it’s about all word’s

Kembali ke pasar regional

Posted on: February 23, 2008

Judul : Think ASEAN!
Rethinking Marketing toward ASEAN Community 2015
Penulis : Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Hooi Den Huan
Penerbit : McGraw Hill, Februari 2007
Tebal : 192 halaman

Ketiga penulis ini mencoba melawan arus besar pemikiran tentang globalisasi dengan menggagas perspektif yang segar kepada seluruh pelaku pemasaran bahwa yang akan menjadi tren berikutnya yakni regionalisasi.

Buku setebal 192 halaman ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama menggambarkan situasi di Asean untuk menjelaskan kepada pembacanya mengapa Asean marketing dibutuhkan.

Bagian kedua dan ketiga membicarakan perusahaan yang telah sukses menerapkan Asean marketing. Bedanya, bagian kedua merupakan kasus singkat yang membahas strategi inti pemasaran setiap perusahaan yang menjadi contoh kasus buku ini.

Hermawan dalam peluncuran buku ini menekankan pemikiran buku ini didasarkan besarnya pasar Asean sebagai pasar terbesar dan masih berpeluang untuk digarap dari berbagai sisi karena meliputi 540 juta penduduk dengan 220 juta di antaranya berada di Indonesia.

Menurut ketiganya, jika berpikir global maka perusahan harus menyiapkan diri berhadapan dengan macan dan naga Asia seperti Jepang dan Korea Selatan. Selain keduanya kini hadir India telah menjadi kekuatan baru super powers.

Satu nama lagi yaitu China kini begitu perkasa, daya saing produk Negeri Tirai Bambu itu harus diwaspadai karena akan mempersulit peluang produk Asean untuk menembus atau bertahan di pasar internasional maupun pasar domestik.

Tiga penulis ini menyampaikan tips dan trik bagi perusahaan lokal-nasional yang ingin meraih pasar regional Asean. Sedangkan bagi perusahaan multinasional mereka juga memberikan saran cara memperkokoh posisinya di pasar regional.

Apalagi jika melihat hasil kesepakatan 10 pemimpin negara-negara Asean di Cebu, Filipina, beberapa waktu lalu, yang memajukan penyatuan negara anggota tersebut dari 2020 menjadi 2015.

Peluang menggarap pasar Asean secara bergotong-royong bukannya tidak ada. Terbukti perjanjian perdagangan bebas antarnegara-negara Asean (AFTA) telah disetujui dan telah diterapkan.

Adanya AFTA telah memberikan kemudahan kepada negara-negara Asean untuk memasarkan produk mereka di kawasan dibandingkan dengan negara-negara non-Asean.

Untuk pasar Indonesia, kemampuan negara-negara Asean dalam melakukan penetrasi pasar kita bahkan masih lebih baik dari China. Hal ini terlihat dari kenaikan pangsa pasar ekspor negara Asean ke Indonesia yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan pangsa pasar China di Indonesia.

AFTA juga membuat pasar negara-negara Asean menjadi satu. Akibatnya, produsen internasional tidak harus mempunyai pabrik di setiap negara untuk dapat memasok produknya ke negara-negara tersebut.

Produsen internasional dapat memilih satu negara di kawasan ini untuk dijadikan basis produksinya dan memenuhi permintaan produknya di negara di sekitarnya dari negara basis tersebut.

Turunnya tarif impor antarnegara Asean membuat kegiatan ekspor-impor antarnegara di kawasan ini menjadi relatif lebih murah dari sebelumnya. Tentunya negara yang dipilih sebagai negara basis suatu produk adalah yang dianggap dapat membuat produk tersebut dengan lebih efisien (spesialisasi).

Negara-negara di kawasan ini tentunya berebut untuk dapat menjadi pusat produksi untuk melayani pasar Asean karena semakin banyak perusahaan yang memilih negara tersebut untuk dijadikan pusat produksi.

Kondisi demikian secara langsung berdampak akan semakin banyak lapangan kerja yang tersedia. Sayangnya, Indonesia tampaknya masih tertinggal dalam menciptakan daya tarik dalam hal regulasi untuk dijadikan pusat produksi.

Ide menarik yang muncul usai membaca buku ini bisa jadi terdapat kemungkinan Asean mengarah pada kebijakan satu mata uang untuk memudahkan transaksi dan menambah kompetitif pasar regional.

Bisnis Indonesia Edisi: 01/04/2007

1 Response to "Kembali ke pasar regional"

seberapa pantas indone sia bisa menjadi pasar terdepan asia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: