it’s about all word’s

Mengukur risiko kesalahan keputusan

Posted on: February 22, 2008

Judul: Why Decisions Fail
Menghindari Kesalahan Dan Jebakan Yang Mengarah Pada Kegagalan Total
Penulis : Paul C. Nutt
Penerbit PT Bhuana Ilmu Populer, Desember 2005
Tebal : 438 halaman

Suatu keputusan yang diambil tidak selalu berujung pada manisnya keberhasilan. Tak jarang yang terjadi, justru kegagalan yang menyapa.

Akhir dari sebuah keputusan memang hanya dua kemungkinan, berhasil atau gagal. Makanya, untuk suatu keputusan bisnis, kadangkala proses pertimbangan sebuah keputusan bisa memakan waktu yang begitu lama. Terlebih lagi jika keputusan tersebut menyangkut institusi bisnis yang besar.

Itu karena ada banyak pihak dan kepentingan di dalam setiap keputusan yang diambil. Jika salah maka dampaknya sangat besar, bahkan bagi institusi raksasa kesalahan itu bisa memengaruhi makro ekonomi.

Dalam buku karya Nutt yang dialihbahasakan oleh Setiyobakti ini banyak contoh-contoh kegagalan besar akibat tidak tepatnya pengambilan keputusan. Beberapa strategi praktik terbaik dan bagaimana menjadikannya sebagai pengganti taktik yang lazimnya mempunyai rekam jejak yang buruk juga dibahas dengan gamblang.

Buku setebal 438 halaman menunjukkan kepada Anda bagaimana taktik yang menekankan rasionalitas dan logika serta menggabungkan berbagai pertimbangan dengan cara yang benar ketika secara ekonomi telah menyesatkan Anda.

Dengan subjek yang beragam dan dibahas secara sistematis, Anda juga diberi kebebasan dan keleluasaan yang mutlak untuk memilah bab yang paling menarik.

Dalam 11 bab yang ditampilkan, Nutt memberikan 14 contoh kasus berasal dari subjek permasalahan yang beragam.

Mulai dari kasus pemadaman listrik secara total di New York, launching Ford Pinto, Susu Formula Bayi Nestle, Bandara Internasional Denver, pembongkaran platform Shell Oil hingga pengepungan aliran sesat David Koresh yang mengakibatkan 82 orang menemui ajal.

Proyek riset

Dengan beragamnya contoh kasus yang ditampilkan tersebut, tak hanya manajer puncak yang bisa menikmati. Seorang perwira kepolisian dan tentara pun bisa mengambil manfaat dari buku ini.

Nutt juga menyertakan tiga lampiran yang memberikan ringkasan singkat proyek riset, faktor kajian, hingga pendekatan riset yang digunakan.

Profesor ilmu manajemen dan keputusan publik di Fisher College, Ohio State University ini juga secara rinci membagikan pengolahan langkah yang lebih lengkap untuk mengukur risiko.

Untuk menulis buku ini Nutt, beserta timnya mengumpulkan sedikitnya 400 keputusan yang dibuat oleh manajer puncak dalam organisasi swasta, publik dan nirlaba dari seluruh AS, Kanada dan Eropa selama 20 tahun.

Hasilnya, setiap kasus dapat dipelajari dan diujiterapkan pada kasus yang ada di sekitar pembacanya. Misalnya, pada kasus penjualan saham PT Indosat Tbk, pemadaman aliran listrik se-Jawa dan Bali oleh PLN hingga keputusan-keputusan institusi swasta di dalam negeri yang menuai kegagalan atau ketidaktepatan bisa dikurangi.

*Bisnis Indonesia Edisi: 08/01/2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: