it’s about all word’s

Mencatat sejarah kejayaan petualang China

Posted on: February 23, 2008

Judul: 1421 Saat China Menemukan Dunia
Penulis: Gavin Menzies
Penerbit: Pustaka Alvabet, 2006
Tebal: 505 hal

Melalui penelusuran yang mendalam sejarah penjelajahan bangsa China dalam menemukan ‘ujung dunia’ mendapatkan bukti. Pelayaran Hong Bao menemukan Benua Australia, Zhou Man berhasil menginjakkan kaki di Benua Amerika, dan Zhou Wen pergi ke Kutub Utara.

Nabi Muhammad SAW tentu mempunyai maksud yang mendalam saat bersabda “Belajarlah sampai ke negeri China”. Pasti ada keistimewaan yang mengagumkan dari ras kuning yang tinggal di tengah benua Asia itu.

Bisa jadi kiprah ilmu pengetahuan di negeri yang didirikan oleh Dinasti Zhou-yang jauh lebih tua dibandingkan kebudayaan Timur Tengah- memang sudah didengar, dilihat dan dipandang beliau akan menjadi satu kekuatan besar pada satu waktu nanti.

Tak heran Nabi Muhammad pun, dalam sejarah mulut ke mulut, sampai menugaskan muridnya untuk menyebarkan Islam ke negeri itu. Sejarah pun mencatat seorang ulama China sekaligus pelaut ulung penyebar agama Islam bernama Cheng Ho atau Zheng He.

Buku setebal 505 halaman ini begitu menarik, sama menariknya dengan manuskrip karya Ma Huan yang mencatat perjalanan Kasim San Bao ini dalam The Overall Survey of the Ocean’s Shores yang dipublikasikan pada 1451.

Pasalnya, Menzies sebagai mantan perwira Angkatan Laut Inggris melakukan pendalaman terhadap semua bukti-bukti tersirat maupun tersurat tentang kiprah armada China terbesar di dunia itu.

Demi keperluan penyusunan buku yang aslinya berjudul 1421: The Years China Discovered The World dia telah mengunjungi 120 negara, lebih dari 900 museum dan perpustakaan serta pelabuhan besar di akhir abad pertengahan.

Dia mengambil judul dengan tanggal yang bertepatan dengan 8 Maret 1421 sebagai tahun armada laut terbesar yang pernah ada berlayar dari China. Panjang iring-iringannya sekitar lima ratus kaki, di bawah komando Laksamana Kaisar Zhu Di.

Tugas mereka cukup singkat yakni ‘berlayar hingga ke ujung dunia’. Pelayaran itu berlangsung dua tahun. Dan saat armada laut itu kembali, China memulai pengasingan dirinya yang panjang dari dunia luar yang baru saja dia taklukkan.

Sayang armada yang sangat besar itu dibiarkan teronggok karena pergolakan di dalam negeri. Alhasil catatan perjalanan mereka dimusnahkan, sehingga musnah pula pengetahuan tentang bangsa China yang telah mengelilingi dunia seabad sebelum Magellan sampai di Amerika, tujuh puluh tahun sebelum Columbus, dan menginjakkan kaki di Australia 350 tahun sebelum Cook.

Menggegerkan dunia

Tentu saja buku ini sangat menggegerkan dunia sebab sampai saat ini sejarah pelayaran dan ilmu pengetahuan (geografi) mempercayai para penjelajah Eropa lah yang pertama mengelilingi dunia, menemukan benua-benua besar.

Sejarah geografi agaknya harus ditulis ulang. Dan, mantan pelaut Inggris, Gavin Menzies, melakukannya melalui buku ini, dengan bukti-bukti yang sangat meyakinkan, bahwa para penjelajah dunia yang pertama adalah para pelaut China.

Secara keseluruhan buku ini mengungkap bukti-bukti sejarah penjelajahan bangsa China dalam menemukan ujung dunia.

Pelayaran Hong Bao menemukan Benua Australia, Zhou Man yang berhasil mencapai Benua Amerika, armada Zhou Wen ke Kutub Utara, dan Yang Qing telah memecahkan teka-teki tentang ujung dunia.

Sebagai hasil penelitian selama lima puluh tahun, buku ini adalah catatan luar biasa tentang perjalanan hebat Gavin Menzies dan menjadi bukti persuasif untuk memperkuat temuan tersebut.

Menzies juga menyertakan bukti peta kuno, pengetahuan navigasi, astronomi, catatan penjelajah China yang masih ada dan navigator Eropa. Juga jejak yang ditinggalkan oleh armada tersebut termasuk bukti tentang armada China yang terdampar di South Island, Selandia Baru.

Buku ini bisa jadi masih menjadi topik perbincangan penting menjelang diluncurkannya buku tentang Cheng Ho karya Tan Ta Sen, seorang sejarawan Malaysia, pada penghujung 2006.

Sepertinya sosok Cheng Ho dalam waktu dekat tidak akan diriwayatkan lagi dengan tambahan kata ‘alkisah’, tetapi benar-benar jadi tokoh nyata dalam sejarah dunia.

Bisnis Indonesia Edisi: 08/10/2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Pages

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  
%d bloggers like this: