it’s about all word’s

Membenahi warisan Belanda

Posted on: February 22, 2008

Judul: The Spirit of Change
Dinamika Perubahan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Penulis : Budi W. Soetjipto dan Firmanzah
Penerbit: Lembaga Management FE-UI, 2006
Tebal : 178 halaman

Sudah suratan takdir Nusantara dilimpahi kekayaan alam yang melimpah, namun sayang Yang Maha Kuasa tak melengkapinya dengan manusia yang cukup bijak untuk mengelolanya.

Sejak berabad lalu, Nusantara malah dijajah bangsa yang wilayahnya lebih kecil dan miskin kekayaan alam, tetapi mempunyai keberanian dan cerdik memanfaatkan hasil yang diberikan alam mulai dari Portugis, Jepang hingga Belanda.

Bagi Belanda hasil perkebunan dan rempah-rempah atau emas hijau yang dihasilkan tanah Nusantara, mampu membiayai negara mereka. Sejarah bergulir, Indonesia merdeka dan nasionalisasi terjadi terhadap perusahaan milik penjajah itu di Indonesia.

Sayang, semangat menasionalisasi itu tidak dilengkapi kemampuan mengelola secara profesional layaknya penjajah. Hasilnya beberapa badan usaha perkebunan yang dikelola bangsa muda ini pun terus surut.

Selain emas hijau Nusantara tak lagi menjadi primadona di mata dunia karena mulai banyak pesaingnya, keuntungan yang kecil pun digangsir oknum pegawainya.

Pemerintah bukannya tak melakukan langkah. Lewat privatisasi, perkebunan pun diubah status menjadi BUMN yang diharapkan makin profesional dan berorientasi pada profit.

Salah satu BUMN perkebunan yang termasuk sukses adalah PT Perkebunan Nusantara III yang bergerak dalam bidang usaha perkebunan, pengolahan, dan pemasaran hasil perkebunan.

Banyak kekurangan

Sayangnya, buku setebal 178 yang disusun dua orang doktor FE-UI ini memiliki cukup banyak kelemahan. Mulai dari tata bahasanya yang terlalu rumit, ditambah berjubelnya istilah bule yang seharusnya dapat disederhanakan dengan baik dan benar.

Jika dibandingkan dengan buku trilogi manajemen Rhenald Kasali-Change, River Company dan Recode-yang satu almamater FE-UI, maka Spirit of Change bak buku pelajaran manajemen melawan komik manajemen. Yang pertama bikin pening, sementara yang satunya asyik dinikmati.

Sejak halaman pembuka, kedua penulis dibantu Mone Stepanus sebagai editor langsung terlalu bersemangat untuk menjejali pembacanya dengan teori-teori manajemen canggih dan justru sangat sedikit membahas PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III sebagai subjek buku ini.

Sampai akhir buku ini tidak ditemukan sejarah, kondisi, luas wilayah garapan, hingga kondisi geografis PTPN III. Data ini sangat penting untuk melihat kondisi budaya perusahaan dan statistik pertumbuhan ekonomi perusahaan.

Bahkan, melalui sejarah yang dipaparkan pembaca bisa melihat dinamika PTPN III selain itu tentu saja sudahkah ‘perubahan’ menjawab globalisasi itu nyata dijalankan ataukah hanya menjadi tumpukan bahan makalah.

Pertanyaan ini makin mengemuka karena angka keuntungan yang disajikan hanya laba setelah pajak pada 2004. Sementara itu jika FE UI cukup cerdas dan mengajak pembaca yakin dengan perubahan itu sangat layak disajikan tabel keuntungan berdasarkan periode tertentu.

Melihat kekurangan ini sungguh dikhawatirkan pembaca buku akhirnya justru akan lebih sibuk meraba-raba apa itu PTPN III daripada mendapatkan ‘semangat perubahan’ yang diterapkan di sampul depan ataupun puja-puji dari beberapa tokoh yang dipajang di halaman belakang.

Bisnis Indonesia Edisi: 21/01/2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: