it’s about all word’s

Jadikan bank tim sukses usaha

Posted on: February 23, 2008

Judul : Rahasia Sukses Ngutang di Bank
Kiat jitu memanfaatkan bank untuk mengembangkan usaha
Penulis : Fajar S Pramono
Penerbit : ACTION Publishing, Mei 2007
Tebal : 120 halaman

Salah satu permasalahan yang sering muncul ketika berbicara tentang dunia usaha adalah keterbatasan modal. Meskipun beberapa motivator bisnis mencoba meyakinkan bahwa modal/uang bukan segala-galanya dalam berbisnis.

Namun pada kenyataannya masih banyak pihak yang merasakan kesulitan dalam mengembangkan usaha akibat keterbatasan modal tersebut.

Sebagai lembaga perantara, bank memiliki kewajiban untuk menghubungkan pihak yang mengalami surplus dana dengan pihak yang defisit dana. Salah satu produk perbankan yang mengemban misi mengembangkan sektor riil adalah kredit usaha.

Masalahnya, bagi sebagian orang, kredit dari bank identik dengan bayangan keruwetan. Baik dalam hal persyaratan maupun proses yang harus dijalani. Padahal, seperti dikatakan Fajar S Pramono, tidak ada yang ruwet dalam urusan kredit di bank, selama kita bisa mengetahui dan memahami seluk beluk kredit bank itu sendiri.

Hal ini juga dikatakan Safir Senduk dalam pengantarnya untuk buku ini : kalau kita tahu bagaimana suatu hal itu bekerja, kita pasti bisa menjalankannya (hal xiii).

Artinya, jika kita bisa memahami filosofi dan bagaimana kredit itu bisa dikucurkan, maka keinginan bermitra dengan bank bukanlah urusan yang sulit dan tidak dapat dilakukan.

Buku kecil terbitan Action Publishing ini berusaha memberikan keyakinan kepada para pengusaha untuk tidak ragu-ragu dalam menggandeng bank sebagai mitra usaha.

Sebagaimana disarikan dalam sinopsisnya, buku ini bisa dibagi menjadi tiga kelompok pembahasan. Pertama, tentang manfaat mengambil kredit di bank. Sebagai orang yang banyak bergaul dengan pengusaha, Fajar banyak memberikan paparan tentang betapa banyak manfaat kredit bank. Setidaknya, ada 16 poin yang dia kemukakan.

Kedua, tentang trik dan tips dalam memilih bank dan persiapan dalam memenuhi persyaratan serta berbagai hal yang menjadi objek analisis kredit, hingga nantinya bisa memperoleh kepercayaan dalam bentuk kucuran kredit.

Banyak hal teknis ataupun nonteknis yang disampaikan Fajar, agar permohonan kredit bisa berjalan mulus. Termasuk di dalamnya, bagaimana sikap yang harus dikembangkan dalam menghadapi pemeriksaan bank, bagaimana menentukan dan menghitung kecukupan agunan, memilih skema kredit, pertimbangan bank dalam memutus kredit, hingga gambaran tentang siapa petugas bank yang memiliki wewenang memutus kredit.

Ketiga, tentang hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari ketika fasilitas kredit telah diberikan. Seperti pentingnya mencermati isi perjanjian kredit, warning agar tidak sampai terjerumus kepada black list Bank Indonesia, bahkan hingga hal-hal yang bisa dilakukan ketika peminjam mengalami kesulitan dalam pengembaliannya.

Layaknya buku know how dan buku how to lainnya, buku Rahasia Sukses Ngutang di Bank ini sangat cocok untuk dijadikan panduan bagi para pengusaha yang ingin lebih maju bersama bank.

Setidaknya, ada dua kekuatan yang dimiliki buku ini. Pertama, buku ini ditulis oleh seorang praktisi perbankan yang telah bertahun-tahun berkutat dengan masalah kredit. Kedua, buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami dan praktis, sehingga pembaca menjadi yakin dan percaya diri untuk menjadikan bank sebagai tim sukses usaha.

Bisnis Indonesia Edisi: 03/06/2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: