it’s about all word’s

Reportase kritis bagi Partai Demokrat

Posted on: February 22, 2008

Judul: Partai Demokrat & SBY: Mencari Jawaban Sebuah Masa Depan
Penulis: Akbar Faizal dkk
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Penerbitan: Februari, 2005
Sampul: Soft cover
Jumlah hal: vii + 333 halaman

Buku ini terasa berbeda sebab digarap oleh jurnalis dari berbagai lapisan, sehingga pembaca buku ini merasakan laiknya sedang menikmati sebuah reportase panjang yang dilakukan dalam tubuh Partai Demokrat (PD).

Semuanya disajikan secara runtut, sehingga pembaca yang awam politik pun akan dengan mudah mengerti dan jenak dalam mengikuti perjalanan berliku bayi partai ajaib ini.

Membicarakan PD, tak ubahnya harus membicarakan fenomena sosok partai bayi ajaib yang lahir dan langsung menyodok dalam kerasnya medan pertempuran politik di Indonesia.

Bahkan, boleh dibilang PD adalah sebuah anomali pertarungan politik di Indonesia. Saat partai-partai yang besar dan tua bertarung dan terjerembab akibat kejenuhan konstituennya, PD justru melenggang sebagai lima besar peraih suara konstituen dalam Pemilu 2004.

Tercatat delapan juta suara berhasil didulang PD dari seluruh pelosok negeri ini sehingga mengantarkan 56 kadernya menduduki kursi terhormat DPR-RI dan ratusan kursi di DPRD I dan II. Sekali lagi, hasil yang fantastis.

Uniknya, setelah menjadi kampiun dalam Pemilu 2004 justru PD mulai terserang gejolak internal. Perseteruan demi perseteruan mulai muncul di tingkat internal partai.

Gejala itu mulai terlihat saat beberapa pendiri partai ini menyatakan keluar dengan beragam alasannya masing-masing. Konon beberapa di antaranya dipusingkan dengan sumber daya manusia partai ini yang sangat terbatas hingga alasan yang kurang jelas.

Perseteruan partai

Puncak perpecahan PD terjadi saat perseteruan terbuka antara dua kubu yang dipimpin Ketua Umum berhadapan dengan Wakil Ketua Umum, jelas saja hal ini sangat mengancam keutuhan partai. Singkatnya buku ini sangat menarik untuk dicermati.

Patut dipuji langkah Akbar Faizal untuk meletakkan pisau analisis seorang Eep Saefulloh Fatah pada bagian Epilog buku setebal 333 halaman ini.

Pada bagian itu, secara gambling Eep menelanjangi masalah PD adalah krisis kepemimpinan yang terlalu bergantung pada figur SBY selain itu terdapat kesulitan elite partai ini dalam membangun kompromi antarfaksi di tubuh PD.

Masalah lain adalah meski mendulang banyak suara, namun PD tidak cukup mengakar di tingkat akar rumput, tak lain dan tak bukan semata-mata akibat popularitas SBY.

Dan, masalah terakhir dan krusial adalah krisis identitas. Sebab sejak awal PD tidak memiliki identitas ideologi dan orientasi program yang jelas.

Hanya saja sangat disayangkan, isi buku ini tidak menjangkau ‘matahari partai’ ini, yaitu SBY secara khusus untuk menanggapi berbagai persoalan yang ada dalam partainya.

Kekurangan ini menyebabkan pada akhirnya buku ini menjadi terkesan hambar, sebab daya jangkaunya ke inti persoalan penting yang sedang dan akan terjadi dalam Partai Demokrat tidak digarap secara tuntas.

Namun, harus disadari membicarakan dinamika kepartaian memang tidak sepasti menganalisis sebuah persoalan perhitungan matematis yang hasilnya selalu mengikuti rumus-rumus tertentu.

Bisnis Indonesia Edisi: 03/04/2005

2 Responses to "Reportase kritis bagi Partai Demokrat"

Itu sebabnya di daerah nyaris tak ada pimilukada yang dimenangkan pasangan usungan PD.

Itu sebabnya di daerah nyaris tak ada pimilukada yang dimenangkan pasangan usungan PD?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: