it’s about all word’s

Kisah ular menelan gajah

Posted on: February 23, 2008

Judul : The Lenovo Affair
Penulis : Ling Zhijun
Penerbit: PT Elex Media Komputindo, 2007
Tebal : 506 halaman

Tidak bisa terbantahkan tahun ini geliat ekonomi China menjadikannya negara paling seksi di tengah melempemnya kinerja ekonomi Amerika Serikat. Negeri Tirai Bambu yang dulu dicitrakan seram kini elok mengundang investasi.

Satu hal yang bisa menjadi referensi kenapa gejala ini bisa terjadi bisa dinikmati lewat buku karya Ling Zhijun yang dialihbahasakan oleh Jimmy Auw ini. Diawali oleh akuisisi terhadap divisi PC IBM pada Mei 2005, Lenovo atau Lianxiang kini adalah pemimpin global untuk pasar PC.

Padahal Lenovo lahir dengan sejarah amat bersahaja pada 1984 oleh 11 orang ahli teknologi informatika engineer di sebuah bungalow kecil di Beijing seukuran 20 meter persegi, seukuran pos militer atau gardu penjagaan (halaman 28).

Tujuan kelompok yang jika dirunut merupakan didikan para ilmuwan komputer Uni Soviet ini sangat proletar yaitu membuat PC dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan di China dengan nama Legend.

Kelahiran komputer asli China tak bisa lepas dari visi Perdana Menteri China Zhou Enlai sejak 1956 yang memimpin beberapa ratus pegawai negeri dan ilmuwan untuk memformulasikan rencana pengembangan sains dan teknologi untuk jangka waktu 12 tahun ke depan.

Karena lahir dari para militan partai komunis, ada hal unik dari kelahiran perusahaan bernama lengkap Chinese Academy of Science Computer Technology Research Institute New Technologi Development Company ini.

Sebut saja hasil rapat pertama para pendiri Lenovo tersebut yang memutuskan dengan tegas bahwa mereka harus menyapu lantai, karena kantor yang mereka gunakan adalah bekas gudang. (halaman 33)

Hebatnya saat bayi Lianxiang baru dilahirkan, Liu Chuanzi, pendiri Lenovo bersumpah kepada Zhou Guangzho, Wakil Direktur Chinese Academy of Sciences yang memberikan izin kepadanya untuk mendirikan perusahaan itu.

“Saya berjanji kita akan membuat perusahaan yang sanggup menghasilkan pendapatan tahunan sebesar dua juta yuan,” janji pasti Liu saat itu. Jika dihitung dengan kurs saat ini, target Liu sangat kecil hanya US$250.000.

Bandingkan saat ini, setelah mengakuisisi IBM-PC, Lenovo yang mempekerjakan lebih 19.000 orang di mancanegara memiliki pendapatan tahunan melebihi US$13 miliar! Satu akuisisi yang disebut ular menelan gajah yang membuat semua pihak geleng kepala.

Buku yang dibagi menjadi empat bagian menurut periode dalam satuan tahun: Bagian I 1984-1989 Para Pemberontak, Bagian II 1990-1994 Era Para Pemimpin, Bagian III 1995-1999 Era Pasar dan Bagian IV 2000-2004 Berubah atau Mati.

Buku ini terasa renyah karena lahir dari tangan penulis Ling Zhijun yang sangat menguasai reformasi ekonomi China selama 20 tahun terakhir. Selain itu bantuan Martha Avery, penerjemah dan editor buku ini membuat kelincahan tutur Ling tetap berkilat.

Jika ditanya siapa yang paling butuh membaca buku ini maka dengan mantap akan saya sebut para pemimpin BUMN Indonesia. Lenovo meski korporasi raksasa hingga kini adalah perusahaan negara strategis yang diurus dengan becus dan bersih.

Bisnis Indonesia Edisi: 04/11/2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: