it’s about all word’s

Flora Jawa di mata seorang meneer

Posted on: February 23, 2008

Judul : Flora Pegunungan Jawa
Penulis : Cornelis Gijsbert Jan van Steenis
Penerbit : Pusat Penelitian Biologi-LIPI, 2007
Tebal : 259 halaman

Bagi naturalis buku berjudul asli Maleische Vegetatieschetsen atau The Mountain Flora of Java yang diterjemahkan Jenny A. Kartawinata ini adalah oase di tengah minimnya referensi botani Indonesia.

Dalam buku setebal 259 halaman ini disertakan 456 lukisan spesies tumbuhan, yang aslinya kini ada di Leiden, Belanda. Lukisan itu dilukis oleh sepasang pelukis botani Indonesia yang bekerja di Kebun Raya Bogor saat itu, Amir Hamzah dan Moehammad Toha.

Sejak awal Jenny yang dibantu tiga ahli LIPI Kuswata Kartawinata, Elizabeth A. Widjaja dan Tukirin Partomiharjo berusaha membawa semangat Steenis yang mendedikasikan buku tersebut sebagai ‘buku saku’ petualang dan penggemar alam yang ingin merambah kawasan pegunungan di Pulau Jawa.

Tak heran buku yang diterbitkan pertama kali oleh penerbit E.J. Brill di Belanda pada 1972 ini tetap mempertahankan format lamanya yakni menyajikan lukisan dengan warna-warni dan ukuran yang mendekati aslinya.

Dalam buku juga diuraikan dinamika fenomena alam yang terjadi di Pulau Jawa, perikehidupan tetumbuhan dan satwa, serta formasi tumbuhan dari padang rumput sampai hutan tropis.

Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI Dedy Darnaedi mengatakan inilah satu-satunya buku kompilasi lukisan botani flora asli Pulau Jawa. Seluruh isi buku tersebut adalah buah kunjungan dan pendakian Steenis ke gunung-gunung di Pulau Jawa, dari barat sampai ke timur.

Steenis memang bukanlah sosok yang dikenal para penggiat studi botani pada masa kini. Pria kelahitan Utrech, Belanda ini berdinas ke Buitenzorg atau Bogor di Herbarium Bogoriense dan Kebun Raya Bogor pada kurun waktu 1929-1949.

Buku ini adalah sumbangan Steenis di bidang taksonomi, biogeografi, dan ekologi amat besar. Dia juga peletak dasar penerbitan Flora Malesiana, jurnal ilmiah berkala tentang tumbuhan berbiji dan paku-pakuan di kawasan Malesia, kawasan yang disusun berdasarkan pola sebaran tumbuhan yang mencakup Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Singapura, dan Timor Leste.

Steenis dikenal sebagai penggemar gunung berapi, perhatiannya banyak tercurah pada tumbuhan pegunungan di Jawa terutama Jawa Barat, khususnya kawasan Gunung Gede-Pangrango.

Bagi penggemar buku-buku biologi atau kegiatan alam, pustakan ini bisa disejajarkan dengan tiga buku lain sejamannya a.l Berg gids van Java (Steenis dan van Benmellen), Varenflora voor Java dan Handboek voor de Flora van Java (Cornelis Andries Backer dan Posthumus)

Pujian pantas disematkan pada penerjemah Jenny A. Kartawinata yang berhasil membawakan terjemahannya tanpa kehilangan visi dan semangat Steenis yang aslinya dibawakan dalam bahasa Belanda.

Meski demikian buku ini bukannya tak menyimpan kekurangan, seperti disebutkan Kuswata Kartawinata, ahli ekologi yang ikut menyunting buku tersebut, mengatakan buku itu belum mencakup semua spesies tumbuhan yang ada di pegunungan Pulau Jawa.

Kekurangan lain adalah tidak dilakukannya revisi pada daftar tanaman secara aktual yang tak menutup kemungkinan spesies-spesies yang dilukis di buku tersebut sebagian sudah punah lantaran maraknya perambahan hutan di pegunungan.

Selebihnya ini adalah sebuah masterpiece seorang peneliti. Sebuah harta warisan tak ternilai bagi generasi berikutnya. Termasuk sentilan bagi komunitas peneliti Tanah Air, kapan mereka menghasilkan penelitian sejenis untuk wilayah di luar Jawa.

Bisnis Indonesia Edisi: 20/05/2007

1 Response to "Flora Jawa di mata seorang meneer"

Reblogged this on brightsightrads.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: