it’s about all word’s

Menikmati masa pensiun lewat optimalisasi aset

Posted on: February 22, 2008

Judul : Cara Mudah Merancang Sendiri Pensiun Anda Panduan Hidup Sehat dan Bahagia di Hari Tua
Penulis : Sawidji Widioatmodjo
Penerbit : PT Elex Media Komputindo, April 2006
Tebal : 250 halaman

Bagi sebagian orang masa pensiun merupakan masa yang menggembirakan, tapi bagi sebagain orang lagi pensiun bisa jadi sebagai masa penuh kegelisahan karena harus kehilangan jabatan, kedudukan, rutinitas, dan tentu saja pemasukan.

Tentu akan menggembirakan bila pada masa pensiun nanti kesulitan keuangan tidak datang, sehingga tanpa bekerja lagi semua kebutuhan sudah tercukupi. Waktu atau tenaga pun dapat digunakan untuk hal-hal lain yang sulit dikerjakan saat masih bekerja.

Andai saja bayangan ideal ini terjadi tentu sebuah masa yang menggemberikan. Tetapi bagaimana kalau ternyata hal itu tak terjadi. Boro-boro santai, memikirkan besok mau makan saja bikin bingung.

Persoalan pensiun secara tak sadar sering disepelekan banyak orang. Maklum jangka waktunya masih sangat jauh apalagi perusahan tempat dia bekerja sudah memberikan dana pensiun.

Padahal dana pensiun tersebut belum tentu dapat memenuhi kebutuhan hidup saat karyawannya pensiun nanti. Sementara yang mengetahui kebutuhan hidup hanyalah karyawan tersebut.

Buku karya Sawidji Widoatmodjo mengajak Anda menghitung berapa jumlah dana pensiun yang akan Anda dapatkan kelak dari perusahaan? Pernahkah Anda menghitung berapa sebenarnya kebutuhan hidup Anda setelah pensiun kelak?

Melalui buku ini Anda dipandu untuk mampu membuat anggaran pendapatan dan belanja rumah tangga, memahami nilai uang, memilih mesin investasi, merancang strategi perencanaan pensiun, dan langkah perencanaan pensiun.

Tentu saja ada hal-hal yang ternyata tidak sesederhana yang dipikirkan seperti saat Anda harus memilih dana pensiun mana yang perlu diikuti hingga hal-hal yang bisa memengaruhi nilai uang kita. Sebut saja inflasi, suku bunga, hingga perubahan gaya hidup yang akan menjadikan nilai uang yang sudah kita simpan berubah menjadi lebih kecil.

Maksimalkan aset

Selain itu pembaca juga diajak untuk menyadari bahwa pandangan dan kebutuhan finansial juga selalu berubah-ubah sesuai kondisinya, misalnya usia, tingkat pergaulan, hingga tingkat konsumtif.

Sawidji juga dengan cermat mengajak Anda untuk bisa maksimalkan seluruh aset-aset yang selama ini menganggur atau dilupakan sehingga bisa menghasilkan pemasukan untuk Anda. Misalnya, jika Anda punya tanah, bangunan, atau kendaraan yang menganggur, mungkin bisa disewakan sehingga menghasilkan pendapatan.

Pilihan investasi juga merupakan bagian dari strategi yang disampaikan di dalam buku setebal 250 halaman. Sebab investasi yang berisiko tinggi dan karakternya yang fluktuatif bisa jadi justru membangkrutkan Anda.

Salah satu hal yang penting juga, tapi agak dilupakan adalah mempersiapkan surat wasiat hingga menyisihkan sejumlah dana tunai untuk mempersiapkan dana kematian bagi Anda dan pasangan.

Meski lengkap dan detail, Sawidji justru lupa memasukkan strategi tergampang dan paling banyak dipilih orang dalam mempersiapkan hari tuanya, yaitu lewat tabungan. Walaupun strategi ini termasuk rentan terpakai setiap kali ada kebutuhan yang harus dipenuhi, namun tabungan termasuk strategi luwes. Artinya, jika sudah terkumpul dalam jumlah besar bisa saja dialihkan ke bentuk lain seperti ke asuransi hingga cara paling konvensional, yakni menabung emas.

Tapi, dengan kekurangan tersebut buku yang ditulis mantan wartawan dan dosen di sebuah perguruan tinggi swasta ini adalah pustaka yang tepat bagi Anda untuk menyiapkan masa tua.

Bisnis Indonesia Edisi: 16/07/2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: