it’s about all word’s

Mengelola uang, mencari keberkahan finansial

Posted on: February 22, 2008

Judul: Keberkahan Finansial
Cara Mudah Mengelola Keuangan
dan Melipatgandakan Kekayaan
Dengan Kecerdasan Spiritual
Penulis: Safak Muhammad
Penerbit: SolusiQalbu, Juni 2006
Tebal: 234 halaman

Memburu dan mengumpulkan fulus bagi banyak orang memang bukan perkara gampang. Untuk itu diperlukan taktik yang jitu untuk bisa menyimpan dan mengelola agar uang yang dikumpulkan bisa berlipat.

Jika salah menerapkan langkah-langkah pengelolaan, uang yang sudah terkumpul bukannya menggunung justru terbuang sia-sia untuk hal-hal yang tak berguna demi menuruti nafsu konsumtif.

Namun, bagaimana cara mengelola uang akan berbeda satu sama lain, sangat dipengaruhi cara pandang tentang uang yang memang sudah terbentuk oleh karakter masing-masing pihak.

Karakter yang sudah terbentuk sejak lahir, dan bagaimana cara kita dibesarkan juga akan membuat perbedaan. Salah satu cara untuk menyelaraskan hal tersebut adalah dengan meningkatkan kecerdasan spiritual kita.

Kecerdasan spiritual penting sekali karena berpengaruh pada sikap, cara pandang diri sendiri dan orang lain. Sebab pada hakekatnya semakin kaya seseorang seharusnya semakin bermanfaat kekayaan itu bagi kehidupan ini.

Ada tertulis Khairunnas – anfauhum linnaas atau sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Namun, Islam dalam hal ini tidak hanya menghargai pemanfaatan kekayaan bagi sesama manusia, tetapi dari amal atau berkah ke sesama itu kekayaan akan dilipatgandakan.

Oleh penulis buku ini kekayaan seseorang disebut sebagai keberkahan finansial. Dalam persepsi Safak bertambahnya kebaikan atas uang atau finansial yang dimiliki adalah sarana untuk mendekatkan kita pada kebajikan.

Konsep ini diyakini penulis akan menghilangkan persepsi yang selama ini umum beredar yaitu untuk meraih dan melipatgandakan kekayaan harus dengan sedikit curang, culas, dan sejenisnya.

Makin tajam

Buku Keberkahan Finansial merupakan buku ketiga karya penulis buku-buku best seller seperti Kaya Tanpa Bekerja (Republika, 2004) dan Cara Mudah Orang Gajian Menjadi Entrepreneur (MediaSukses, 2005).

Selain makin matang dalam pemilihan kata-kata, pisau analisis Managing Director Media Sukses ini makin tajam dan taktis dalam mengiris-iris bongkahan rumit persoalan sehingga menjadi sangat sederhana dan mudah dicerna.

Penjelajahannya pun makin meluas sehingga cukup banyak hal menarik yang disajikan bagi pembacanya. Misalnya, saat dia mengajak pembacanya untuk mulai sadar pentingnya sedekah.

Awalnya, Safak mengutip Hadits Rasulullah tentang amal sedekah akan meningkatkan harta yang telah didapat hingga berlipat-lipat lalu mengambil contoh-contoh yang diambil dari dunia nyata bahan dari umat agama non Islam.

Safak tidak saja menyebut nama-nama seperti Puspo Wardoyo pengusaha Ayam Bakar Wong Solo (ABWS) atau Muhammad Yunus pendiri micro-finance Grameen Bank di Bangladesh yang fenomenal.

Tapi alumni Magister Managemen Agribisnis IPB Bogor itu ringan memberikan kiprah dermawan suami- istri Bill dan Melinda Gates penguasa Microsoft hingga raja properti Donald Trump.

Puspo sejak mendirikan ABWS sudah menetapkan 30% total keuntungan sebagai sedekah. Miskinkah dia? Tidak justru sejak tahun 1991, ABWS terus tumbuh hingga 43 cabang yang tersebar di Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Grameen Bank yang didirikan untuk membantu masyarakat sangat miskin di Bangladesh itu kini telah memiliki 1.267 cabang di 46.000 desa dengan 12.000 pegawai dan memutar dana lebih dari US$4,5 miliar.

Trump saat bangkrut dan menimbun utang hingga US$3 miliar dan defisit hingga US$300 miliar ternyata tetap mengalokasikan 10% dari penghasilan kotornya untuk kegiatan sosial.

Pendek kata buku setebal 234 halaman ini merupakan salah satu pustaka how to get rich Islami yang sayang jika dilewatkan sebab sangat mencerdaskan dan komprehensif.

Bisnis Indonesia Edisi: 27/08/2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: