daya tariknya tak lain karena gerbang milenium itu adalah misteri besar.

Dalam dunia politik, dua dekade berikutnya adalah saat yang makin mendebarkan dan mengejutkan sebab sarat peristiwa dunia a.l runtuhnya tembok Berlin hingga perestroika dan glasnost ala Gorbachev.

Boleh jadi menjelang abad ke-21, demokrasi dan ekonomi pasar bebas menjadi satu kata yang digandrungi. Sebut saja saat rezim otoriter Nikaragua dan Chile yang membuka diri dengan melangsungkan pemilihan umum.

Begitu juga dalam hal kapitalisme yang makin menjadi-jadi usai ambruknya komunisme. Maka menyeruaklah kata-kata yang terkait dengan arus ekonomi seperti ekonomi pasar bebas, modal, modernisasi, efisiensi hingga deregulasi.

Kuatnya daya tarik urusan duit ini, bahkan membuat komunisme China mulai menampakkan warna kapitalisme. Mulai dari iming-iming kemudahan investasi hingga dibukanya akses informasi.

Urusan duit bahkan pernah membuat macan-macan Asia sempat pingsan beberapa saat akibat badai krisis moneter pada 1998. Saat ini beberapa diantaranya seperti Korea, Jepang, Malaysia dan Thailand sudah kembali mengaum.

Satu-satunya yang masih tertatih-tatih adalah Indonesia yang masih dijerat persoalan politik dan ekonomi dalam negeri. Sejak Soeharto mundur, belum ada satupun presiden yang cukup kuat.

Hasilnya, memasuki abad ke-21, Indonesia justru tampil dengan wajah yang memalukan. Persoalan semakin rumit dengan timbulnya terorisme, separatis dalam negeri di tengah tuntutan reformasi di bidang HAM, lembaga kepolisian, pengadilan dan pelayanan publik.

Pembangunan negara

Sejalan dengan hal itu, ternyata beban berat melakukan reformasi di lembaga-lembaga publik tersebut, bagi seorang pengamat sekaliber Fukuyama, merupakan tuntutan yang memang wajib dipenuhi sebelum terjun dalam arus globalisasi abad ini.

Dalam buku setebal 201 halaman ini, pengajar ekonomi politik internasional di John Hopkins University, Baltimore, itu menawarkan konsep pembangunan negara.

Tentu saja tugas ini sangat berat dan kompleks. Di beberapa negara yang telanjur bobrok seperti Kongo, Afganistan, Sudan hingga Irak, proses ini bahkan harus dimulai dari awal.

Sebab diperlukan langkah-langkah a.l pembentukan lembaga sipil yang profesional, independen dan jujur, pendidikan, serta pusat-pusat pelayanan kesehatan yang unggul.

Kucuran dana dan pengiriman sumber daya manusia seperti yang terjadi selama ini memang jalan termudah, tapi seringkali tidak tepat sasaran atau hanya efektif untuk jangka pendek di dalam komunitas yang kecil.

Indonesia, seperti halnya negara berkembang lain yang membutuhkan pembangunan negara, sebetulnya lebih memerlukan metode yang efektif.

Sebab dengan mewujudkan hal-hal tersebut, maka sejatinya negara seperti Indonesia sedang menggerakkan ekonomi yaitu dengan memangkas intervensi ekonomi negara ke tingkat yang paling minimal.

Pengalaman negara-negara yang sudah sukses melakukan pembangunan, langkah-langkah berat tersebut terbukti menggembirakan a.l pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan hingga integrasi pasar yang kokoh.

Bagi pembaca karya Fukuyama sebelumnya a.l The End of History and the Last Man, Trust, The Soviet Union, The Great Disruption, dan Our Post Human Future, karya kali ini lebih mudah dipahami.

Pasalnya, buku yang dialihbahasakan oleh Freedom Institute ini dibawakan dengan gaya yang sederhana sekaligus menunjukkan besarnya minat dan pemahaman Fukuyama yang luas dan mendalam terhadap persoalan, topik dan berbagai disiplin ilmu.

*Bisnis Indonesia Edisi: 08/01/2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: