it’s about all word’s

Indra Abidin: Willys Forever

Posted on: February 22, 2008

Nostalgia jip Willys

Seiring kemajuan teknologi otomotif kendaraan, mesin mobil masa kini makin kompak dan minim campur tangan manusia. Bahkan untuk beberapa mobil mahal, sentuhan tangan manusia justru ‘diharamkan’.

Jangankan mengutak-atik, salah membuka baut atau keliru mencabut kabel saja bisa menyebabkan immobilizer yang tersambung ke otak komputer di dalam mesin bisa ngadat dan membuat seluruh peralatan elektronik mobil mati total.

“Mobil sekarang kan sudah serba komputer. Coba saja lihat isi kap mesin. Sudah tidak ada lagi yang bisa diutak-atik. Apalagi? Paling-paling ban,” tutur Presiden Direktur dan CEO PT Fortune Indonesia, Indra Abidin, pemilik BMW Seri 5, sambil terkekeh.

Maklum, di masa mudanya, jagoan silat ini punya pengalaman segudang untuk urusan mobil. Tidak hanya menjadi sopir taksi jalur Jakarta- Bandung, tetapi juga pemilik dan tukang mengutak-atik mobil tangguh jip Willys dan legenda city car tahun 1950-an, Morris.

Menurut dia, jip Willys merupakan mobilnya yang paling berkesan. Willys yang disebutnya sebagai sarang nyamuk itu sering dikendarainya sewaktu kuliah di ITB, demonstrasi bersama KAMI, dan mencari rezeki untuk anak istri.

Bersama Morris, keduanya disebut Indra sebagai mobil uji coba. “Kendaraan ini diutak-atik terus. Sebab sejak dulu saya memang suka mengoprek mesin. Sayang juga kalau ingat jip itu akhirnya jadi besi tua dan saya serahkan kepada kawan di Bandung.”

Jip Willys milik Indra termasuk jip seri perang yang bagi penggemarnya adalah koleksi yang hebat serta bernilai, seri idaman yang paling dicari dari rangkaian produk Negeri Paman Sam tersebut seri Willys MA, Pick-Up Overland, Willys MB, M38 dan M-38A1 atau Hurrican.

Mobil dari Amerika itu memiliki keistimewaan, termasuk ketangguhan mesin yang bisa dipacu optimal pada berbagai medan. Tidak heran jika berbicara mengenai jip, maka orang selalu mengacu kepada jip Willys yang pertama kali muncul pada 1941 itu.

Bahkan, Willys tidak lagi hanya diproduksi di AS, tetapi juga diproduksi di negara lain dengan lisensi, seperti produksi Prancis dengan nama Delahaye dan Hotchkiss, Jepang, dengan Mitsubishi Jeep J3 dan Taiwan dengan nama Willys.

Bisnis Indonesia Edisi: 04/12/2005

1 Response to "Indra Abidin: Willys Forever"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: