it’s about all word’s

Harapan Burhanuddin mengenai Indonesia esok

Posted on: February 22, 2008

Judul: Menanti Kemakmuran Negeri
Kumpulan Esai Tentang Pembangunan
Sosial Ekonomi Indonesia
Penulis: Burhanuddin Abdullah
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Juli 2006
Tebal: 372 halaman

Selain orang nomor satu di Bank Indonesia, Burhanuddin Abdullah juga seorang intelektual. Namun, pemikirannya tentang masa depan dan persoalan negeri ini mampu diungkapkan dalam bahasa sederhana.

Saya cukup kaget saat menerima undangan peluncuran buku Menanti Kemakmuran Negeri karya Gubernur BI Burhanuddin Abdullah sebab buku ini hanya terpaut sekitar dua bulan dari peluncuran buku pertamanya, Jalan Menuju Stabilitas.

Maklum Alan Greenspan, Gubernur Federal Reserve (The Fed) selama masa jabatannya dalam empat periode kepresidenan AS yakni Ronald Reagan, George Bush, Bill Clinton, dan George W Bush belum pernah meluncurkan buku.

Tapi kekagetan ini lantas menemukan muaranya karena buku kedua Burhanuddin ini tak berbeda jauh dengan buku pertama yaitu lahir dari kumpulan tulisan. Kalau buku pertama adalah kumpulan pidato, maka buku keduanya kumpulan esai.

Jika buku pertama diragukan banyak pihak sebagai hasil karya sejati Burhanuddin-karena pada umumnya pembuat pidato bukan sang pejabatnya-maka buku kedua bisa jadi mendapat cibiran sekadar kliping tulisan Burhanuddin selama 20 tahun.

Tapi sejak awal hal ini sudah diakui oleh editor buku ini, Tika Noorjaya yang menyatakan jika tulisan-tulisan ini dibukukan maka perlu diberi interpretasi berdasarkan kekinian. Bukan sekadar membundel atau membukukan.

Tak heran praduga akan orisinalitas terhadap Burhanuddin selaku penulis buku kumpulan esai ini harus dihapus dari alam bawah pikiran kita yang membacanya.

Sebab sejak dulu Gubernur BI sejak 2003 ini adalah pengemar buku. Mulai dari buku santai How to Win Friends and Influence People karya Dale Carnigie, Quick Fix karya Stephen R. Covey hingga Twilight-nya Elie Weisel.

Setidaknya pada kedua buku tersebut bisa didapatkan jejak khazanah bacaan Burhanuddin lewat kemampuannya merangkai kata-kata yang sistematis dengan gaya bercerita ala novelis saat menyederhanakan persoalan ruwet menjadi lebih mudah dimengerti.

Sederhana

Hasilnya pada buku Menanti Kemakmuran Negeri ini saya betul-betul bisa mendapatkan sosok pria kelahiran Garut yang membumi. Persoalan-persoalan yang diungkapkannya adalah hal-hal yang sederhana.

Coba simak, penyebutan hal-hal sederhana saat mengajak pembaca membicarakan era lepas landas yang jadi terminologi wajib setiap membicarakan segala sesuatu.

“… .Bagi yang berurusan dengan mesin mungkin disediakan artikel tentang desain mesin pemipil jagung untuk tinggal landas. Pokoknya, semua urusan dikaitkan ke situ. Benar atau tidak urusan belakangan…” (Hal 12. Lepas Landas: Mencari Naga Kelima)

Yang unik lagi karena untuk tulisan yang cerdas dan bernas macam begini, Burhanuddin harus menggunakan nama samaran Han Tumanusa. Apakah ide di dalamnya menjadi ancaman bagi BI?

Beberapa judul tulisan yang digunakan pun dijamin bikin sudut bibir kita tertarik ke atas. Simak saja macam ‘Aji Belut Putih dan Aliran Fundamentalisme Ekonomi’, ‘Mencari Juru Bahasa Penderitaan di Negeri Bermusim Dua’.

Patut mendapat catatan adalah kentalnya keberpihakan Burhanuddin pada geliat ekonomi kerakyatan. Barangkali ini adalah hasil ilmu yang didapatnya di Fakultas Pertanian, Universitas Padjajaran, Bandung.

Jika Anda cermati esai-esai Burhanuddin masih sangat relevan dengan kondisi saat ini. Antara Marxis yang kembali bangkit di Amerika Selatan, kemiskinan petani, lepas landas (globalisasi), hingga IMF.

Patut mendapat pujian adalah kerja keras editor buku setebal 372 halaman, Tika Noorjaya yang secara cermat mengemas kumpulan tulisan ini dalam urutan tema, kejadian yang bercerita sehingga pembaca bisa mendapati sebuah buku yang bertutur dan mengalir.

Bisnis Indonesia Edisi: 23/07/2006

2 Responses to "Harapan Burhanuddin mengenai Indonesia esok"

Mohon ijin kutip dan link back dari http://www.bookoopedia.com

bungkusssssssssss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: