it’s about all word’s

Memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi

Posted on: February 22, 2008

Judul: Loose Wire: Personal Guide to Making Technology Work for You
Penulis: Jeremy Wagstaff
Penerbit: Equinox Publishing, Oktober 2006
Tebal: 368 halaman

Media termasuk yang banyak memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi informasi. Namun, kehadirannya telah mengubah banyak bidang kehidupan. Perlu panduan untuk menyikapi perkembangannya yang sangat cepat.

Setiap membicarakan masa kini dan masa depan, maka ada beberapa buku yang tak pernah absen disinggung yakni karya Alvin Toffler, Future Shock dan The Third Wave, lalu Megatrends yang disusun pasangan suami-istri John Naisbitt, mantan eksekutif IBM, dan wartawati Patricia Aburdene.

Pasalnya, ramalan mereka tentang makin pentingnya teknologi komunikasi informasi terbukti, bahkan kini peranti tersebut seakan berfungsi sebagai ‘organ tubuh’ manusia.

Kini sudah jamak, dari majikan hingga pembantu, menjadikan teknologi komunikasi informasi bagian penting dari kehidupan, mulai dari membuka pintu, mematikan dan menyalakan lampu, memantau anak, istri atau suami, menyetir mobil, menikmati musik, bahkan berselingkuh!

Meski demikian, persoalan yang dalam praktik kini begitu sederhana ini lebih rumit dari yang diduga dan dijalankan. Masyarakat atau konsumen sebagai pengguna hanya berhenti sebagai pihak yang menerima hasil akhir dari kerumitan tersebut.

Sebab, sebelum mencapai tingkat yang begitu sederhana itu, teknologi komunikasi informasi harus melalui proses yang pada dasawarsa lalu masih begitu mengawang-awang.

Kini seiring dengan semakin mudah dan murahnya peranti teknologi informasi persoalan menjadi sederhana, sesederhana para penggunanya yang sebelumnya begitu gagap dengan kemajuan teknologi yang tak pernah terbayangkan sebelumnya bakal bisa memudahkan hidup manusia.

Mendukung media

Salah satu unsur penting yang menciptakan proses penyederhanaan dan mengakrabkan manusia dengan teknologi komunikasi informasi adalah media yang di dalamnya terdiri dari wartawan.

Bahkan pihak yang berperan sebagai pengelola informasi ini pun mengalami revolusi sistem kerja berkat teknologi komunikasi informasi. Baik proses penulisan, pengiriman berita hingga penyajian.

Tak heran, bagi media, teknologi komunikasi informasi adalah isu penting. Apalagi kini hampir tak satu pun korporasi bisnis yang tidak dipengaruhi teknologi komunikasi informasi.

Salah satu wartawan yang menggeluti hal ini adalah Jeremy Wagstaff yang bekerja untuk harian Asia Wall Street Journal dan majalah Far Eastern Economic Review sejak 2000.

Sebagai wartawan politik regional, khususnya di kawasan Asia Tenggara, tentu saja sangat mengejutkan membaca artikel-artikel Wagstaff yang terangkum dalam Loose Wire: A Personal Guide to Making Technology Work for You ini.

Sebagai kumpulan tulisan, Wagstaff membagi Loose Wire yang memiliki tebal 368 halaman ini menjadi empat bagian a.l masalah konektivitas, menggunakan teknologi untuk menyelesaikan berbagai persoalan, beragam aplikasi yang diperlukan, serta bagian yang membahas tentang ancaman penggunaan teknologi komunikasi informasi, seperti virus dan spam.

Buku yang kemudian diterbitkan oleh Equinox Publishing begitu membumi, informatif, dan akrab mudah dicerna. Tak terlalu teknis bahkan bisa dengan mudah mengajak pembacanya menyadari bahwa teknologi komunikasi informasi berkembang pesat luar biasa dan bisa bakal terus mengubah cara hidup manusia.

Sebut saja saat dia menguliti layanan purnajual atau customer support yang memang menjadi isu terbesar para pengguna teknologi komunikasi informasi, memudahkan transaksi sekaligus memutus mata rantai ketergantungan sumber daya manusia.

Menurut Wagstaff, kemajuan jaringan Internet seharusnya bisa memberikan peluang kepada para perusahaan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggannya, terutama dalam hal kecepatan dan kemudahan.

Selain mengulas berbagai persoalan teknologi komunikasi informasi, juga memberikan tips singkat mengenai berbagai hal, termasuk bagaimana melindungi diri dari virus dan spam.

Bisa dibilang, Loose Wire adalah panduan tidak resmi bagaimana memanfaatkan, mengetahui dan memahami teknologi komunikasi informasi yang terus tumbuh dengan cepat.

Bisnis Indonesia Edisi: 12/11/2006

1 Response to "Memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi"

informasinya berguna bgt bagi plajar sma ..
thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: