it’s about all word’s

Muhammad Farhan

Posted on: February 22, 2008

Pernah tak mampu beli buku

Tak bisa dibantah sejak masih berduet dengan Indy Barens dalam acara Good Morning Hard Rockers yang mengudara setiap pukul 06.00-10.00 WIB di Hard Rock FM, Muhammad Farhan sudah berhasil menggaet banyak penggemar.

Terlebih lagi sejak dia merambah dunia teevisi. Secara konsisten citra “easy going but smart” berhasil mengantarkannya sebagai Presenter Musik Terfavorit lewat acara Pesta di Indosiar dalam Panasonic Awards 2000.

Namun untuk menjadi seseorang yang smart tentu saja kegiatan membaca adalah hal yang wajib dilakukan. Untuk itu Farhan mengaku tidak pernah memiliki anggaran khusus untuk membeli buku.

“Karena kalau soal buku, saya sedapatnya saja. Ada buku bagus, dan dompet ada duit ya beli. Sebab kalau dianggarkan secara khusus selalu saja belanja buku saya melewati rencana anggaran tersebut,” paparnya di sela acara Professional Break bertema The First Five Years of Marriage di TimeBreak Caf?-Plaza Semanggi, Jakarta, pekan lalu.

Dia mengaku bisa menghabiskan sekitar Rp500.000 untuk sekali belanja buku, terutama buku-buku grafis. Tak heran, sebab buku grafis memang termasuk jajaran buku mahal. “Senang aja melihatnya. Yang menarik dari buku grafis itu selain dipenuhi gambar bagus, juga memiliki makna yang baik.”

Saat kita membaca buku ini, lanjutnya, kita tidak hanya menikmati gambar yang bagus tetapi kita juga menikmati atau sebuah filosofi. Kita jadi mengerti pengejawantahan dari sebuah paham yang dianut oleh sang seniman.

Meski begitu, Farhan mengaku pernah tidak bisa beli buku. “Waktu kuliah saya pernah pingin beli textbook, tapi baru kesampaian menjelang lulus sarjana,” paparnya sambil tergelak.

Buku tersebut adalah buku ekonomi karya Samuelson edisi 12. Menurut dia, saat itu yang dia miliki adalah edisi 9. Kasus yang ditampilkan pada edisi itu dari tahun 1950-an, sedangkan di edisi 12 buku itu sudah mengambil kasus pada 1980-an.

“Wah nggak punya duit, harganya Rp150.000 waktu itu, padahal masa [kuliah] itu saya hanya diberi uang bulanan sebesar Rp75.000. Jadi pengeluaran saya sehari hanya Rp2.500.”

Filosofi hidup

Salah satu buku yang dikagumi Farhan adalah Mangan ora Mangan Kumpul. Dia mengaku sudah membaca edisi 1 hingga empat buku karya Umar Kayam itu. Dari buku tersebut, Farhan belajar memahami filosofi orang Indonesia, khususnya orang Jawa. “Saya jadi bisa mengerti bagaimana filosofi hidup orang-orang kita,” paparnya.

Meski begitu penulis favoritnya adalah buku-buku rohani karya Abdul Junaedi. Alasannya, Junaedi dinilai mampu bertutur tanpa jarak dengan pembacanya.

“Sedangkan, banyak penulis muda kelemahannya adalah selalu berjarak dengan pembaca. Sebab kalau berjarak dengan pembaca, kita jadi harus mikir dulu.”

Selain buku rohani, Farhan juga mengaku memiliki buku favorit lain, yaitu Jomblo karya Adhit, seorang alumni seni rupa ITB. Menurut dia, isi buku itu sangat dekat dengan kehidupannya semasa kuliah di Universitas Padjadjaran.

Host acara Lepas Malam di TransTV ini menerapkan prinsip yang dianut ayahandanya saat menanamkan kecintaan buku pada sang anak.

Dia menuturkan sejak kecil bapaknya mendorong anak-anaknya untuk membaca dengan memulai menikmati ensiklopedia. Alasannya, ensiklopedi tidak hanya buku pintar namun juga banyak gambar.

“Nah, anak-anak saya sudah dibiasakan membaca buku. Sebab buku itu menyenangkan. Seringkali karena masih kecil, mereka melihat gambar buku yang bagus lalu main sobek,” katanya

Bisnis Indonesia Edisi: 24/04/2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: