it’s about all word’s

Perlunya pemimpin yang bisa adaptasi perubahan

Posted on: February 22, 2008

Judul : Leading In Crisis
Praktik Kepemimpinan Dalam Mega Merger Bank Mandiri
Penulis : Robby Djohan
Penerbit : Penerbit Bara, Maret 2006
Tebal : 295 halaman

Sepanjang akhir 2005 dan awal 2006, ada dua buku yang mengupas persoalan perbankan besar dalam negeri semasa proses konsolidasi institusi perbankan usai dihajar krisis moneter.

Kedua buku itu adalah Bank Niaga, Pantang Menyerah Didera Krisis (Aksara Karunia, 2005) dan 180 Derajat, Inside Story Tranformasi Danamon (Penerbit Bara, 2006).

Kali ini terbit buku yang membahas secara detail proses di balik merger Bank Mandiri yang sangat pantas disebut sebagai mega merger sebab bank ini terbentuk dari Bank Bumi Daya, Bank Exim, Bapindo, dan Bank Dagang Negara.

Hasilnya, seperti halnya Bank Danamon, Bank Mandiri menguasai aset properti dan karyawan yang luar biasa besarnya sekaligus persoalan keuangan yang dibawa oleh masing-masing bank BUMN tersebut.

Sudah menjadi sebuah rahasia umum kalau keempat bank itu memiliki jumlah kredit bermasalah maupun kredit macet yang mencapai nilai triliunan rupiah dan proses penyelesaiannya sampai masa merger masih terkatung-katung dan tidak jelas.

Selain itu, tentu saja penggabungan usaha bank bukanlah hal yang sederhana sebab mencakup beberapa aspek a.l. perubahan organisasi dan visi, perampingan sumber daya manusia, perbaikan struktur modal, hingga rencana pengembangan bisnis di masa depan.

Tidak mengherankan jika buku yang ditulis Robby Djohan ini sangat menarik untuk dicermati. Pasalnya, Robby sudah pernah menulis buku berjudul The Art of Turn Around, Kiat Restrukturisasi (2003).

Tak ada yang akan meragukan kesuksesan tangan dingin jebolan Universitas Padjajaran ini di beberapa perusahaan. Selain berhasil membesarkan Bank Niaga, dia juga menyelamatkan maskapai Garuda yang megap-megap dan memimpin Bank Mandiri hingga 2000.

Landasan teori

Berbeda dengan buku 180 Derajat, penyunting buku ini, Bondan Winarno kali ini tidak banyak mengumbar tentang kehidupan pribadi Robby Djohan yang sebetulnya tergolong unik. Beberapa bab penting bahkan ditulis dengan gaya seorang pengajar yang memiliki kekuatan landasan teori termasuk diberikan intisari dari bab yang telah dibaca.

Hasilnya, buku setebal 295 halaman ini termasuk dingin dan sangat fokus pada tujuan awal yaitu berbicara tentang perlunya sikap pemimpin yang mampu memahami usaha anak buahnya untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan yang sedang terjadi.

Satu contohnya adalah budaya mengabdi seumur hidup merupakan hal yang tak terpisahkan dari keempat bank BUMN tersebut yang harus menghadapi kenyataan perlunya perampingan alias PHK demi efisiensi bank hasil merger itu.

Contoh masa transisi yang paling sederhana adalah menyesuaikan kemampuan staf dan pegawai di masing-masing bank BUMN hingga prosedur dan mekanisme kerja yang mau tak mau harus berubah dan lebih profesional. Termasuk pula hal-hal yang lebih terlihat dari luar yaitu membentuk struktur organisasi paling ideal.

Hal ini mencerminkan aspirasi dan dinamika yang tentu saja mengandung unsur visi dan misi apa yang akan dijalankan oleh Bank Mandiri ke depan. Sampai pada hal penunjukan dewan komisaris dan direksi baru di beberapa bank BUMN yang dituding sejumlah pihak mengandung unsur koncoisme yang dikhawatirkan akan menimbulkan praktik KKN gaya baru.

Hal-hal seperti itu sangat berpotensi mengganggu kondisi psikologis individu yang ada di dalam Bank Mandiri. Dampaknya tentu pada kinerja perusahaan yang baru terbentuk itu. Untuk itu diperlukan pemimpin yang mau bekerja keras guna mempererat hubungan antarindividu di dalam perusahaan sekaligus terampil mengendalikan arah dan kecepatan perusahaan yang mendapat beban menjaga citra perbankan nasional.

Meski sejak awal, Robby menyatakan dengan berani bahwa dirinya tidaklah ‘pintar’ dan nekad, tetapi sejak mulai bab awal, dia tidak menulis buku ini dengan nada menghakimi pribadi, pemerintah, atau menonjolkan diri.

Bisnis Indonesia Edisi: 30/04/2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: