it’s about all word’s

Lebih dulu memotivasi

Posted on: February 23, 2008

Judul : Strategi Jitu Mengelola Emosi Smart Emotion Volume 2
Penulis : Anthony Dio Martin
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Umum, 2006
Tebal : 200 halaman

Otak dan emosi adalah jati diri manusia. Sesuatu yang membuat manusia berada satu tingkat di atas binatang jika individu tersebut mampu mengendalikan dan menyatukan kedua anugerah dari sang Khalik tersebut

Dalam tataran yang rendah perasaan marah, takut, sedih, senang, benci, cinta, antusias, bosan, dan sebagainya dianggap sebagai akibat dari atau sekadar respons Anda terhadap berbagai peristiwa yang terjadi pada Anda.

Namun dalam tataran yang lebih tinggi emosi bisa dikendalikan dengan kemampuan yang disebut kecerdasan emosi yaitu kemampuan seseorang untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadap frustrasi, mengendalikan respons perasaan terhadap kondisi sekitar.

Respons tersebut bisa berupa kegembiraan, kesedihan, kemarahan, dan lain-lain secara tidak berlebihan baik saat berbagai jenis perasaan tersebut datang. Kecerdasan emosi (EQ) itu bisa berarti mampu mengatur suasana hati dan mampu mengendalikan stres.

Buku Anthony Dio Martin yang bergaya know how ini menarik karena dibawakan dengan ringan, renyah namun bernas tentang bagaimana melatih pisau emosi individu pembacanya. Penulis mengambil beragam kisah yang unik namun aplikatif.

Satu hal yang menarik dari buku ini adalah karena dia adalah motivator yang menjadi konselor untuk beberapa perusahaan besar. Beberapa memanfaatkan jasanya karena ada sebuah bermasalah, beberapa lagi untuk meningkatkan kualitas SDM mereka yang pada akhirnya berimbas pada output produktivitas perusahaan.

Buku ke-2 ini memberikan hentakan saat membahas pentingnya sebuah pujian. Satu tindakan sederhana yang sulit diungkapkan atau diterima oleh budaya Indonesia yang begitu mementingkan sikap rendah hati.

Padahal memberi pujian adalah sebuah langkah pertama paling mudah dalam memotivasi orang. Sementara itu kemampuan menerima pujian adalah langkah awal memotivasi diri sendiri, sehingga mendorong pencapaian yang lebih tinggi.

Tahu tujuan

Namun buku ini juga menekankan pentingnya langkah sebelum memberikan motivasi bagi orang lain yakni perlu memiliki sendiri motivasi yang tinggi sekaligus mengetahui tujuan yang ingin kita capai dengan benar.

Tanpa kedua hal tersebut sulit bagi pemimpin untuk memotivasi orang lain melakukan hal yang sama. Secara tak langsung Anthony mengajak pembacanya untuk terus melatih emosi secara bertahap namun konsisten.

Nilai-nilai yang berusaha disampaikan oleh buku ini mudah diserap karena dibawakan dengan cara naratif sehingga pembaca dekat dengan hal-hal yang terjadi sehari-hari di sekitarnya.

Tentu saja butuh sebuah kecerdasan komunikasi untuk dapat mengejawantahkan isi buku ini di tingkat praksis.

Komunikasi yang jelas juga mencakup pemberian kesempatan pada anak buah untuk bertanya. Selain itu, pemimpin juga harus bersedia mendengarkan masalah, kebingungan yang dihadapi anak buah. Mengomunikasi dengan jelas apa yang ada dibenaknya merupakan keterampilan yang perlu diasah seorang pemimpin.

Agar kita bisa menguasai seni memotivasi orang lain, yang perlu kita lakukan terlebih dahulu adalah memotivasi diri sendiri. Setelah itu, barulah kita bisa memotivasi orang lain dengan mengidentifikasikan kebutuhan mereka, kemampuan mereka, menjalin keakraban dengan mereka, dan membina komunikasi yang jelas dan lancar.

Dengan semua inilah pemimpin bisa memotivasi orang lain, sehingga mereka tidak merasa terpaksa melainkan dengan senang hati melakukan pekerjaan yang dipercayakan.

Bisnis Indonesia Edisi: 11/03/2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: