it’s about all word’s

George Benson lepas dahaga penggemar

Posted on: February 22, 2008

Kangen dengan vokalis sekaligus gitaris jazz kondang George Benson? Sabar, sebentar lagi kerinduan Anda akan terbayar. Dia akan datang menyapa penggemarnya awal pekan depan.

Benson bakal memainkan tembang-tembang terkenalnya macam Brezin atau Nothing’s Gonna Chance My Love for You.

Seperti halnya Lionel Ritchie, Benson membawa band pengiring sendiri dengan jumlah personel 14 orang. Total rombongan yang dibawanya pada tur konser tahun ini berjumlah 20 orang.

Menurut bos Buena Produktama Peter Basuki selaku promotor pertunjukan, seluruh persiapan konser berjalan lancar termasuk penjualan tiket pertunjukan yang hanya berjumlah 1.300-an itu.

Untuk menggaet Benson ke Jakarta, Buena harus merogoh kocek US$120.000 atau sekitar Rp1 miliar, jauh lebih murah dibandingkan saat promotor itu menghadirkan Lionel Ritchie yang menghabiskan US$300.000.

Peter merasa yakin pertunjukannya sukses kali ini. Pasalnya, penggemar Benson di Indonesia dua kali kecewa karena bintang pujaannya itu membatalkan pertunjukan pada 2002 dan 2004 dengan alasan keamanan Jakarta.

Terakhir kali Benson memuaskan penggemarnya pada 1999. Saat itu Peter menghadirkan dua pertunjukan kecil musisi kulit hitam itu di Hotel Mulia yang sangat sukses.

“Kami tahu penggemar Benson di Tanah Air sangat banyak yang menanti dia. Jadi tak aneh kalau pertunjukan yang dirancang dengan kapasitas kecil ini diburu orang,” ujarnya kepada Bisnis, kemarin.

Peter mengaku sempat khawatir legenda jazz itu bakal kembali membatalkan kehadirannya setelah melihat kondisi Jakarta yang sempat menghangat karena kedatangan Presiden AS George W Bush di Bogor pada 20 November.

Usai pertunjukan Benson, Peter berancang-ancang untuk menggelar pertunjukan besar pada Februari mendatang. “Soal musisinya, nanti dulu lah. Tidak enak kalau dibicarakan. Tapi pasti musisi terkenal.”

Ikon Ibanez

Benson lahir di Distrik Hill di Pittsburgh, Pennsylvania, AS dan mulai menjadi musisi sejak umur 21 tahun. Petikannya bahkan ikut menghiasi album Miles Davis.

Benson bersama pemain organ Jack McDuff merilis album pertamanya The New Boss Guitar pada 1964. Sejak awal karirnya, dia setia dengan gitar buatan Ibanez, yakni Ibanez GB10 Signature Model.

Kesetiaannya itu berlanjut pada Ibanez GB200 Signature Model. Tak heran Benson menjadi salah satu ikon gitar legendaris itu.

Sambutan masyarakat terhadap The New Boss sangat baik, sehingga hanya berselang setahun dia melepas dua album Benson Burner dan This is Jazz, Vol. 9, dilanjutkan album It’s Uptown bersama George Benson Quartet pada 1965.

Dalam kuartet itu terdapat nama Lonnie Smith di balik organ dan Ronnie Cuber yang memainkan baritone saxophone. Album ini menjadi ciri khas permainan Benson dalam hal nada swinging bebop.

Setahun kemudian dia kembali melepas dua album The George Benson Cookbook dan Benson Burner yang sukses, yang membuatnya kembali melepas dua album sekaligus pada 1967 yaitu Blue Benson dan Willow Weep For Me.

Selama pengerjaan album Willow Weep For Me, Miles Davis kembali mengajaknya bekerja sama untuk pembuatan album Miles in the Sky.

Kesuksesannya tersebut semakin mendorong Benson untuk melahirkan album-album anyar sekaligus a.l Giblet Gravy, Shape of Things to Come dan Goodies yang membuatnya dilirik Beatles untuk berkolaborasi pada album Abbey Road.

Tak heran jika bersamaan dengan peluncuran album Abbey Road tersebut Benson juga merilis album The Other Side of Abbey Road setelah beberapa bulan sebelumnya melepas Tell It Like It Is.

Meski terkenal sebagai musisi jazz, dia juga menghasilkan tembang R and B yang romantis macam Give Me The Night, Lady Love Me (One More Time), Turn Your Love Around, In Your Eyes dan This Masquerade.

Dia pun termasuk artis sepanjang masa, hingga tahun lalu Benson masih melepas dua album yaitu Jazz After Hours with George Benson dan Best of George Benson yang merupakan album live-nya.

Bisnis Indonesia Edisi: 02/12/2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: