it’s about all word’s

Kaya raya dengan taktik tepat

Posted on: February 23, 2008

Judul: Cara Benar Mencapai
Puncak Kemakmuran Finansial A la Robert T. Kiyosaki
Penulis: Sawidji Widoatmodjo
Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Juli 2007
Tebal: 370 halaman

Rasanya saat ini sulit menemukan orang yang belum membaca Rich Dad Poor Dad karya Robert Toru Kiyosaki. Buku itu telah memberi motivasi banyak orang untuk mencapai kemakmuran finansial dengan cara logis.

Filosofi Kiyosaki yang paling terkenal adalah ‘Uang bekerja untuk Anda. Anda akan menikmati passive income. Dan akhirnya Anda mencapai puncak kebebasan finansial.

Pria yang seminarnya disesaki ribuan orang itu melengkapi teorinya dengan berbagai langkah a.l. memindakan sumber pendapatan Anda dari kuadran employee, self employee dan business ke kuadran investor.

Sampai di sini, siapa pun pasti berkobar semangatnya untuk segera mempraktikkan mantra sakti itu. Namun, ketika sampai saatnya berpraktik, ternyata hasilnya tak sesuai harapan.

Banyak yang mengaku frustrasi, dan menganggap Rich Dad Poor Dad hanya cocok untuk dibaca, bukan dipraktikkan. Bahkan, pengritik terkerasnya, John Reed, menyebutnya tak masuk akal dan menyesatkan.

Jika kegagalan yang terjadi. Tentu ada sesuatu yang belum dilakukan atau diperhatikan. Sejak dini Kiyosaki mengatakan agar bisa mempraktikkan kiat kaya pembaca dianjurkan mendatangi ahlinya, menghadiri seminar atau membaca buku lain.

Kiyosaki memang telah berusaha memberikan bacaan pelengkap yaitu Cashflow Quadrant dan Guide To Investing. Namun, keduanya belum bisa menjadi pegangan praktis.

Sawidji Widoatmodjo hadir untuk menjawab saran anjuran Kiyosaki. Dalam 370 halamannya disajikan bagaimana langkah mewujudkan mantra menjadi kaya ala Kiyosaki.

Karena disajikan per bab, inti dari buku ini bisa langsung Anda temukan sejak bab 3 yang membahas alternatif investasi. Penulis menyajikan informasi tentang perbedaan mendasar antara berinvestasi di sektor keuangan dan sektor riil.

Tidak sekadar menguliti hal investasi, pada bab tersebut juga diberikan informasi lengkap tentang instrumen-instrumen investasi yang bisa dibeli atau dijual di pasar keuangan.

Bermain di pasar keuangan menjadi sisi yang berusaha diperjelas oleh penulis hingga bab 4. Anda akan menemukan kelebihan investasi di pasar keuangan. Secara garis besar tema investasi menjadi bahasan bab-bab berikutnya.

Bab 7 menarik untuk dicermati karena mengajak Anda belajar bagaimana menjadi seorang perencana dan mengatur keuangan diri sendiri dengan perhitungan -perhitungan mudah. Hal ini diulang penulis di bab 11 dan 12.

Namun, setelah itu Anda kembali diajak untuk kembali pada tataran praktik. Seperti pengetahuan tentang risiko investasi yang mau tidak mau akan menyertai semua tindakan investasi Anda.

Praktik dan teori akan terus Anda temukan dalan baba selanjutnya termasuk bab terakhir yang tiga tokoh pemain di pasar keuangan dunia a.l. Benjamin Graham, Warren Buffet dan George Soros.

Karena ditulis seorang yang memahami dunia investasi secara teori dan praktik, Anda dituntun dalam 20 bab untuk melangkah ke arah yang benar. Buku ini semakin mudah dinikmati karena terdapat beberapa contoh perhitungan dalam kepingan compact disc (CD) berformat program Excel.

Bisnis Indonesia Edisi: 30/12/2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: